6 Kebiasaan Unik Namun Menyehatkan

Bersatulah.com – 6 Kebiasaan unik namun menyehatkan. Setiap orang cendrung memiliki kebiasaan-kebiasaan yang menurut sebagian orang justru aneh dan tak masuk akal, namun justru kebiasaan itu malah membawa manfaat yang cukup baik bagi diri kita. Coba bayangkan sejenak kebiasaan-kebiasaan seperti apakah itu! unik namun menyehatkan. 

6 Kebiasaan Unik Namun Menyehatkan

Berikut beberapa kebiasaan unik yang membuat tubuh sehat dan patut anda coba.

1. Mondar-Mandir Saat Kerja
Mondar-mandir saat bekerja, memang mengganggu lingkungan. Apalagi bila anda mondar-mandir sambil menjawab telepon. Riset menyebut, gerakan apapun yang Anda buat akan memperkuat otot jantung. Riset lain dari Kanada mendukung riset tersebut dengan menyebut bahwa aktivitas fisik itu tidak perlu direncanakan untuk memperoleh hasil yang baik bagi kesehatan. Sebanyak 43 persen orang yang berusaha jalan-jalan di antara waktu kerjanya hingga total mencapai 30 menit, hasilnya lebih baik daripada 10 persen orang yang berolah raga  terjadwal. Namun anda patut berhati-hati jika anda melakukannya diwaktu bos sedang melihat.

2. Menghidupkan Musik Keras-Keras
Volume musik yang keras bisa memperbaiki suasana hati. Riset membuktikan bahwa suara musik yang mencapai 90 desibel, bisa membuat bagian dalam telinga yang disebut sakulus terstimulasi. Ketika  ada suara, sakulus ini terhubung dengan bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan hormon gembira. Para peneliti mengatakan bahwa hal itu merupakan mekanisme  yang bisa menjelaskan mengapa ketika kita nonton konser musik kita merasa sangat gembira. Riset lain yang paling baru menyebut, ketika Anda mengemudi, mendengarkan musik dengan volume di atas normal akan membuat anda lebih fokus pada jalan. Namun sekali lagi perlu diingat jangan lakukan ini bila ada salah satu rekan atau tetangga anda sedang sakit gigi, sangat berbahaya.

3. Buang Angin (Kentut)
Buang angin alias kentut dapat menghindarkan kita dari hipertensi dan rasa tidak nyaman di perut. Riset yang dipublikasikan oleh New Zealand Medical Journal menyebut bahwa kentut merupakan kebiasaan yang menyehatkan, terutama ketika kita dalam penerbangan. Karena tekanan dalam kabin pesawat meningkatkan sirkulasi gas di dalam sistem pencernaan, maka kentut adalah cara terbaik untuk mengeluarkan gas. Menahan angin di dalam organ pencernaan akan membuat lambung nyeri, dan tekanan darah meningkat. Tapi perlu diingat jangan lakukan ini di sembarang tempat, karena tentu akan sangat berbahaya dan mengganggu orang lain.

4. Melamun 
Anda suka melamun?... Melamun dapat merangsang otak untuk berpikir kreatif. Riset dari Inggris menyebut, ketika kita membiarkan otak kita mengembara kemudian kita kembali pada pekerjaan kita, kita akan lebih kreatif dalam menyelesaikan pekerjaan. Ada riset lain yang memperkuat riset tersebut, menyebut bahwa ketika kita mengalami deadlock tetapi memaksa otak kita untuk tetap fokus mencari solusi, hasilnya jauh lebih buruk dibanding bila kita membiarkan otak kita mengembara. Unik juga bukan.

5. Bergosip 
Anda kesal dengan staf atau rekan kerja yang gemar bergosip? Dalam kadar ringan, bergosip diperlukan untuk mereduksi kecemasan, juga untuk menjalin pertemanan. Ketika bergosip, kita merasakan keintiman dengan teman bergosip. Saat itu hormon progesterone alias hormon seks  meningkat, mengurangi rasa cemas dan stres sehingga menimbulkan rasa nyaman.

6. Melepaskan Kemarahan
Bagi anda yang mudah marah, melepas kemarahan penting untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan harapan hidup. Sebuah riset menyebut, menahan marah  dapat mengganggu kesehatan jantung dan emosi. Menahan marah dapat meningkatkan detak jantung, yang dalam jangka waktu lama akan memicu gangguan jantung dan kanker. Meski demikian kemarahan yang terlalu cepat terpicu pun dapat mengganggu kesehatan jantung. Anda disarankan untuk mengelola kemarahan, dan melampiaskannya secara tepat tanpa mengganggu lingkungan. 

Itulah beberapa hal unik yang patut anda coba untuk membantu menjaga diri agar tidak stres dan menjaga daya tahan  tubuh agar tetap selalu sehat. Semoga bermanfaat. One 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Kebiasaan Unik Namun Menyehatkan"

Posting Komentar