Hidup Senang tanpa Boros Uang

Bersatulah.com-Boros sudah menjadi gaya hidup yang tidak asing lagi di tengah masyarakat kita.Gaya hidup yang satu ini membuat sebagian orang kualahan untuk menurutinya. Boros erat kaitannya dengan pengeluaran. Boros tidak hanya menjangkit masyarakat perkotaan, bahkan masyarakat di pedesaanpun bisa terjangkit.

Hidup Senang tanpa Boros Uang



Akan sangat sulit mengikuti gaya hidup yang satu ini jika penghasilan minim atau bahkan lebih rendah dibandingkan pengeluaran. Memang sah-sah saja bila seseorang ingin mendapatkan sesuatu yang lebih atau sesekali merasakan sesuatu yang belum pernah ia rasakan, misalnya berlibur ke luar negeri, mengoleksi barang-barang antik, mengoleksi aksesoris dan pakaian. Tapi, tentu harus diperhitungkan pemasukan dan kebutuhan. Terkadang, orang yang memiliki sifat seperti ini saat ia mendapat pemasukan akan sangat mudah mengeluarkan anggaran pada saat itu juga tanpa melihat kebutuhan yang akan datang. Pada saat ada kebutuhan yang mendesak yang harus segera dipenuhi, tidak ada lagi pendapatan yang bisa digunakan.

Gaya hidup seperti ini harus secepatnya disadari dan diubah. Jika tidak, akan sangat memengaruhi keuangan. Ya, memang akan sangat sulit dijalani. Apalagi gaya hidup dengan menghambur-hamburkan uang ini sudah sangat lama tertanam pada diri seseorang. Jangan sampai berhutang dan hutang itu semakin banyak.
Hal-hal berikut dapat membantu Anda untuk mengurangi atau menghindarinya.


Memilah antara Keinginan dan Kebutuhan
Memilah anatara keinginan dan kebutuhan adalah salah satu cara agar hidup Anda jauh dari kata boros. Banyak keinginan dalam hidup. Tentu jika keinginan memberatkan finansial Anda, Anda harus segera menghilangkan keinginan itu. Hal ini akan membantu Anda dalam merancang keuangan Anda.
Biasanya keinginan merupakan hal-hal instan yang ingin kita nikmati saat itu saja. Misalnya, ingin merasakan makanan yang tidak pernah kita makan karena harganya mahal. Saat itu, kita memiliki uang yang cukup untuk membelinya padahal biasanya dan ke depannya kita tidak memiliki uang sebanyak itu, kita tetap membelinya. Berbeda dengan makanan yang sehari-hari kita konsumsi dan memang makanan itulah yang cocok untuk kita.
Contoh lain saat kita ingin merasakan dinginnya AC kamar hotel. Kita menginap dengan harga yang dapat memenuhi kebutuhan rumah, misalnya membayar tagihan listrik atau membayar cicilan rumah. Memang, orang cenderung tidak sadar mana keinginan dan kebutuhan. Pilahlah mana yang harus Anda penuhi.

Bergaya Sesuai dengan Pendapatan
Gengsi menjadi satu tantangan berat yang menghalangi Anda untuk hidup tidak boros. Ya, banyak orang malu, minder jika pakaian, kendaraan, penampilan mereka tidak sekelas teman-teman atau orang-orang terdekat mereka. Sehingga berbagai hal akan dilakukan, termasuk berhutang. Anda masih dapat bergaya elegan tanpa barang-barang mewah. Sesuaikan penampilan Anda dengan pendapatan, jangan sampai memaksakan kehendak.
Budaya nongkrong atau sekadar ngobrol biasa di kafe menjadi hal yang akan membuat Anda semakin boros. Anda bisa melakukannya di rumah. Minum kopi hitam yang tentu jauh lebih murah dibanding dengan di kafe.

Ubah pola hidup konsumtif dan hobi mahal
Anda perlu menyiasati pola hidup Anda. Memasak di rumah jauh akan menekan pengeluaran dibanding Anda makan di luar, apalagi makan di restoran mahal. Potong budget yang biasa Anda gunakan untuk hobi-hobi Anda yang terlampau mahal dan menabungnya.  Jika Anda hobi berolahraga, Anda bisa melakukannya tanpa harus membeli alat-alat olahraga yang mahal.

Kurangi Kebiasaan Ngemil

Ngemil pada saat kerja, belajar, atau menonton tv menjadi sebuah kebiasaan yang akan membuat Anda merogoh kocek Anda lebih dalam. Banyak alasan demi membenarkan kebiasaan yang satu ini. Salah satunya adalah agar tidak jenuh. Jika Anda bekerja Anda bisa menggantinya dengan membawa bekal dari rumah.

Tentukan Tujuan
Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menentukan tujuan hidup yang Anda jalani sat ini. Ingin menjadi orang kaya, melamar seseorang, atau memberi pendidikan setinggi-tinggi untuk anak. Tentukan tujuan hidup jangka panjang Anda mulai sekarang. Hal ini akan menekan keinginan Anda untuk menghambur-hamburkan uang. Jika Anda belum memiliki tempat tinggal, anak yang sebentar lagi masuk sekolah, atau akan menikah, persiapkan dengan baik keuangan Anda. Jangan sampai kecolongan.
Pikirkan sekarang. Karena hidup bukan hanya saat ini saja. Ada masa depan yang harus Anda rencanakan dengan baik. Fokus pada tujuan.

Semoga beberapa hal di atas mampu mengatasi permasalahan gaya hidup Anda. Jangan tergiur dengan hidup penuh gengsi dan mengubah hidup serba kemewahan (Alin).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hidup Senang tanpa Boros Uang"

Posting Komentar