Cara Menghentikan Pendarahan Hidung atau Mimisan

Bersatulah.com - Biasanya bagi para ibu sering menemukan anaknya mengeluarkan pendarahan pada hidung nya atau yang kerap disebut dimasyarakat adalah mimisan. Biasaya ini terjadi akibat kerentangan lapisan pada hidung, kerena di dalam hidung sebagian besar adalah pembuluh darah kecil dan penting. Adapun alasan mengapa terjadi hidung berdarah misalnya infeksi pada saliran lendir, alergi, rentang terhadap cuaca dingin, atau bisa juga karena kekurangan vitamin, atau juga bisa terjadi karena kecelakaan. 

Bersatulah - Cara Menghentikan Pendarahan Hidung atau Mimisan

Adapun cara mengehentikan pendarahan pada hidung dengan menggunakan Es. Caranya gunakan es sebagai alat kompres, lakukan terus menerus hingga darah tidak mengalir lagi. Cara ini sangat efektif karena es bisa membantu mengurangi pendarahan pada hidung dan dapat membantu menyempitkan pembuluh darah. 

Air cuka juga bisa menghentikan pendarahan pada hidung. Cuka yang mengandung asam dapat menghentikan pendarahan berhenti cepat, apalagi cuka sari apel bisa menghentikan pendarahan di hidung dengan cara yang sama dan dapat membantu pembekuan pendarahan pada hidung. Caranya ambil kapas bola lalu basahi cuka putih setelah nya pasang pada lubang hidung yang berdarah dan tunggu selama 10 menit tunggu hasilnya. 

Tapi ini adalah cara pertolongan pertama yang harus anda lakukan jika mengalami pendarahan pada hidung. Jangan biarkan kepala miring ke belakang karena hal ini dapat memungkinkan darah untuk turun ke tenggorokan dan menyebabkan muntah. Sebaliknya, miringkan kepala ke depan. Tempatkan ibu jari Anda pada bagian lunak hidung dan tekan tanpa melepaskan setidaknya 10 menit untuk menghentikan pendarahan.

Itulah cara yang mudah pertolongan pertama dalam menyembuhkan mimisan. Hindari berbagai aktivitas yang menguras tenaga berlebih dan dibawah terik panas matahari karena itu biasanya akan memicu terjadinya mimisan. Tentu ketika anda atau anak anda terlalu sering mengalami mimisan sebaiknya anda memeriksakan kedokter apakah masalah utama sehingga mengakibat terjadinya mimisan. Kami berbagi informasi pertolongan pertama bukan untuk mengobati. Jadi datanglah kepada Dokter spesialis THT agar mendapat saran dan treatment yang tepat.

Demikian semoga bermanfaat dan membantu Anda. Salam sehat selalu. (djo) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghentikan Pendarahan Hidung atau Mimisan "

Posting Komentar