Cara Mudah Merawat Rambut Secara Alami

Bersatulah.com - Rambut adalah mahkota bagi para wanita. Rambut rontok adalah musuh terbesar bagi para wanita, sehingga mereka rela melakukan apa saja demi memiliki rambut yang sehat serta jauh dari kering, patah-patah, bercabang dan rontok. Mereka rela melakukan apapun demi mendapatkan rambut seperti yang didambakan, baik dengan perawatan di salon maupun alami dengan dilakukan sendiri.

Cara  Mudah Merawat  Rambut  Secara  Alami

Merawat rambut tidaklah sulit jika kita tahu cara merawatnya dengan tepat. Berikut ini beberapa tips merawat rambut:

a. Minyak Alami
Minyak alami seperti minyak kelapa, minyak bunga matahari, dan minyak almond dapat meningkatkan kelembutan rambut, serta merawat rambut kering dan bercabang. Caranya yaitu dengan mengoleskan minyak setelah keramas kemudian bungkuslah rambut dengan handuk hangat dan diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

b. Minyak Zaitun
Minyak zaitun bermanfaat untuk melembutkan dan menjaga kesehatan rambut. Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun hangat ke seluruh permukaan rambut dan diamkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan shampo. Lakukan cara tersebut dua kali seminggu.

c. Cuka Apel
Cuka apel mempunyai manfaat mengurangi rambut rusak serta menjadikan rambut lebih halus dan lembut. Caranya dengan mencampur 1 sdm minyak gandum dan setengah cangkir sari cuka apel. Tambahkan air kemudian oleskan campuran ke seluruh rambut setelah dikeramas atau pada saat rambut dalam keadaan basah. Diamkan 10 menit dan bilas sampai bersih tanpa menggunakan shampoo.

d. Mayones
Mayones dapat digunakan untuk melembutkan rambut serta dapat juga meningkatkan minyak alami rambut. Caranya dengan mongoleskan 1 sdm mayones pada rambut dalam keadaan kering. Lalu bungkus rambut menggunakan handuk panas dan biarkan selama 20 - 25 menit hingga mayones meresap kedalam rambut. Kemudian bilas rambut menggunakan shampo bayi atau shampo herbal.

e. Alpukat
Alpukat mempunyai manfaat memberikan kelembaban dan melembutkan rambut. Alpokat dapat dijadikan masker rambut dengan cara di blender dan campurkan dengan 2 butir putih telur. Aduk rata dan lumurkan ke rambut sembari melakukan pijatan perlahan. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air dingin.

Selain cara alami diatas, ada juga cara lain merawat rambut, sebagai berikut :

1. Membersihkan Rambut
Bersihkan rambut secara rutin setiap setiap dua hari sekali dengan shampo yang mengandung vitamin E, dan pastikan rambut bersih dari sisa shampo saat membilas dengan air dingin.

2. Gunakan Kondisioner
Gunakan kondisioner setelah keramas setiap seminggu sekali. Pada saat menggunakan kondisioner, usahakan tidak mengenai kulit kepala serta bilas dengan bersih tanpa sisa karena sisa-sisa kondisioner menyebabkan rambut lepek dan berminyak.

3. Hindari Hair Dryer
Hindari penggunaan hair dryer atau alat pengering untuk rambut karena alat tersebut bisa menyebabkan rambut rusak. Lebih baik keringkan rambut dengan cara alami, dikipas-kipas atau dengan handuk yang mudah meresap air.

4. Memotong Rambut
Potonglah rambut secara rutin karena memotong rambut pada bagian ujung rambut merupakan cara mengatasi rambut bercabang dan pecah-pecah.

5. Vitamin B
Rajinlah mengkonsumsi vitamin B kompleks setiap hari, kandungan biotin didalam vitamin B kompleks akan bermanfaat untuk menguatkan rambut. Atau bisa juga dengan mengkonsumsi telur, kacang-kacangan dan pisang.

Itulah beberapa tips merawat rambut secara alami. Semoga bermanfaat dan dapat membantu mengatasi permasalahan mengenai rambut anda dengan melakukan perawatan yang tepat. Dan semoga anda bisa mendapatkan rambut seperti yang anda idam-idamkan. Salam sehat selalu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Merawat Rambut Secara Alami"

Posting Komentar