Ingin Disayang Calon Mertua? Lakukan Cara Berikut

Bersatulah.com-Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya memiliki pasangan hidup yang terbaik. Apalagi jika anaknya memiliki kelebihan yang jarang dimiliki oleh anak-anak lainnya.  Meski terkadang banyak pujangga cinta yang mengatakan bahwa ‘cinta itu buta’ tak memandang siapa dan apa. Saat Anda jatuh cinta kepada seseorang dan berniat untuk menikahinya dan , niat Anda dapat terhenti karena restu calon mertua. Biasanya, calon mertua sangat ditakuti, apalagi jika pertama kali bertemu. Makanya, kita harus bisa mengambil hati orangtua si calon pada saat pertama kali bertemu. Memang bukan hal mudah. Namun, jika kita memiliki hal-hal yang diinginkan dan dapat menarik perhatian calon mertua, semua akan berjalan lancar. Anda perlu ingat kesan pertama akan menentukan kelanjutan cerita dan niat Anda.
Berikut cara-cara yang dapat Anda terapkan agar calon mertua memiliki kesan yang baik terhadap Anda dan Anda akan disayang oleh calon mertua:

Ingin Disayang Calon Mertua? Lakukan Cara Berikut



Berpenampilan bersih, rapi, elegan dan sopan
Biasanya cara untuk menilai sesuatu yang baru pertama kali kita lihat adalah dengan cara melihat penampilan luarnya, termasuk calon mertua terhadap calon menantunya. Jika membeli buku, Anda akan melihat covernya. Calon mertua Anda akan meihat penampilan Anda dari cara Anda berpakaian. Berpenampilan yang bersih, rapi, dan elegan akan membuat sang calon mertua menjadi tertarik. Hindari pakaian yang akan membuat Anda terkesan tidak rapi. Misalnya mengenakan celana jeans yang sobek-sobek, pakaian ketat dan terbuka. Sisir rambut Anda dengan rapi.  Tampil apadanya dengan sederhana, bersih, rapi, dan agak sedikit konservatif. Jangan lupa gunakan parfum.

Sopan Dan Santun
Sopan dan santun adalah langkah utama untuk mengambil hati calon mertua. Tentu mertua tidak hanya akan melihat Anda melalui penampilan ljuar atau cover saja. Anda dapat memulainya dengan sapaan yang tepat kepada calon mertua seraya tersenyum. Berbicara dengan nada rendah bukan nada yang keras, meski calon mertua mengeluarkan kata-kata yang kurang enak didengar. Barangkali kata-kata itu hanya untuk mengorek-ngorek tentang Anda. Anda juga harus memperhatikan posisi duduk. Ambil posisi yang membuat Anda nyaman, tapi tetap tegap.

Jujur tentang identitas
Calon mertua biaasanya akan menanyakan tentang identitas Anda. Misalnya, asalan Anda darimana, siapa dan apa pekerjaan orangtua Anda, pekerjaan Anda, pendidikan Anda, dan kehidupan Anda. Jawaban Anda harus jujur tentang berbagai pertanyaan mengenai identitas Anda ini. Jika Anda tidak jujur, jawaban yang Anda lontarkan akan berakibat fatal setelahnya.

Rajin Ibadah
Calon mertua akan senang jika melihat sang calon menantu rajin beribadah. Apalagi jika calon mertua adalah orang yang sangat agamis. Tapi, jangan terkesan pamer atau dibuat-buat. Maka, Anda harus rajin beribadah mulai dari sekarang agar nanti Anda sudah terbiasa. Rajin beribadah bukan karena calon mertua tentunya, tapi karena Tuhan yang mampu membolak-balikkan hati calon mertua.

Membawa buah tangan
Membawa buah tangan merupakan salah satu etika dalam berkunjung. Hal ini akan membantu Anda untuk menarik perhatian calon mertua. Perhatikan hobi atau kesukaan calon mertua. Misalnya, calon mertua suka makanan khas daerah, bawakan calon mertua makanan yang disukainya tersebut. Intinya adalah bawakan sesuatu yang mereka suka dan menarik hati mereka.

