Awas! Ini 9 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Memilih Pasangan

Bersatulah.com-Sesorang yang akan menjadi pasangan hidup memang harus sesuai dengan diri Anda. Ideal untuk Anda atau tidak, Andalah yang mengerti kesemuanya. Karena hal itu akan memengaruhi kehidupan Anda bersama pasangan nantinya.

Awas! Ini 9 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Memilih Pasangan

Banyak orang yang terlalu banyak memilih. Memilih yang terbaik memang penting, tapi jangan memilih sosok yang sempurna versi Anda, karena Anda tidak akan menemukan yang benar-benar sempurna, atau Anda akan merugi.
Cukup sulit memang menemukan sosok yang diidam-idamkan. Karena sosok yang diidam-idamkanlah yang nantinya akan membuat Anda bahagia hidup dengannya. Berikut beberapa kesalahan yang tidak jarang orang lakukan saat memilih pasangan.

1.    Usia Terlalu MudaTidak ada salahnya menikah diusia muda. Hal itu sah-sah saja dan tidak melanggar aturan. Usia muda biasanya masih memiliki emosi yang labil, sedangkan pernikahan tidak akan selamanya berjalan mulus. Coba untuk mematangkan usia terlebih dahulu sambil memapankan pekerjaan dan menstabilkan ekonomi. Jangan terburu-buru. Karena pernikahan memerlukan mental dan persiapan yang cukup. Banyak remaja saat ini yang memutuskan untuk menikah muda dan tidak sanggup menghadapi tantangan pernikahan dan berakhir dengan perceraian.

2.    Belum Mengenal Keluarga Pasangan
Sebelum Anda menikah dengan calon Anda, alangkah baiknya Anda mengenal dengan baik keluarganya. Kehidupan Anda dengan pasangan akan juga sering berhubungan dengan keluarganya. Sering kita temukan mertua dan menantu ribut-ribut karena kesalahan kecil.

3.    Melihat Fisik Semata
Banyak orang yang jatuh cinta kepada seseorang karena fisiknya. Dia cantik, dia tampan, tinggi, dan lain sebagainya. Penampilan fisik seseorang tidak menjamin orang yang Anda pilih benar-benar sesuai dengan fisiknya. Belum tentu dia cerdas, baik, setia, pengertian, dan perhatian kepada Anda. Bisa jadi, yang penampilannya biasa-biasa saja memiliki kriteria yang Anda inginkan.

4.    Hamil di Luar Nikah
Tujuan seseorang menikah salah satunya adalah untuk memiliki keturunan. Tetapi, jika hamil di luar pernikahan dan terpaksa harus menikah atau menikahi, sedikit harapan dan kebahagiaan terenggut sudah. Jaga diri dari pergaulan bebas adalah salah satu caranya.

5.    Jabatan dan Status Sosial

Atas dasar apa Anda menikah dengannya? Apakah jabatan dan status sosialnya? Jabatan dan status sosal yang ia miliki saat ini belum bisa dipastikan dapat bertahan hingga akhir hayat. Apa yang akan Anda lakukan jika nantinya pasangan Anda jatuh bangkrut, turun pangkat? Anda akan meninggalkannya? Menikahlah dengan didasari cinta.

6.    Faktor Usia

Orang-orang yang menganggap dirinya sudah tua biasanya akan terburu-buru dalam memilih pasangan hidup. Orang-orang seperti ini biasanya tidak banyak perhitungan dan cendeung asal pilih.
Jangan pula memusingkan diri Anda dengan calon yang usianya lebih muda atau lebih tua. Biasanya wanita kurang percaya diri jika memiliki pasangan yang usianya lebih muda atau terlampau tua dari usianya.

7.    Minimnya Pergaulan
Anda perlu membandingkan karakter calon dengan orang lain. Itu artinya Anda perlu pergaulan yang luas. Paling tidak Anda tahu bebrapa karakter orang lewat teman atau orang terdekatnya.

8.    Terlalu Melihat Masa LaluSifat dan perilaku manusia dapat berubah kapan saja. Seseorang yang dulunya selalu mendapat nilai buruk saat menempuh pendidikan, belum tentu tidak bisa menjadi orang sukses. Terbukti beberapa pengusaha sukses terkadang tidak memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi.
Seseorang yang perkelakuan buruk, urakan, barangkali saat ini ia sudah menjadi orang yang baik, santun, dan lain sebagainya. Atau orang yang dulunya sangat rajin, baik, pandai, belum tentu ia dapat mempertahankan itu semua. Lebih baik mantan urakan dibandingkan mantan santun.

9.    Beda Keyakinan
Faktor ini biasanya menjadi penghambat seseorang untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan karena ada keyakinan yang melarang seseorang menikah yang memiliki keyakinan lain. Akan lebih baik jika Anda menikah dengan seseorang yang memiliki keyakinan yang sama dengan Anda



Bagaimana dengan Anda? Perhitungkan dengan baik-baik saat Anda memilih seseorang untuk mendampingi Anda. Kebahagiaan dan kenyamanan jangka panjanglah yang Anda harus cari bukan hanya sesaat. (Alin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Awas! Ini 9 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Memilih Pasangan"

Posting Komentar