Dibalik Hijau Bulatnya Buah Sukun

Bersatulah.Com – Dibalik  hijau bulatnya buah sukun. Sukun merupakan salah satu tumbuhan yang hidup di wilayah Pasifik Selatan dan dalam setiap tahunnya dapat menghasilkan buah mencapai 150 buah. Bahkan dalam setiap musim dapat menghasilkan sekitar 200 buah. Sukun sebenarnya berasal dari polynesia yang hingga saat ini sudah banyak menyebar dan berkembang diberbagai Negara seperti Malaysia, Sri Lanka dan di beberapa kepulauan  Pasifik lainnya dan salah satunya berkembang di Negara Indonesia.  Diketahui bahwa buah sukun masuk ke dalam kelompok genus Artocorpus yang termasuk dalam family  Moaccea  seperti pohon nangka dan cempedak.
  
Sukun merupakan beberapa diantara bahan makanan yang sering dijadikan sebagai makanan pengganti beras. Buah sukun memiliki tektur daging seperti roti, sehingga tidak heran jika masyarakat banyak memanfaatkan buah sukun sebagai pengganti roti, bahkan sukun mengandung karbohidrat yang cukup tinggi dan rendah kalori. Dibandingkan bahan makanan seperti ubi, ketela pohon, maupun kentang, buah sukun memiliki karbohidrat dan protein yang cukup tinggi. Bahkan kandungan karbohidrat pada buah sukun setara dengan kandungan karbohidrat yang terdapat pada beras. Serta kandungan kalori yang rendah membuat jenis buah yang satu ini sangat cocok dikonsumsi bagi anda yang melakukan program diet secara sehat.

Dibalik hijau bulatnya Buah Sukun

  
Buah sukun dapat dikonsumsi setelah dimasak terlebih dahulu, bisa direbus, digoreng atau juga dijadikan kripik. Buah sukun banyak digemari oleh berbagai kalangan karena memiliki tektur daging yang khas dan citarasanya yang unik dan cukup enak. Selain dimasak sebagai olahan yang sudah disebutkan diatas buah sukun juga dapat dijadikan sebagai tepung untuk keperluan berbagai jenis makanan olahan.

Kandungan vitamin yang cukup lengkap pada buah sukun menjadikan buah ini sangat cocok bila dikonsumsi setiap hari. Buah sukun banyak mengandung vitamin dan mineral, selain itu buah sukuan juga memiliki bebera kandungan seperti zat fitakimia yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama kandungan asam amino esensial, seperti methionin, isoleusin, lysine, histidine, tryptophan serta isoleusin. Buah sukun juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, berikut ulasannya:

1. Mengatasi Diabetes
Bagi anda pengidap diabetes buah sukun dapat bermanfaat mengatasi penyakit ini, karena kandungan serat yang terdapat dalam buah sukun dapat mengurangi penyebab gula dalam tubuh.  Berdasarkan beberapa penelitian menunjukkan dengan mengkonsumsi buah sukun secara rutin setiap hari dapat mengatasi penyakit diabetes. Dan kadar gula dalam darah dapat terkontrol.

2. Sebagai sumber Omega 6 dan Omega 3
Buah sukun dapat membantu anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan serta membantu pertumbuhan otak besar mereka. Hal ini dikarenakan kandungan asam lemak omega 3 di dalam buah sukun. Ditambah lagi sepasang asam lemak esensial ini juga sangat baik untuk perkembangan dan kesehatan jantung.

3. Menurunkan Berat Badan
Bagi anda yang menderita obesitas, buah sukun merupakan pilihan yang tepat yang dapat membantu anda menurunkan berat badan, pasalnya kandungan serat yang tinggi dan ideal sangan cocok dikonsumsi bagi anda yang sedang melakukan program diet.

4. Sumber Antidioksidan
Mengkonsumsi buah sukun secara teratur dapat membuat kulit sehat. Kandungan antidioksidan yang tinggi pada buah sukun sangat baik untuk mencegah  terjadinya infeksi kulit. Sehingga buah sukun sangan cocok dikonsumsi secara rutin setiap hari.

5. Sumber Vitamin dan Mineral
Adanya kandungan asam lemak omega 6 pada buah sukun sangat bermanfaat bagi kesehatan folikel rambut. Membantu mengatasi terjadinya rambut rontok, menjaga kesehatan dan juga dapat menguatkan akar rambut. Manfaat lainnya buah sukun dapat mengatasi munculnya ketombe pada rambut. 

6. Menurunkan Gula Darah
Manfaat daun sukun lainnya adalah dapat membantu mengatasi menurunkan kadar gula darah. Caranya hampir sam ambilah beberapa daun sukun kemudian keringkan terlebih dahulu, kemudian rebus dengan sedikitnya 4-5 gelas air, diamkan sejenak dan minum air rebusan tersebut secara rutin setiap hari.

7. Menjaga Kecantikan 
Kandungan omega 3 dan omega 6 dalam buah sukun sangat bagus untuk menjaga kulit anda terlihat cantik dan segar. Selain itu juga kandungan vitamin C pada buah sukun sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Demikian manfaat luar biasa dibalik bulat hijaunya buah sukun yang dapat anda peroleh dengan mengkonsumsi buah sukun secara teratur setiap hari, semoga bermanfaat (One)




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dibalik Hijau Bulatnya Buah Sukun"

Posting Komentar