Manfaat Senam Teratur untuk Kesehatan Jantung

Bersatulah.com - Manfaat Senam Teratur Untuk Kesehatan Jantung. Tim riset Jantung Amerika mengidentifikasi bahwa gaya hidup tidak aktif adalah salah satu dari lima faktor risiko utama penyebab penyakit jantung. Sebaliknya, mengambil langkah untuk meningkatkan aktivitas fisik dikaitkan dengan:

Bersatulah.com - Manfaat Senam Teratur Untuk Kesehatan Jantung

Peningkatan Fungsi Jantung
Tidak seperti otot lainnya, jantung selalu bekerja. Namun, latihan membantu meningkatkan efisiensi jantung. Aktivitas fisik yang kerap memperlambat denyut jantung dan meningkatkan jumlah darah yang dipompa dengan setiap denyut. Ia juga membantu paru-paru Anda menyampaikan oksigen dengan lebih efisien untuk darah Anda. Dengan jantung yang dapat memompa lebih banyak darah, lebih banyak oksigen dikirim ke otot Anda dan seluruh tubuh Anda saat berolahraga. Semua perubahan ini memudahkan jantung Anda untuk menjalankan tugasnya.


Peningkatan Sirkulasi Darah
Peningkatan aktivitas fisik membuat permintaan untuk lebih banyak oksigen dan nutrisi dalam jaringan tubuh. Kebutuhan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan arteri dan juga mendorong pertumbuhan kapiler baru, dikenal sebagai kapiler kolateral, di dalam otot yang terlibat dengan latihan. Kapiler kolateral meningkatkan sirkulasi darah secara keseluruhan, yang membantu meningkatkan kekuatan, energi, penyembuhan dan fungsi lain yang pada dasarnya di semua sistem tubuh Anda. Sebagai contoh, jika Anda memiliki penyakit arteri perifer, kapiler kolateral dalam otot kaki Anda dapat mengurangi gejala justru Anda bisa berjalan lebih jauh tanpa rasa sakit. Otot kaki yang telah menjadi segar karena latihan meningkatkan sirkulasi darah kembali ke jantung dengan menjaga peningkatan pada urat.

Penurunan Tekanan Darah
Aktivitas fisik yang sering dikaitkan dengan kontrol jangka panjang tekanan darah yang lebih baik. Jika Anda kelebihan berat badan atau memiliki tekanan darah tinggi, efek latihan pada tekanan darah Anda dapat menjadi lebih dramatis.

Peningkatan Kesehatan Pembuluh Darah
Pengurangan tingkat lemak darah mengurangi pembentukan plak di dalam pembuluh darah (aterosklerosis) dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Tekanan darah yang menurun berarti tekanan kurang pada lapisan dalam pembuluh darah - lapisan tipis sel disebut endotelium - dan mengurangi keausan yang sebaliknya dapat mendorong pembentukan plak. Endotelium mengeluarkan bahan kimia yang menyebabkan pembuluh darah dapat beristirahat atau dikontrak. Olahraga diketahui dapat meningkatkan fungsi endotel.

Perbaikan Tingkat Lemak Darah (lipid)
Jika Anda khawatir tentang tingkat kolesterol Anda atau peningkatan trigliserida, maka latihan adalah jawabannya. Latihan menyebabkan pengurangan trigliserida, yang merupakan partikel lemak kecil di dalam darah. Ia juga dapat meningkatkan lipoprotein densitas tinggi (HDL), atau kolesterol "baik", dan dapat mengurangi jumlah lipoprotein density rendah (LDL), atau kolesterol "jahat".

Satu lagi faktor dalam kesehatan pembuluh darah adalah inflamasi, yang dapat diukur dengan tingkat sensitivitas protein C-reaktif tinggi (hs-CRP) dalam darah. Ada bukti yang meningkat bahwa peradangan memainkan peran yang penting dalam aterosklerosis dan hs-CRP adalah tanda peradangan. Aktivitas fisik dapat mengurangi hs-CRP.

Peningkatan konsumsi oksigen (konsumsi oksigen maksimum)
Aktivitas fisik yang teratur membantu sel Anda mendapatkan oksigen dengan lebih mudah dari darah Anda, mengurangi beban pada jantung dan meningkatkan kemampuan Anda untuk berolahraga. Memperbaiki regulasi gula darah dan insulin - iannya mengurangi risiko diabetes tipe 2, yang terkait erat dengan masalah yang berhubungan dengan penyakit jantung. Selain itu, latihan juga menawarkan potensi manfaat lainnya, seperti kecenderungan untuk mengurangi pembekuan darah, memperbaiki fungsi sistem imun dan mengurangi risiko depresi.

Berikut adalah Manfaat dari Senam Secara Teratur
Beberapa perubahan kecil pada gaya hidup seperti aktivitas fisik yang teratur dapat berdampak signifikan pada kesehatan. Sesungguhnya hanya dengan melakukan aktivitas fisik selama tujuh jam seminggu dapat mengurangi risiko mati awal sebesar 40 persen dibandingkan dengan seseorang yang tingkat aktivitas fisik mingguannya kurang dari 30 menit.

Jantung adalah segumpal daging yang  memiliki fungsi vital bagi manusia. maka sudah seharusnya sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh kita terutama jantung kita seingga kita akan tetap sehat dan prima dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. (ucay)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Senam Teratur untuk Kesehatan Jantung"

Posting Komentar