Hidup Sehat Meniru Kebiasaan Orang Jepang

Bersatulah.com - Hidup Sehat Meniru Kebiasaan Orang Jepang. Negara Jepang terkenal negara dengan orang-orang yang mempunyai pola hidup sehat. Dalam sebuah penelitian kesehatan mengatakan bahwa penduduk Jepang memiliki angka harapan hidup yang sangat tinggi. Tingkat obesitas orang jepang hanya berkisar 3,5% dari total penduduk negara Jepang. Tingkat kanker payudara, kanker prostat, dan penyakit jantung pun juga lebih rendah. Pola hidup sehatnya sebenarnya sangat mudah untuk kita lakukan.

bersatulah.com

Inilah beberapa kebiasaan orang Jepang yang bisa kita contoh agar lebih sehat. Apa saja kebiasaanya?
Kebiasaan pertama yaitu perbanyak jalan kaki
Jalan kaki adalah olahraga yang paling mudah kita lakukan. Jalan kaki mempunyai manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh. Itulah sebabnya mengapa kebanyakan orang Jepang lebih memilih jalan kaki atau naik sepeda untuk kantor atau pergi bekerja.
Kebiasaan kedua yaitu suka makan sayuran
Mengkonsumsi sayuran yang hijau sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan kita. Konsumsilah sayauran secara rutin dalam setiap harinya agar sehat. Orang Jepang amat menyukai sayur, dan mereka sering menjadikan sayur sebagai komposisi untuk diet.
Kebiasaan ketiga yaitu perbanyak makan ikan
Negara jepang termasuk pengkonsumsi ikan terbanyak di dunia , dalam setiap harinya bisa mengkonsumsi 80-100 gram perharinya. Ikan adalah sumber makanan yang tinggi akan asam lemak omega 3 yang penting untuk kesehatan otak dan jantung.
Kebiasaan keempat yaitu membatasi makanan manis
Orang jepang lebih menyukai makan buah atau memilih untuk mengonsumsi teh hijau dari pada makanan yang manis saat makan penutup. Karena makanan yang manis banyak mengandung asupan gula yang dapat menyebabkan penyakit jantung  dan diabetes. Orang Jepang jarang sekali mengonsumsi makanan manis atau makanan penutup.
Kebiasaan kelima yaitu mengelola makanan secara sederhana
Kesederhanaan dalam mengolah makanan sangat dijaga sekali oleh kebanyakan orang jepang, yakni dengan direbus, dipanggang, atau ditumis sebentar. Dengan mengolah makanan seperti ini, makanan tidak akan melalui proses panjang saat di masak, sehingga kerusakan yang terjadi maupun radikal bebas yang terbentuk dari setiap proses memasak akan menjadi sangat minimal. Dan hal ini membuat kualitas makanan terjaga dengan baik.
Kebiasaan keenam yaitu minum teh hijau
Orang jepang sangat menggemari sekali teh hijau, karena terdapat asupan nutrisi yang amat baik bagi tubuh, sebab teh hijau dikenal memiliki aktivitas antioksidan cukup tinggi. Dari hasil penelitian, antioksidan catechin dan senyawa EGCG di dalam teh hijau bisa mempercepat metabolisme tubuh manusia. Sehingga nutrisi makanan dan kalori dalam tubuh bisa segera diproses menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas. Dengan kita minum teh hijau juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung, osteoporosis, juga kanker.
Kebiasaan ketujuh yaitu makan tahu
Dinegara Jepang sangat sedikit sekali perempuan yang menderita penyakit osteoporosis. Hal itu disebabkan karena perempuan Jepang banyak mengonsumsi tahu. Tahu mengandung isoflavon tinggi yang baik untuk kesehatan hormon wanita dan menghindarkan mereka dari penyakit osteoporosis saat mereka memasuki masa menopause.
Kebiasaan kedelapan yaitu konsumsi rumput laut
Memperbanyak mengkonsumsi ruput laut juga dapat menyehatkan tubuh. Rumput laut kaya akan zat antioksidan di dalamnya yang berfungsi menyerap lemak di dalam tubuh. Oleh karena itu mengonsumsi rumput laut cocok bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.
Demikianlah kebiasan yang dilakukan oleh orang Jepang yang bisa kita contoh untuk hidup sehat kita.
(Maz Aga)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hidup Sehat Meniru Kebiasaan Orang Jepang"

Posting Komentar