Konsumsi Makanan Pedas Tiap hari Bisa Perpanjang Usia

Bersatulah.com – Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, mengkonsumsi paling tidak lima kali makanan pedas seminggu dapat memperpanjang usia.
Studi tersebut dipublikasikan di jurnal medis BMJ yang mengungkapkan bila orang yang lebih banyak makan pedas memiliki kemungkinan untuk hidup lebih panjang 14%. Sementara orang yang menyantap kuliner pedas hanya satu atau dua kali seminggu mempunyai 10% kesempatan untuk hidup lebih lama dari yang tidak sama sekali.

Konsumsi Makanan Pedas Tiap hari Bisa Perpanjang Usia

Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan. Menurut para peneliti rempah-rempah memang memiliki banyak manfaat kesehatan. Terutama kapsaisin, zat penyebab rasa terbakar pada makanan. Kapsaisin diketahui dapat melawan inflamasi, tekanan darah tinggi, obesitas, bahkan kanker. Para ahli juga berspekulasi jika antibakterial yang terdapat di dalam kapsaisin dapat berpengaruh baik pada mikroba di perut.

Sebelumnya ada beberapa riset yang mengungkap hal serupa. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh China Kadoorie Biobank. Studi tersebut pun mencari kolerasi antara mengkonsumsi makanan pedas dengan penyebab kematian. Hasilnya semakin banyak seseorang makan pedas, semakin lama pula kemungkinannya untuk bertahan hidup.

Selain lebih lama hidup, makan pedas juga baik untuk mencegah beberapa penyakit. Berdasarkan penelitian, makan pedas enam sampai tujuh kali seminggu mengurangi kemungkinan untuk meninggal karena penyakit pernafasan sebanyak 29%, 22% dari masalah hati, 8% dari kanker, serta 14% dari penyakit lainnya.

Para peneliti pun menemukan jika sering makan cabai segar tanpa diolah mengurangi kemungkinan sakit kanker, hati, dan diabetes. Hal tersebut diperkirakan karena cabai segar mengandung lebih banyak kapsaisin dan nutrisi seperti potasium serta vitamin C, A, K, dan B6.

Meski terbukti memiliki banyak manfaat, para peneliti menekankan jika mereka tidak bisa menunjukkan hubungan sebab-akibat antara makan hidangan pedas dan panjang umur. Namun mereka berpendapat jika hasil penelitian ini dapat membantu para ilmuwan dalam menyusun makanan sehat, termasuk pembuatan suplemen herbal. Tai tetap saja makan makanan pedas secara berlebihan juga tidak dianjurkan terutama bagi orang yang memiliki penyakit magh.

Semoga artikrl di atas bermanfaat bagi anda dan jangan lupa share ya. (Inad)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konsumsi Makanan Pedas Tiap hari Bisa Perpanjang Usia"

Posting Komentar