Situs Mahal Taman Purbakala yang Masih Jarang Terjamah


Bersatulah.com- Disuatu desa tepatnya desa pugung raharjo, kecamatan Sekampung Udik kabupaten Lampung Timur. Sekitar 50 km dari pusat kota Bandar Lampung. Disana terdapat situs mahal yang masih belum begitu terkenal di telinga penduduk Indonesia bahkan di Lampung sendiripun belum banyak masyarakat yang mengetahuinya.


Situs itu adalah Situs Megalitik Taman Purbakala Pugung
Raharjo. Yang merupakan situs peninggala nenek moyang terdahulu. Dengan awal penelitian ditahun 1968 yang hasilnya para ahli sejarah sepakat menyimpulkan peninggalan yang ditemukn merupakan benda purbakala yang bernilaikan budaya,sejarah,seni dan ilmiah. Karena bernilainya benda yang ditemukan, Taman Purbakala Pugung Raharjo layak dikunjungi untuk liburan,penelitia bahkan belajar sejarah.

Beberapa peninggalan yang ada dalam Situs Taman Purbakala Pugung Raharjo adalah:

1. Benteng

Benteng itu merupakan gundukan tanah dalam bentuk melingkar yang panjang benteng sebelah timur 1,2 km dan barat mencapai 300 m. Fungsinya adalah untuk berlindung dari binatang buas serta musuh. Benteng ini diduga dahulu berisi air yang berasal dari mata air yang konon katanya bila mandi air tersebut seseorang bisa awet muda.

2. Batu Mayat

Disebut batu mayat karena bentuk batunya meyerupai bungkusan mayat. Batu mayat merupakan sebutan dari masyarakat setempat saja, yang kemungkinan batu ini adalah sebuah menhir.

3. Lumpang Batu

Lumpang batu adalah sebuah batu yang memiliki satu lubang. Di Taman Purbakala Pugung Raharjo ditemukan dua buah tipe, yaitu :

a. Sebongkah batu yang tidak berbentuk tapi bagian atasnya datar diberi lobang. Tipe batu ini dapat dijumpai dipinggir kali sebelah timur kolam.

b. Sebuah batu yag telah dibentuk, dengan bentuk persegi empat panjang serta berkaki, sedangkan di bagian atasnya diberi lubang dan pada saat ditemukan bentuknya tidak utuh lagi.

4. Batu bergores

Fungsi batu bergores ini masih misteri hingga kini. Tetapi diduga batu ini digunakan untuk mengasah mata tombak atau kapak batu.

5. Meja Batu
Meja Batu ini ada juga yang menyebutnya Dolmen. Dia meja batu yang ditopang oleh beberapa batu sebagai kakinya. Sampai saat ini ditemuka empat Dolmen di Taman Wisata Purbakala Pugung Raharjo.

6. Pemandian Megalitik

Adalah suatu kolam yang mengandung benda-benda megalithik dan sudah dapat dipastikan bahwa kolam pemandian itu telah digunakan sejak masa prasejarah. Kolam dimaksud terletak di bagian timur situs, tepatnya di sebelah barat punden yang paling timur atau sering disebut "Punden Arca". Air dalam kolam ini sangat segar sekali bila untuk cuci muka dan juga mandi. Selain itu terdapat ikan-ikan kecil yang bila tangan atau kaki kita dicelupkan kekolam akan di keroyok oleh ikan itu dan kulit-kulit matipun akan dimakanya.

7. Punden Berundak

Ini merupakan salah satu dari hasil budaya Indonesia pada zaman megalitikum. Punden Berundak yang ada di Taman Purbakala berbentuk seperti piramida, ia bertingkat-tingkat. Dahulu dgunakan untuk pemujaan roh nenek moyang. Bahkan sampai sekarang masih sering dijumpai sesaji di lingkungan punden.

Demikian tadi penjelasan tentang salah satu situs wisata dan sejarah Indonesia yang masih kurang familiar ditelinga masyarkat yang sebenarnya banyak layak untuk dijadikan
tempat rekreasi sekaligus belajar sejarah.

Cak T

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Situs Mahal Taman Purbakala yang Masih Jarang Terjamah"

Posting Komentar