Membedah Manfaat dan Gizi yang Bercokol pada Ikan Tongkol

Bersatulah.comIkan Tongkol, Manfaat Serta Kandungan Gizinya Bagi Kesehatan. Dari zaman terdahulu ikan memang telah menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Mengingat begitu luasnya perairan Indonesia, menjadikannya sebagai negara yang kaya akan hasil perairannya baik air laut maupun air tawar. Beberapa diantaranya ikan, udang, kepiting dan cumi, dan ikan. Ikan merupakan hasil laut yang paling banyak dikonsumsi ketimbang jenis hewan air lainnya. Selain itu juga ikan memang paling banyak dihasilkan dari perairan baik laut maupun tawar, dengan cara ditangkap atau dibududayakan secara langsung di kolam atau kerambah.

Ikan tongkol misalnya, merupakan salah satu hasil laut yang memiliki daging yang gurih dan nikmat. Selain itu, ikan tongkol mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalam ikan tongkol terdapat kandungan protein, vitamin A, vitamin E, dan kandungan mineral yang terdiri dari  kalsium, fosfor  serta magnesium. Ikan tongkol juga memiliki kandungan omega 3 yang bermanfaat untuk proses pencernaan dan perkembangan sel-sel di dalam otak.

Ikan Tongkol, Manfaat Serta Kandungan Gizinya Bagi Kesehatan

Berikut ini akan dijelaskan mengenai manfaat baik dari ikan tongkol :

1.       Kesehatan Mata
Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari Johns Hopkins School of Medicine Age-related Macular Diesase (AMD) atau penyakit mata diakibatkan karena proses penuaan. Penelitian ini melibatkan 2.400 relawan berusia 65-84 tahun. Hasilnya adalah  kandungan omega 3 dari ikan cakalang/tongkol, salmon bisa menurunkan risiko untuk mengalami AMD pada relawan yang mengonsumsi ikan-ikan berlemak sebanyak 2 kali seminggu atau lebih. Faktor yang membedakan dengan relawan lainnya adalah asupan omega 3 yang tinggi dari ikan-ikan tersebut.

2.       Rheumatic dan Linu Tulang
Ikan tongkol dapat anda jadikan sebagai menu utama sehari-hari. Anda bisa merebus atau menggorangnya, tergantung selera. Karena khasiatnya terletak pada daging, akan sangat baik jika kita mengolah ikan tongkol segar. Untuk terapi Rheumatic yang serius, sebaiknya dikonsumsikan tiap hari dengan porsi yang cukup. Sedangkan untuk terapi ringan, cukup 2-3 kali dalam seminggu. Selama pengobatan ini, hindari mandi malam, hawa dingin, atau olah raga berlebihan.

3.       Anemia
Tanda-tanda anemia adalah cepat capek, pegal-pegal dipersendian , pucat, kuku dan kelopak mata pucat, dan terdapat garis-garis hitam dibawah mata. Jika anemia menyerang, segera, segera atasi. Pada kondisi tubuh yang demikian, virus mudah menyerang karena kekebalan tubuh sangat menurun. Yang harus dilakukan oleh tubuh adalah segera membentuk sel-sel darah merah agar sistem kekebalan menguat kembali. Kandungan alami dalam ikan tongkol sangat baik untuk merangsang pembentukan sel darah merah. Namun pengolahannya harus direbus, dan dimakan dengan kuahnya sekaligus. Sebab jika melalui proses penggorengan, beberapa jenis protein akan rusak. Sebagai pengobatan, biasakan 3-4 kali dalam seminggu untuk mengkonsumsinya.

4.       Mencegah Ejakulasi Dini
Dalam kehidupan pasutri (pasangan suami istri) anda sedang menurun, mungkin saja disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut cara ampuh dengan memanfaatkan insang ikan tongkol untuk mengurangi ejakulasi dini. Caranya : ambil insang pada tongkol segar, rebus dengan daun jeruk purut 2 – 3 lembar dan sedikit garam hingga mendidih. Minum ramuan ini 1 – 2 jam sebelum berhubungan. Sedangkan bagi wanita cukup mengkonsumsi dagingnya secara teratur, akan meningkatkan vitalitas, termasuk di dalam urusan p4sutr! anda.

5.       Kulit Kusam
Bagi wanita, memiliki kulit kusam cukup menggangu penampilan. Kulit dibagian tertentu seperti betis, lutut, lengan, dan siku sering terasa kasar dan kusam. Untuk mengatasinya, resep berikut bisa dicoba. Ambil kulit ikan tongkol dengan cara disayat-sayat, khusunya di sekitar sirip punggung sampai ekor. Rebus dengan batang serai yang dimemarkan dan tambahkan garam secukupnya. Makan sekaligus kuahnya secara rutin 2 – 3 kali seminggu. Sisik pada permukaan kulit tersebut perlahan-lahan akan mengelupas dan kulit menjadi halus kembali.

Di atas merupakan manfat yang terkandung dalam ikan tongkol. Jaga pola makan dan terus konsumsi makanan yang mengandung gizi serta protein yang cukup. Semoga bermanfaat, jangan lupa share ya. (Inad)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membedah Manfaat dan Gizi yang Bercokol pada Ikan Tongkol"

Posting Komentar