Persiapan dan Tips Saat Berwisata ke Gunung Bromo

Bersatulah.com - Siapa yang tidak tahu pesona keindahan gunung bromo? Tidak lengkap rasanya kalau sudah ke Jawa Timur tapi tidak ke Bromo. Yups, gunung bromo terletak di Malang Jawa Timur. Bromo memiliki 3 spot, yaitu pasir berbisik, bukit teletubies, dan bromonya itu sendiri. Ada air terjunnya juga lho..... Tertarik untuk mengunjungi? Mari simak persiapan-persiapan untuk pergi ke bromo. 

Bersatulah - Persiapan dan Tips Saat Berwisata ke Gunung Bromo


Persiapan yang matang adalah kunci perjalanan yang menyenangkan. Nah berikut adalah hal-hal yang perlu anda persiapkan sebelum melakukan perjalanan:

1. Pakaian dan perlengkapan
Mungkin sebagian orang belum tahu bahwa suhu udara di Gunung Bromo bisa mencapai dibawah 10 derajat celcius (waaw, seperti apa dinginnya ya? Hampir mencapai titik beku). Bagi kita penduduk Indonesia yang sudah terbiasa dengan iklim tropis, pastinya tidak bisa membayangkan seberapa dinginnya udara dengan suhu di bawah 10 derajat celcius tersebut. Berikut beberapa rekomendasi saya mengenai pakaian yang harus disiapkan sebelum melakukan perjalanan:
  • Jaket atau pakaian dingin. Saya sarankan menggunakan jaket yang bisa menahan hawa dingin, bukan jaket yang sekedar fashion saja. Selain itu, saya sarankan juga membawa beberapa T-Shirt cadangan sehingga apabila dengan menggunakan jaket masih merasa dingin anda bisa menambahkan T-Shirt sebelum menggunakan jaket
  • Syal, topi, dan sarung tangan. Kebanyakan jaket tidak menutupi area tubuh bagian leher. Jadi, ada baiknya membawa syal daripada leher anda menggigil. Begitu pula dengan topi dan sarung tangan. Apabila anda tidak memiliki perkakas ini, anda tidak perlu khawatir karena akan ada yang menjual berbagai syal, topi, dan sarung tangan disana walaupun harganya akan sedikit lebih mahal.
  • SepatuJangan menggunakan sandal, kontur jalan yang akan dilalui sebagian besar berbatu dan licin. Gunakanlah sepatu boot atau sepatu hiking karena akan lebih beguna daripada sepatu sneakers karena selain kuat, sepatu jenis ini akan melindungi anda dari cedera.
  • Lampu Senter / Flashlight. Jika anda ingin menikmati sunrise di puncak bukit, anda akan mulai mendaki di saat langit masih gelap. Penerangan dari senter akan sangat membantu anda menapaki jalan yang terjal.
  • Masker. Wilayah Gunung Bromo cenderung berpasir dan berangin, jadi dengan adanya masker bisa melindungi hidung dan mulut dari terpaan debu pasir yang bisa menyebabkan batuk dan perih pada tenggorokan.


2. Makanan dan Minuman
Mungkin anda akan menemui banyak warung yang menjual makanan/jajanan disana. Tapi lebih baik anda membawa juga beberapa makanan kecil untuk mengantisipasi rasa lapar karena harga makanan disana relatif lebih mahal. 

3. Uang
ATM? Jangan berharap anda akan menemukan ATM disana, hehe mana ada atm di gunung... Jadi sebaiknya bawalah uang cash secukupnya, jangan terlalu banyak dan jangan pula sampai kekurangan.

Rute Ke Bromo

Untuk menuju lokasi gunung bromo, anda harus terlebih dahulu ke Malang. Dari malang langsung menuju tempat pendaftaran, biaya pendaftaran sekitar Rp.50.000 per orang. Dari tempat pendaftaran, anda bisa langsung menuju bromo dengan jeep dengan kapasitas maksimal 8 orang dan dengan biaya sewa 1 juta rupiah atau jika anda punya teman yang sering mendaki bromo, anda bisa mendapat harga sewa yang murah sekitar Rp. 500.000. Jika anda sedang berada di Jawa Timur, anda bisa daftar melalui Open Trip to Bromo dengan harga yang relatif murah. Seperti contoh sewaktu saya berada di Pare, saya mendaftar untuk ikut trip ke Bromo. Total biaya hanya 170 ribu rupiah per orang dengan jumlah rombongan 15 orang. Tapi teman saya dapat harga 190 ribu rupiah karena rombongan dia hanya 12 orang. Tapi jangan khawatir, kita tidak perlu mencari rombongan. Setelah mendaftar, kita hanya tinggal menunggu pihak open trip menghubungi kita kapan berangkat. Kalau dari pare, biasanya berangkat pada malam hari sehingga pagi pukul 04.00 kita sudah berada di puncak bromo dan bersiap-siap untuk meliha sun rise.

Nah, itu dia beberapa tips dan trik untuk persiapan ke Bromo. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Persiapan dan Tips Saat Berwisata ke Gunung Bromo"

  1. rekeasi yang menantang
    wisata bromo the adventure tour
    makasih infonya

    BalasHapus