10 Cara meditasi yang benar

Bersatulah.com - Meditasi merupakan salah satu cara merileksasikan tubuh. Banyak orang beranggapan baha meditasi adalah aktifitas mengkosongkan fikiran, tetapi meditasi adalah aktifitas dimana tubuh menjadi rilex,fokus dan tenang. Meditasi dahulu dianggap sebagai aktifitas dari keagamaan atau ritual dari suku tertentu. Dahulu meditasi sering dikenal dengan sebutan semedi.Tetapi saat ini meditasi banyak digunakan oleh masyarakat untuk merilekan tubuh dan kesehatan. Meditasi dengan cara yang benar membuat Anda menjadi lebih sehat dan kaya akan manfaat lainya.
Berikut langkah meditasi yang benar untuk Anda:
 10 Cara  meditasi yang benar
1. Tentukan waktu
Memilih waktu yang tepat dalam meditasi merupakan awal yang sangat penting. Karena akan mempengaruh kualitas meditasi Anda. Waktu yang tepat meditasi adalah saat bangun tidur pagi, karena saat itu fikiran kita habis beristirahat semalaman. Atau bila Anda orang yang sibuk dipagi hari meditasi juga baik dilakukan dimalam hari sebelum tidur. Kedua waktu itu merupakan dimana keadaan lingkungan sedang sunyi dan akan membantu Anda berkonsentrasi dalam melakukan meditasi

2. Tentukan tempat
Setelah ANda memilih waktu yang tepat yang selanjutnya adalah memilih tempat yang juga harus tepat. Tempat yang tepat adalah tempat yang menurut Anda nyaman. Yaitu jauh dari keramaian,tenang dantidak ada yang mengganggu. Bisa saja di ranjang tidur Anda, atau ditaman rumah Anda. Memilih tempat yang tepat juga menjadi penting karena dengan memilih tempat yang tepat akan mempengaruhi kualitas meditasi Anda. Tetapi pemilihan tempat dan waktu khusus bagi Anda yang pemula. Bagi Anda yang telah mahir bisa melakukan meditasi dimana saja.

3. Pemanasan dan peregangan
Pemanasan da peregangan berguna untuk mengendurkan otot dan syaraf sehingga membuat Anda lebih nyaman. Bila Anda merasa nyaman maka akan membantu Anda untuk berkonsentrasi.Sehingga bisa mempengaruhi kualitas meditasi Anda.

4. Posisi duduk
Berikutnya adalah tentukan posisi duduk Anda. Posisi duduk Anda boleh bersila atau duduk dikursi. Yang jelas adalah punggung harus lurus dan kepala tegak. Ini bertujuan agar fikiran Anda bisa terus fokus. Posisi tangan taruh di paha Anda.

5. Siapkan lilin
Lilin berguna untuk melatih Anda terfokus dalam satu titik. Caranya adalah coba anda lihat apinya. Kemanapun api bergerak(kekanan,kiri,depan,blakang) coba mata anda ikuti terus. Tetapi setelah Anda sudah terlatih untuk fokus, boleh saja tidak menggunakan lilin.

6. Atur pernafasan
Cobalah dengan pernafasan yang panjang, tarik nafas menggunakan hidung, lalu hembuskan perlahan melalui mulut Anda. Sampai Anda benar-benar rileks dan terfokus. Dan biarkan mengalir seterusnya tanpa beban.

7. Konsentrasi
Bagi Anda pemula konsentrasi menggunkan lilin, seperti yang dijelaskan diatas. Tahap selanjutnya adalah konsentrasi dengan keluar masuknya udara dalam hidung Anda. Tetapi cobalah untuk tidak memikirkan hal-hal yang  lainya, cobalah sejenak lupakan hal-hal yang lain sampai meditasi selesai. Biasanya bagi Anda yang masih awal, hal itu biasa, tapi cobalah untuk terus latihan. Sampai nanti Anda bisa fokus dengan satu masalah, seperti kesehatan Anda dan lain-lain.

8. Tarik nafas panjang
Untuk mengakhiri meditasi Anda, cobalah tarik nafas yang panjang dari hidung Anda, tahan sampai dengan beberapa detik setelah itu hembuskan perlahan lewat mulut Anda.

Lakukan cara ini rutin setiap hari dan rasakan perubahan yang terjadi pada diri Anda setelah 7 hari berturut-turut Anda melakukanya. Demikian tentang cara meditasi yang benar, semoga bermanfaat.


Cak T

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Cara meditasi yang benar"

Posting Komentar