Bahayanya Bekerja Lembur Untuk Kesehatan

Bersatulah.com - Bahayanya Bekerja Lembur Untuk Kesehatan. Bekerja adalah sebuah rutinitas kita sehari-hari dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup kita. Bekerja biasanya dimulai dari pagi hari hingga sore hari, atau dari siang hari hingga malam hari, atau juga dari malam hari sampai pagi hari. Dalam kita bekerja, istirahat sangatlah penting untuk memulihkan kebugaran tubuh kita. Tubuh manusia tidak akan mampu bekerja satu hari penuh tanpa di sertai dengan istirahat yang cukup. Ini dikarenakan, tubuh bukanlah mesin dan tersusun atas organ-organ yang membutuhkan waktu jeda yang cukup pula. Namun, kebanyakan mereka yang memutuskan sering lembur kerja harus benar-benar siap dengan berbagai konsekuensi yang harus di terima terkait dengan kesehatan tubuhnya yang terus menurun. Kali ini kami akan mengulas berbagai bahaya sering kerja lembur bagi kesehatan tubuh anda. 

bersatulah.com

Berikut ini bahaya sering kerja lembur bagi kesehatan tubuh anda.
Mempercepat Berbagai Gangguan Kesehatan
Bagi anda yang suka untuk bekerja lembur waspadalah terhadap dampak buruk yang akan terjadi pada anda. Dalam seharian saja berlama-lama duduk didepan kumputer dapat menimbulkan diabetes, obesitas, kanker, serangan jantung, matas sakit dan yang lainya. Bisa dibayangkan sendiri apa yang akan terjadi nantinya bila anda menambah jam kerja tau lembur.
Memperburuk Kesehatan Organ Jantung
Kerja lembur dapat berefek besar terhadap berbagai gangguan kardiovaskuler seperti penyakit jantung, serangan jantung serta tekanan darah tinggi ). Menurut sebuah penelitian tahun 2010 mengenai orang yang bekerja lembur, mengatakan bahwa seseorang yang bekerja 10 jam atau lebih per harinya beresiko terkena penyakit kardiovaskuler sebesar 60 persen.
Pemicu Munculnya Depresi Pada Diri Anda
Depresi timbul akibat anda sering kerja lembur. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan jurnal PLos ONE, mengatakan bahwa ketika seseorang bekerja selama 11 jam atau lebih per harinya akan memiliki tingkat depresi yang cukup tinggi dibandingkan dengan mereka yang bekerja normal (7-8 Jam sehari ). 
Berdampak Buruk Pada Kualitas Tidur Anda
Dengan seseorang sering bekerja lembur, maka secara otomatis jam tidur yang dimilikinya berkurang, yang seharusnya waktu lembur itu digunakan untuk istirahat dan tidur tapi masih dilakukan untuk kerja lembur lagi. Akibatnya dampak buruk akan diterima dimulai minimnya jam tidur seperti memori yang terus menurun, menurunnya berat badan, sering marah-marah tidak jelas hingga  kanker yang mengintai anda.
Meningkatkan Tingkat Stres Pada Diri Anda
Bekerja lembur berarti menambah pikiran dan tenaga yang lebih untuk melakukannya. Akibatnya anda mengalami stres. Ini dikarenakan, kerjaan yang bertambah lagi dan berbagai beban kerja yang harus diselesaikan, belum lagi pada saat pulang mengalami kemacetan lalu lintas yang menghambat berangkat ataupun pulang kerja, ditambah lagi nanti pekerjaan yang ada dirumah. Anda harus berfikir ulang untuk melakukan kerja lembur.
Berbagai Gangguan Pada Penglihatan
Zaman yang sudah maju akan teknologi mengharuskan kita menatap komputer ataupun laptop dalam jangka waktu yang lama menjadi penyebab utama melemahnya penglihatan kita. Tentu hal ini akan berefek serius pada organ mata seperti ketegangan pada mata, gejala sakit kepala, mata yang kering yang disertai dengan penglihatan yang kabur atau tidak jelas.
Terganggunya Fungsi Organ Otak
Gangguan yang terahir akibat kerja lembur yang anda lakukan secara terus-menerus akan beresiko pada penurunan pada mental serta demensia (penurunan kemampuan intelektual ) yang anda miliki.
Demikianlah dampak buruk yang akan alami apabila anda bekerja lembur. Dimulai dari kurangnya jam tidur, kurangnya penglihatan hingga terganggunya fungsi otak. Di perparah lagi bisa menyerang jantung.
(Maz Aga)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahayanya Bekerja Lembur Untuk Kesehatan"

Posting Komentar