Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Pencegahan Kista

Bersatulah.com - Kista adalah tumor jinak yang terbungkus oleh sebuah selaput seperti jaringan paling sering di temui di organ reproduksi wanita. Kista biasanya berbentuk kistik dan berasa seperti cairan kental, tapi da juga yang berbentuk seperti anggur. Di dalamnya, ada yang berisi udara, nanah, cairan, atau bahan lainnya. Tumor tersebut letaknya terpisah dari jaringan normal yang ada di sekitarnya sehingga tidak dapat menyebar kemana-mana. Tumor jinak ini relatif lebih mudah dimusnahkan dengan cara bedah dan juga tidak membahayakan penderita. Kista dibagi menjadi dua yaitu kista neoplastik dan non-neoplastik. Kista neoplastik pada umumnya harus di operasi, tetapi  tergantung sifat dan ukurannya. sedangkan kista non-neoplastik bersifat jinak dan anak mengempis sendiri setelah 2 - 3 bulan.


Kista dapat mempengaruhi siklus haid pada wanita karena sistem hormonal terganggu oleh kista. Karena hormon akan meregulasi pertumbuhan sel telur. Follicles adalah kantung-kantung didalam ovarium dan  berisi sel telur. Pada penderita kista, follicles didalam ovarium jumlahnya hanya sedikit dan Sel telur di dalam follicles tidak matang, sehingga sel telur tidak bisa masuk ke dalam ovarium. hal ini akan menimbulkan terbentuknya Kristal di dalam ovarium.Hal inilah yang dapat menyebabkan seorang perempuan menjadi mandul.

Wanita yang di diagnosa menderita biasanya berumur 20 - 30 tahun. Dan biasanya ada salah satu dari anggota keluarganya yang mengalami gejala serupa. Selain tumbuh pada ovarium, kista juga bisa tumbuh di sekitar vagina dan didaerah vulva yaitu bagian luar dari alat kelamin perempuan. Kista yang tumbuh didaerah vagina seperti inklusi, duktus gartner, endometriosis, dan adenosis. Sedangkan kista yang tumbuh didaerah vulva seperti pada kelenjar bartholini, kelenjar sebasea, dan inklusi epidermal.

Beberapa penyebab timbulnya Kista Pada Perempuan adalah :

1. Konsumsi makanan yang tinggi lemak dan kurang serat
2. Zat tambahan pada makanan.
3. Akibat dari Kurang olahraga
4. Sering Merokok dan konsumsi alkohol
5. Akibat dari Terpapar dengan polusi dan agen infeksius
6. Sering merasakan stress
7. Adanya Faktor genetic

Gejala-gejalanya meliputi :
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur. Beberapa penderita kista, ada yang mengalami terlambat menstruasi ada juga yang terjadi perdarahan di tengah menstruasi dan darah keluar banyak.
  • Keluarnya darah menstruasi yang tidak seperti biasa. Kadang banyak Kadang terlalu sedikit.
  • Pada umumnya sering ditemukan penderita kista yang mengalami pembengkakan atau pembesaran pada bagian perut.
  • Rasa Nyeri yang amat sakit di bagian perut.
  • Mengalami Rasa sakit atau ngilu seperti digigit semut dibagian bawah perut kiri dan parut kanan secara bergantian.
  • Nyeri perut di bagian bawah.
Cara mencegah Penyakit Kista Pada Perempuan, antara lain adalah :

1. Kurangi makanan yang berlemak tinggi

Lemak dalam jumlah besar dapat menyebabkan adanya gangguan hormon dan meningkatkan hormon cotisol. Hormon cortisol ini adalah hormon yang mengakibatkan adanya penyebab stres.

2. Menjaga pola hidup yang sehat

Yaitu dengan berolahraga secara teratur dan hindari rokok.

3. Mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Makanan yang mengandung antioksidan akan melawan radikal bebas baik yang dihasilkan oleh polusi debu maupun bahan kimia lainnya.

4. Menggunakan pil kb

Alat kontrasepsi berbentuk oral atau pil kb dapat meminalisir resiko seseorang akan terkena kista, karena alat ini mampu mencegah produksi sel telur.

Itulah beberapa informasi tentang Kista. Sebelum terlambat, ubahlah gaya hidup kita agar tubuh kita tidak menjadi sarang penyakit. (joe)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Pencegahan Kista"

Posting Komentar