Waduh, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tuban tak Hapal Pancasila

Beersatulah.com - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tuban, Hadi Nur Riza ternyata tidak hafal isi Pancasila.

Ketidakhafalan Hadi diketahui saat politisi Partai Demokrat ini dipaksa mahasiswa membacakan Pancasila di hadapan peserta unjuk rasa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di gedung DPRD, Rabu (30/9/2015) siang.

Waduh, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tuban tak Hapal Pancasila

Puluhan mahasiswa itu menggelar unjuk rasa sebagai keprihatinan terhadap dana Rp 27,5 miliar dari APBD untuk alokasi pemilihan kepala daerah (Pilkada), namun, Pilkada yang diselenggarakan oleh KPU Tuban dinilai tak bermutu.

Di samping itu, unjuk rasa juga ditujukan dalam rangka menyambut Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober.

Sesampai di gedung DPRD, mereka membentangkan spanduk dan poster berisi kecaman kepada para wakil rakyat dan pemangku kebijakan tapi tak mencerminkan jiwa demokratis, serta tak mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Setelah berorasi sekitar satu jam, seorang Wakil Ketua DPRD Tuban, Hadi Nur Riza menemui dan memberikan penjesalan kepada para pengunjuk rasa seorang diri.

Setelah itu, para pengunjukrasa minta Hadi membacakan isi Pancasila secara spontan, tanpa teks. Hadi pun menuruti desakan para pengunjukrasa.

Awalnya, Hadi lancar membacakan sila pertama hingga ketiga meski dengan lagak tubuh digoyang-goyangkan. Namun, pada saat membacakan sila keempat, ia terlihat lupa.

Sila keempat yang pada dasarnya penjabaran dari prinsip demokrasi itu berbunyi ‘Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan’.

Namun, Hadi yang memakai pengeras suara melafalkan begini, “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam kebijaksanaan dan kemanusiaan.”

Hal itu membuat para mahasiswa secara spontan meneriaki Hadi. “Wakil rakyat tidak hafal Pancasila,” ujar seorang peserta dari tengah kerumunan.

Hadi yang disoraki para mahasiswa terlihat tertawa lalu bergegas meralat hingga beberapa kali, bukannya menjadi baik, justru semakin salah.

“Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam pelaksanaan dan kesengsaraan dalam permusyawaratan perwakilan,” ucap Hadi mengulangi.

Hadi Nur Riza (pegang megafon) saat membacakan teks pancasila
Para mahasiswa makin mengolok-olok wakil rakyat tersebut, sebagian lainnya langsung mengecam Hadi.

Hadi yang terlihat mendapat beban mental itu tanpa pamit meninggalkan para pengunjuk rasa menuju ke dalam gedung DPRD.

Sementara itu, Koordinator unjuk rasa, Wawan Purwadi menilai, Hadi tak pantas mewakili rakyat. Pasalnya, dia tak hafal Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia. Anggota DPRD, katanya, menjalankan amanah sesuai nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Lantas bagaimana menjalankan amanah rakyat kalau tak hafal,” tukas Wawan.

Sebelum membubarkan diri, para pengunjukrasa secara serentak membacakan isi Pancasila sebagai bentuk sindiran kepada wakil rakyat sembari meninggalkan gedung DPRD. (Sumber: Tribunnews)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waduh, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tuban tak Hapal Pancasila"

Posting Komentar