7 Makanan Ini akan Membuat Rambut Anda Rontok

Bersatulah.com - Mengonsumsi makanan pedas dan berminyak terkadang lebih mendatangkan nikmat yang berlebih ketimbang makanan yang biasa saja. Namun, Anda perlu ingat, konsumsi berlebih makanan-makanan jenis ini akan menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang akan muncul adalah rambut rontok dan berketombe akibat minyak pada kulit kepala yang berlebih. Apalagi jika kita salah memilih makanan untuk dikonsumsi.

Bersatulah - 7 Makanan Ini akan Membuat Rambut Anda Rontok

Ingin tahu makanan apa saja yang dapat menyebabkan rambut Anda rontok? Berikut ulasannya.

Kopi

Makanan yang memiliki penggemar sangat banyak ini, ternyata dapat menyebabkan rambut Anda menjadi rontok. Mengapa? Karena kopi mengandung kafein yang akan membuat orang yang mengonsumsinya tetap terjaga dalam waktu yang lebih lama. Orang yang mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat membuat orang tersebut mengalami gangguan susah untuk tidur atau insomnia. Insomnia inilah yang menyebabkan kerontokan pada rambut. Hal ini bisa terjadi karena regenerasi sel-sel yang terdapat di dalam tubuh orang yang mengalami insomnia akan terhambat. Terhambatnya regenerasi sel-sel inilah yang nantinya akan menyebabkan rambut rontok.

Gorengan

Makanan yang satu ini biasa disajikan untuk menemani kopi, teh, atau es saat kita sedang menikmati waktu bersantai atau beristirahat. Makanan ini biasanya juga disajikan dalam keadaan panas yang menambah sensasi kenikmatan saat mengonsummsinya. Gorengan sudah banyak kita temukan di pasar-pasar tradisional atau penjual di pinggir-pinggir jalan.

Namun tahukah Anda jika makanan yang digoreng, umumnya akan menimbulkan efek yang buruk pada kesehatan tubuh dan rambut Anda? Kenapa? Karena makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi. Tidak hanya akan mengakibatkan kenaikan berat badan atau obesitas, ternyata makanan yang digoreng dapat mengakibatkan hormon jadi tidak seimbang. Ketidakseimbangan pada hormon inilah yang menjadi penyebab rambut rontok.

Saat Anda membeli dan memakan gorengan yang dijual di pinggir jalan Anda tidak pernah berpikir tentang kebersihannya. Makanan yang tidak bersihlah yang sudah terkontaminasi oleh bakteri yang dapat menyebabkan datangnya berbagai penyakit di dalam tubuh. Anda harus segera mengurangi konsumsi terhadap gorengan, jika selama ini Anda adalah salah satu orang yang mengonsumsi gorengan dalam jumlah banyak, terutama gorengan yang dijajakan di pinggir jalan.

Snack Kemasan

Terkadang makanan-makanan jenis ini mengandung bahan pengawet dan bahan pewarna makanan yang tidak boleh digunakan pada makanan. Bahan-bahan tersebut akan memicu timbulnya penyakit kanker dan akan memperparah kerontokan rambut.

Makanan Manis

Makanan jenis ini menjadi salah satu makanan yang sangat digemari dan dicari untuk dimakan. Namun tahukah Anda bahwa makanan jenis ini menjadi salah satu makanan penyebab rambut rontok. Makanan manis mengandung gula, apa bila Anda mengonsumsi makanan manis dalam jumlah yang banyak, dan tentunya kadar gula yang kita masukkan ke dalam tubuh semakin banyak, tidak hanya akan menimbulkan adanya penyakit diabetes, namun makanan manis juga akan memengaruhi kesehatan rambut Anda.  Jika banyak mengonsumsi makanan manis akan dapat meningkatkan gula darah, akhirnya tubuh akan terus menerus memompa insulin berlebih. Hal ini akan berakibat pada meningkatnya kadar androgen. Androgen adalah hormon yang dapat membuat folikel rambut menyusut.

Ikan Merkuri

Masalah kerontokan pada rambut juga dapat disebabkan oleh konsumsi ikan dalam jumlah yang banyak, hal ini disampaikan dari hasil penelitian salah satu dermatologi asal Los Angeles. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan kadar merkuri yang cukup tinggi di dalam ikan dan merkuri inilah yang dapat mengakibatkan ramut Anda menjadi rontok. Ikan-ikan yang mengandung kadar merkuri yang tinggi di antaranya adalah ikan makarel dan beberapa jenis ikan tuna.


Makanan Rendah Protein


Protein akan membuat rambut Anda menjadi sehat. Kurang mengonsumsi protein akan mengakibatkan rambut Anda rontok. Protein tidak hanya berasal dari daging hewan, namun juga dapat didapatkan dari berbagai sayuran, misalnya kacang-kacangan, bayam, dan tahu. Atau Anda dapat mengonsumsi brokoli dan gandum yang mengandung asam amino yang memiliki manfaat yang sama dengan protein.

Vitamin A

Vitamin A memang merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Namun, konsumsi dalam jumlah yang berlebih dan terlalu sering terhadap vitamin ini, akan menyebabkan penipisan pada rambut. Vitamin A juga memiliki efek samping membuat rontok rambut. Nah, sebelum Anda mengonsumsi vitamin A, sebaiknya Anda mengonsultasikan hal ini dengan ahlinya agar mengetahui dosis yang tepat untuk dikonsumsi. Tapi, biasanya multivitamin tidak akan mengandung bahan yang berbahaya sangat banyak.

Itulah beberapa makanan yang dapat menyebabkan rambut rontok dan timbulnya ketombe. Setelah mengetahui hal ini, Anda tentu harus pandai memilah dan memilih makanan mana yang akan Anda sajikan untuk keluarga dan tentunya Anda sendiri, sehingga Anda tidak akan mengalami kerontokan rambut. (Alin)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Makanan Ini akan Membuat Rambut Anda Rontok"

Posting Komentar