Makanan yang Baik di Konsumsi saat Sahur

Bersatulah.com - Makanan yang Baik di Konsumsi saat Sahur. Bulan puasa merupakan bulan yang penuh berkah dan rahmat. Pada bulan ramadhan banyak didapat pelajaran, berpuasa selama 1 bulan penuh merupakan keinginan seluruh umat yang menjalankanya. Tentu tak ada yang ingin meninggalkan berpuasa selama bulan ramadhan. Tetapi terkadang kesehatan tubuh mengganggu orang yang sudah berniat untuk puasa.

Oleh karena itu memilih makanan yang baik sangat diperlukan agar menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa. Selain itu juga agar kuat menjalankan puasa sehingga dapat penuh puasanya. Berikut makanan apa saja yang baik untuk sahur.

Bersatulah.com - Makanan yang Baik di Konsumsi saat Sahur

1. Jagung
Jagung merupakan makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat yang banyak, sehingga mengkonsumsi jagung saat sahur bisa menahan lapar saat berpuasa. Selain itu jagung memiliki kaya serat, vitamin dan protein sehingga baik untuk kesehatan dan pencernaan saat berpuasa. 

2. Gandum
Masyarakat India sudah tak asing dengan gandum,gandum menjadi makanan yang populer disana karena sebagai makanan pokok di India. Kandungan karbohidrat yang tinggi juga kaya nutrisi sehingga bila dimakan saat sahur gandum baik untuk menahan lapar saat berpuasa. Selain itu gandum baik untuk orang yang menderta diabetes.

3.Susu
Banyak orang yang mengatakan saat sahur harus minum susu agar puasanya kuat. Anggapan ini tentu bisa dibenarkan karena dengan mengkonsumsi susu dapat menjaga kesehatan tubuh. Susu juga sebagai sumber protein juga banyak vitamin yang berada didalam kandungan susu. jadi,tak ada salahnya saat sahur Anda minum susu.

4. Buah yang mengandung serat
Konsumsilah buah yang mengandung serat tingii karena agar tidak membuat anda terganggu pencernaanya saat berpuasa. Bila pencernaan terganggu maka berpuasapun akan terganggu. Buah-buahan yang kaya akan serat diantaranya adalah apel,pisang dan pir

5. Biskuit
Bila Anda bangun kesiangan saat sahur dan terburu-buru takut tidak sahur, ada solusinya, cukup minum susu dan makan biskuit. Rata-rata biskuit terbuat dari gandum yang mempunyai karbohidrat yang tinggi. Jadi cukup mengkonsumsi biskuit dan minum susu,Anda akan terasa kenyang sampai buka. Jadi siapkanlah biskuit untuk jaga-jaga bila Anda bangun kesiangan.

6. Minum air putih
Sudah banyak tahu segudang manfaat air putih untuk kesehatan. Selain untuk kesehatan saat berpuasa, banyak mengkonsumsi air putih berguna untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi. Bila tubuh dehidrasi, bisa saja puasanya tidak sampai penuh. 

Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman diatas mudah-mudahan dapat membantu bagi Anda  yang sedang belajar berpuasa atau Anda yang berpuasa dan mempunyai aktifitas pekerjaan satu hari penuh. (Cak T)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan yang Baik di Konsumsi saat Sahur"

Posting Komentar