Pesona Indah Wisata Gunung Semeru

Bersatulah.com - Gunung Semeru termasuk kedalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang luasnya mencapai 50.273 hektar. Taman nasional ini menjadi lokasi berdirinya gunung-gunung seperti Gunung Batok, Gunung Bromo,  dan Gunung Widodaren. Di antara semua gunung ini, Gunung yang paling menjulang tinggi adalah Gunung Semeru yaitu dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut.

Gunung Semeru termasuk salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia. Menurut catatan, gunung ini mengeluarkan kepulan asap atau yang disebut dalam bahasa Jawa "Wedhus Gembel" setiap 20 menit sekali. Gunung ini juga mengeluarkan material lain seperti pasir dan batu kerikil.


Gunung yang puncaknya bernama Mahameru ini sangat terkenal baik di dalam maupun diluar negeri. Setiap hari selalu ada pendaki yang berusaha menaklukan ketinggian gunung yang menjadi icon dalam film 5 cm ini. Terutama menjelang 17 Agustus, banyak para pendaki yang berusaha mengibarkan bendera RI di puncak tertinggi pulau Jawa.

Orang yang pertama kali berhasil menginjakkan kakinya di puncak Mahameru ini adalah seorang berkebangsaan Belanda bernama Clignet pada tahun 1838, yang kemudian di susul pada tahun 1911 oleh Van Gogh dan tahun 1945 oleh Junhuhn. Setelah ketiga orang ini, para pendaki dari dalam maupun luar negeri terus berdatangan untuk melakukan pendakian.

Gunung Semeru ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini memiliki kekayaan alam akan vegetasi serta menjadi habitat bagi berbagai jenis fauna dan flora. Sepanjang perjalanan pendakian, pada titik-titik tertentu anda akan dikejutkan dengan keindahan bunga-bunga seperti edelweiss dan anggrek endemik Semeru.

Gunung ini di anggap sebagai Bapak Gunung dan tempat bersemayamnya Dewa Shiwa oleh masyarakat Hindu Bali. Oleh karenanya, masyarakat sekitar sering mengadakan upacara khusus sebagai penghormatan kepada Dewa Shiwa serta sebagai permohonan keselamatan dan keberkahan.

Tips Pendakian

Perjalanan pendakian menuju puncak Mahameru bukanlah hal yang mudah semudah membalikkan telapak tangan. Anda memerlukan fisik yang kuat untuk sampai ke puncak. Jadi, pastikan anda memiliki fisik yang kuat dan bawalah perlengkapan mendaki yang benar-benar dibutuhkan. Tinggalkanlah barang-barang yang tidak terlalu penting sehingga tidak membebani perjalanan anda.

Rute pendakian

1. Ranupane – Ranu Kumbolo

Bersatulah - Posona Indah Wisata Gunung Semeru (Ranu Kumbolo)

Perjalanan dimulai dari Ranupane menuju Ranu Kumbolo melewati Watu Rejeng. Anda bisa menyewa pemandu perjalanan atau berjalan sendiri mengikuti jalan setapak menuju Ranu Kumbolo. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 3 jam.

2. Ranu Kumbolo – Kalimati

Perjalanan dari Ranu Kumbolo menuju Kalimati merupakan perjalanan yang sangat menakjubkan, mulut akan selalu bergeming sembari mengucapkan pujian kepada Tuhan Pencipta Alam Semesta. Perjalanan yang memakan waktu sekitar 3 jam ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indahnya hamparan luas padang rumput dan bunga-bunga. Ketika hendak meninggalkan Ranu Kumbolo, janganlah lupa untuk mengisi botol minum karena setelah dari Ranu Kumbolo ini Anda tidak menemukan sumber air lagi.

3. Sampai di Kalimati
Di Kalimati, Anda dapat mendirikan tenda untuk bermalam. Pemandangan Kalimati pada malam hari tak kalah menariknya. Anda bisa merebahkan tubuh sembari menikmati gugusan bintang yang luar biasa indahnya.

4. Kalimati – Mahameru

Bersatulah - Ranu Kumbolo – Kalimati

Inilah rute akhir dari perjalanan menuju puncak Mahameru. Dari Kalimati, anda harus berangkatlah sekitar jam 2 pagi agar dapat menyaksikan pemandangan matahari terbit (sun rise) yang luar biasa indahnya.

Temperatur udara di Mahameru mencapai kisaran antara 10 - 4 derajat Celcius, bahkan pada musim kemarau suhu ini dapat mencapai minus dan tak jarang bisa kita ditemui kristal es. Kabut akan selalu datang baik pada siang, sore maupun malam hari. Selain itu, pada bulan antara Januari - Desember seringkali terjadi badai angin.

Manusia akan merasa kecil dan kerdil ketika mereka melihat sesuatu yang lebih besar darinya dan lebih indah darinya. Ia akan bertanya-tanya siapakah pencipa dari semua keindahan ini. Kecerdasan spiritualnya akan menjawab dan mengarahkan kepada Tuhannya. Menyatu dengan alam dan menyaksikan langsung keindahan alam yang diciptakan Tuhan, akan menambah keimanan serta ke Tauhidan kepada-Nya. Serta menambah rasa takut kepada Tuhan karena dimata Tuhan manusia tidak ada apa-apanya.  (djo)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pesona Indah Wisata Gunung Semeru "

Posting Komentar