Tips Memilih Calon Pemimpin pada Pemilukada 9 Desember 2015

Bersatulah.com - Desember adalah bulan akhir tahun yang penuh dengan nuansa politik. Bagaimana tidak, Sekitar kurang lebih 262 Daerah mengedakan pemilihan kepala daerah secara serentak disuluh tanah air. Pemilu adalah ajang demokrasi dimana rakyat berkhak memilih secara langsung calon pemimpin daerahnya masing-masing. 

Dalam memilih pemimpin tentu kita harus berhati-hati. Pergantian kepemimpinan dilakukan dalam rangka evaluasi dan pemilihan pemimpin yang lebih baik. Dalam hal ini tentu kita sebagai rakyat harus jeli bagaimana cara memilih pemimpin yang tepat yang kelak akan membawa daerah kita menjadi lebih baik. 



Berikut kami bagi tips agar anda dapat memilih pemimpin yang tepat dan dapat mewujudkan aspirasi rakyat sehingga mejadikan daerah kita menjadi daerah yang maju.

1. Kenali Calon Pemimpin

Ketika anda memilih pemimpin tentu anda harus terlebih dahulu mengenal calon pemimpin tersebut. Kenali lebih dalam sosok calon pemimpin yang akan memimpin anda. Cari tahu latar belakang dari masing-masing calon pemimpin. Lihat track record dalam hidupnya serta karir politiknya. Dalam mencari informasi seputar calon lebih baik cari dari sumer yang terpercaya dan netral. Sehingga anda dapat mengetahui karakter Calon dengan tepat.

2. Pilih Yang Amanah

Dalam memilih pemimpin tentu hal yang tidak boleh disampingkan dalam kreteria calon pemimpin adalah sosok yang amanah. Amanah adalah sifat yang harus tercermin dalam calon yang akan kita pilih. Lihat dulu riwayat karir politik maupun kepemimpinan sang calon sebelumnya. Bagaimana ia memimpin dan amanah dalam menjalankan tugas tentu menjadi poin penting dalam memilih calon pemimpin.

3. Cerdas dan jujur

Kecerdasan pemimpin menjadi nilai penting saat ia ingin menjadi kepala daerah. Cerdas dalam menyelesaikan problema masyarakat tentu yang sangat diharpkan para pemilih. Maka kita sebagai pemilih tentu juga hendaknya paham latar belakang pendidikan serta pencapaian study yang telah calon pemimpin tempuh. Cerdas disini bukan serta merta cerdas membodohi rakyat. Cerdas yang dimaksud adalah cerdas dan jujur dalam mengemban dan menyelesaikan masalah dan harapan masyarakat.

4. Adil dan Bijaksana

Poin yang selnjutnya yang perlu anda pahami ketika anda akan memilih yakni pilihlah calon yang adil serta bijaksana. Cara yang mudah adalah dengan melihat peran ia di keluarga atau diorganisasi yang sebelumnya ia pimpin. Bagaimana ia dalam menyelesaikan masalah apakah bersikap adil atau tidak. Bagai mana denga kebijakan yang diambil apakah sesuai dengan kebutuhan orang bnyak atau hanya mementingkan individu, kelompok atau golongan tertentu. Teliti kembali sehingga anda benar-benar memilih pemimpin yang tepat.

5. Ibadahnya

Tips terakhir yang perlu anda perhatikan yakni soal ketaatan kepada agama yang dianut masing-masing calon. Setiap Agama mengajarkan kebaikan dan menjaganya agar tidak melakukan kemungkaran. Maka lihatlah ketaatan terhadap perintah Agama yang dipeluknya. Jika Ia taat dan takut terhadap sang Pencipta maka ia kemungkinan besar akan menjaga amanah dan kepercayaan pera rakyatnya dengan baik ketika kelak menjadi pemimpin. 

Itulah Tips dalam memilih pemimpin pada pemilukada serentak pada tanggal 9 Desember 2015. Ingat 5 menit anda di TPS maka akan menentukan nasib daerah anda 5 tahun yang akan datang. Jangan sia-siakan suara anda denga golput. Selamat memilih. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memilih Calon Pemimpin pada Pemilukada 9 Desember 2015"

Posting Komentar