Berbicaralah dengan mereka
Berbicaralah saaat bertemu dengan calon mertua. Bicarakan hal-hal yang ringan. Gunakan bahasa yang sesuai dengan calon mertua, jangan gunakan bahasa yang terlalu tinggi. Pembicaraan juga bisa mengenai pengalaman calon mertua, pengalaman Anda, kegidupan sehar-hari Anda, hobi atau pekerjaan calon mertua. Ini akan membuat suasana menjadi lebih mencair.

Aturan main keluarga
Anda harus mencari tahu kebiasaan keluarga calon pasangan hidup Anda.  Hal ini akan membuat kesan bahwa Anda ingin berbaur dan orang yang mudah bergaul. Misalnya, pukul berapa Anda dapat bertamu ke rumah calon mertua. Jangan sampai salah waktu, terlalu larut atau pagi. Pukul berapa Anda harus pulang saat bertamu. Semua hal itu harus Anda ketahui.

Tunjukkan cinta dan perhatian kepada anaknya
Orang tua akan selalu menganggap anaknya adalah anak kecil. Bisa jadi, orang tua juga tidak akan sepenuhnya anaknya kepada Anda. Karenanya, Anda harus memperlihatkan kepada calon mertua bahwa Anda sangat mencintai anaknya dan mampu memberi perhatian seperti apa yang diberikan orang tuanya.

Jalin komunikasi dengan baik
Luangkan waktu untuk menghubungi calon mertua. Sekadar menanyakan kabar atau kesibukan mereka. Usahakan lakukan hal ini secara rutin. Perhatikan juga kesehatan mereka. Tentu orang tua akan sangat senang jika diperhatikan.

Punya masa depan yang baik
Tidak akan ada orang tua yang mengizinkan anaknya menikah dengan orang yang tidak baik dan tidak memiliki masa depan yang baik. Biasanya calon mertua akan mengukurnya dengan kemapanan ekonomi, tapi tidak semua.ada pula calon mertua yang mengukurnya dengan tekada dan semangat Anda atau prestasi Anda selama ini. Maka, Anda harus terlihat memiliki tekad dan semangat yang kuat dan besar untuk menafkahi anak mereka. Anda juga harus menunjukkan prestasi Anda selama ini.
Jangan buat kesan Anda sombong dengan hal-hal yang Anda miliki.

Tawarkan bantuan
Tawarkan bantuan pada saat Anda melihat calon mertua sedang sibuk. Bawalah kesan bahwa Anda adalah orang yang ringan tangan kepada calon mertua. Misalnya membantu mengangkat piring kotor usai makan bersama, mencuci piring kotor, atau merapikan meja makan.

Pahami apa yang disukai dan tidak disukai calon mertua
Pahami hal-hal yang disukai dan tidak disukai oleh calon mertua. Anda akan tahu hasus bersikap apa dan bagaimana jika Anda paham tentang hal yang disukai dan tidak disukai calon mertua. Hindari hal-hal yang tidak disukai mereka. Jangan membawa aroma itu ke dalam percakapan atau kegiatan Anda bersama mereka. Jangan hanya menebak.

Ucapkan terima kasih
Saat berpamitan, ucapkan terimakasih. Tentu dengan diiringi kenapa harus berterimakasih. Misalnya terimakasih atas suguhan, obrolan yang menyenangkan, atau hal lainnya.


Anda sudah miliki modal untuk bertemu dengan calon mertua? Segeralah melamar orang yang Anda cintai. Jangan sampai terlambat. Ingat! Berikan kesan terbaik pada calon mertua. Jadilah calon menantu kesayangan calon mertua Anda. (Alin)

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Ingin Disayang Calon Mertua? Lakukan Cara Berikut"