Khasiat Buah dan Biji Srikaya Bagi Kesehatan

Bersatulah.Com - Khasiat buah dan biji srikaya bagi kesehatan. Sobat baca bersatulah tentu anda sudah tak asing lagi dengan jenis buah yang satu ini, buah srikaya yang memili rasa yang legit dan menyegarkan. Buah srikaya merupakan jenis buah yang berasal dari negara tropis seperti Indonesia, di negara kita buah seperti ini amatlah mudah didapatkan karena tumbuh subur di berbagai tempat. Srikaya yang memiliki nama latin Annona squamosa L  merupakan tanaman buah yang memiliki banyak sebutan di berbagai daerah di Indonesia. Ada yang menyebutnya delima bintang, serba bintang, sarikaya, seraikaya, serkaya, surikaya, srikawis, sarkaja, serakaja, sirikaja, garoso, ata, atis soe walanda, sirikaya, sirikaja, dan hirikaya. Dan berbagai sebutan lainnya tergantung didaerah anda masing-masing.

Khasiat Buah dan Biji  Srikaya Bagi Kesehatan

Jika dilihat dari bentuk buah dan daunnya, secara sekilas srikaya ini mirip dengan buah sirsak. Begitu pun khasiatnya, jika daun sirsak berkhasiat untuk pengobatan tradisional, maka buah dan biji srikaya pun begitu. Bahkan hampir semua bagian tanaman srikaya ini berkhasiat sebagai obat. Srikaya mengandungan vitamin dan mineral  cukup tinggi. Dalam buah srikaya mengandung energi sebesar 101 kilokalori, protein 1,7 gram, kalsium 27 miligram, fosfor 20 miligram, karbohidrat 25,2 gram, lemak 0,6 gram dan zat besi 1 miligram.  Selain itu di dalam Buah Srikaya juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 22 miligram.  Hasil ini diperoleh penelitian terhadap 100 gram Buah Serikaya, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 58 %. 

Berikut mari kita simak beberapa khasiat buah dan biji srikaya :
  1. Kandungan vitamin B6 dalam buah srikaya dapat mencegah terjadinya penumpukan hemosistein, kandunfan inilah yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung.
  2. Salah satu peran penting dari riboflavin dalam tubuh adalah untuk memastikan bahwa tubuh memiliki semua vitamin B lainnya yang diperlukan. Vitamin B adalah kelompok vitamin yang larut dalam air serta sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan dan fungsi tubuh penting lainnya.
  3. Selain kaya akan vitamin  B dan vitamin C, buah srikaya kaya akan kandungan niasin sehingga manfaat buah srikaya juga dapat menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.
  4. Buah srikaya juga mengandung tinggi serat, maka dari itu buah srikaya baik dikonsumsi bagi penderita konstipasi karena buah yang kaya akan serat akan memperlancar saluran pencernaan. Selain itu serat juga dapat memperlambat laju penyerapan gula darah sehingga dapat mencegah diabetes.
  5. Asam folat merupakan kandungam nutrisi yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan otak bayi, maka dari itu bagi ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat untuk kebutuhan otak janin. Salah satu buah yang memiliki kandungan asam folat adalah buah srikaya, maka dari iti bagi ibu hamil dapat mengkonsumsi buah berbiji ini.

Srikaya memiliki banyak kegunaan, tidak hanya buahnya bijinya pun bisa berkhasiat menghilangkan kutu anjing, menghilangkan kutu kepala, menghilangkan bisul. Cara pemakaiannya ialah sebagai brikut :

Menghilangkan Kutu Anjing
Mandikan anjing yang berkutu dengan air rebusan daun atau biji srikaya.
Caranya, tumbuk halus daun atau biji srikaya, tambahkan air secukupnya, lalu saring airnya dan gunakan untuk memandikan anjing.
Menghilangkan  Kutu Kepala
Ambilah secukupnya biji srikaya, lalu cuci biji srikaya dan daun srikaya segar (1 genggam), lalu giling atau bisa dengan ditumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa, lalu aduk merata. Turapkan pada kulit kepala, lalu bungkus dengan kain. Setelah sedikitnya  tiga jam, buka dan cuci sampai bersih. Jangan sampai bilasan air masuk ke mata karena dapat menyebabkan iritasi dan meradang.
Menghilangkan Bisul
Ambil isi buah srikaya yang sudah masak, lalu giling buah srikaya tadi sampai halus. Tambahkan sedikit garam sambil diaduk merata, turapkan pada bisul, lalu balut dengan kain kasa. Lakukan cara ini dengan rutin untuk mempercepat penyembuhan.

Demikian sekilas khasiat dari buah dan biji  srikaya. semoga dapat bermanfaat bagi anda semuanya. (One).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat Buah dan Biji Srikaya Bagi Kesehatan"

Posting Komentar