Ini yang Harus Dilakukan Saat Digigit Ular Berbisa

Baru-baru ini dunia dangdut Indonesia dihebohkan dengan tewasnya seorang penyanyi dangdut, Irma Bule. Irma Bule adalah penyanyi dangdut yang selalu tampil bersama ular. Nahas, beberapa waktu lalu Irma Bule tewas setelah digigit ular berbisa yang ia ajak manggung.
Pawang ular dan crew yang melihat kejadian itu, kemudian segera menolong Irma Bule dengan melepas ular yang menggigit Irma Bule.

Ini yang Harus Dilakukan Saat Digigit Ular Berbisa



Dari pengalaman ini, kita tentu harus selalu berhati-hati jika berdekatan dengan ular, terutama ular berbisa, meski ular itu sudah jinak.
Nah, Bersatulah.com kali ini punya beberapa tips untuk memberikan pertolongan pertama pada korban gigitan ular berbisa.

Pertama, tenang dan tidak panik. Orang yang akan menolong dan korban gigitan ular harus tetap tenang dan tidak panik. Jika korban panik, akan mengakibatkan jantung si korban berdetak dengan cepat dan tranfusi darahpun akan mengalir dengan cepat.

Kedua, posisikan tangan di bawah jantung. Ini dilakukan jika yang digigit adalah bagian tangan. Supaya bisa ular tidak mengalir dengan cepat, posisikan tangan di bawah jantung.

Ketiga, Keluarkan racun bisa. Hindari menghisap luka gigitan meskipun itu untuk mengeluarkan racun. Lebih baik gunakan alat penghisap racun bisa ular.

Empat, jika ada kain, ikat dengan kain tak jauh dari luka gigitan untuk menghambat penyebaran racun. Tapi jangan terlalu kencang pada saat mengikat.

Lima, Minum susu. Susu berfungsi untuk menetralisir racun di dalam tubuh. Nah, biasanya sekitar tiga puluh menit kemudian korban akan muntah-muntah. Jangan khawatir. Ini adalah reaksi biasa yang ditimbulkan. Jangan beri korban minuman beralkohol atau yang mengandung cafein seperi kopi. Beri korban minuman dan makanan yang banyak mengandung protein.

Enam, Segera bawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini yang Harus Dilakukan Saat Digigit Ular Berbisa"

Posting Komentar