JANGAN LAKUKAN HAL BERIKUT INI SAAT GATAL


bersatulah.com-Gatal pada kulit merupakan hal yang sangat mengesalkan bagi penderitanya. Karena dimanapun saat gatal itu datang rasanya sangat ingin menggaruk tempat-tempat yang gatal tersebut. Dikampus, jalan, sedang tidur, sedang ngobrol dengan teman bahkan saat mandipun sering kali gatal itu datang secara tiba-tiba. Lebih sulit lagi saat bertemu dengan pejabat, coba Anda bayangkan bagaimana bila ras gatal itu datang?

Lalu apa saja yang harus kita perhatikan saat kita menderita gatal pada kulit agar gatal itu cepat sembuh dan tidak bertambah. Berikut beberapa hal yang harus dihindari saat gatal melanda.

1. Garuk-garuk

Persepsi orang tentang menggaruk akan mengurangi rasa gatal merupakan hal yang kurang tept. Justru bila kita semakin menggaruk, gatal itupun akan bertambah, bisa-bisa akan menular di bagian kulit yang lainya.

Riset yang dikerjakan peneliti mengindikasikan aktivitas menggaruk memicu otak untuk melepaskan senyawa serotonin. Senyawa itu justru membuat sensasi gatal makin berlipat ganda. Siklus rasa gatal-menggaruk-tambah gatal itu menjadi lebih parah pada orang-orang mengalami kegatalan yang parah.

Selain itu saat mnggaruk kuku kita penuh dengan bakteri dan kuman penyebab gatal, bukanya membuat sembuh gatal justru memperparah. Kuman-kuman yang berada ditempat yang gatal juga akan menempel di kuku dan membawa kuman ke daerah lainya.

2. Makan makanan yang amis

Makanan yang amis tentu sudah banyak diketahui oleh masyarakt akan memperparah gatal pada kulit. Makan-makanan tersebut diantaranya telur,ikan laut,ikan asin dan jeroan. Beberapa makanan tersebut membuat penderita gatal semakin parah. Maka hindarilah makan-makanan yang amis.

3. Lembab

Bakteri dan kuman penyebab gatal sangat suka tempat yang lembab. Mereka akan cepat berkembang biyak. Maka dari itu jaga lingkungan Anda untuk mendapatkan udara yang segar agar tidak menjadi lembab. Jaga juga kebersihan lingkungan anda,karpet dibersihkan,kasur di jemur, biarkan udara masuk kedalam ruangan.

4. Malas mandi

Saat Anda menderita gatal, jangan coba-coba Anda malas mandi. Karena dengan mandi bisa membersihkan kuman-kuman yang ada ditubuh anda. Bila anda malas mandi juga membuat tubuh menjadi lembab dan kuman akan menyebar luas,berkembang sehingga menjadi lebih lama lagi sembuh dari gatal-gatal.

5. Makan kacang

kacang menyebabkan reaksi alergi seperti gangguan pada masalah perut, dan ruam pada kulit. bagi penderita gatal karena alergi akan bertambah parah lagi bila makan kacang, karena kacang dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit.

6. Malas ganti baju

Kita wajib menjaga kebersihan tubuh kita agar selalu terjaga sehat. Apalagi untuk penderita gatal-gatal, kebersihan tubuh harus dijaga. Termasuk dengan rutin ganti baju setiap mandi, bila sudah bersih badan kita karena mandi, tetapi baju tidak ganti, maka kuman yang menempel dibaju akan kembali ketubuh kita.

Selain itu kelembapan baju yang tidak pernah diganti akan lebih tinggi dibandingkan dengan baju yang baru. Oleh karena itu gantilah baju secara rutin.

Cak T

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JANGAN LAKUKAN HAL BERIKUT INI SAAT GATAL"

Posting Komentar