7 cara penting mencegah penyakit prostat

Bersatulah.com - Semakin bertambahnya umur seseorang maka harus diimbangi dengan pemeliharaan kesehatanya.  Karena bila tidak optimal dalam menjaga dan memelihara kesehatanya, maka penyakitpun akan semakin dekat. Salah satunya adalah gangguan prostat yang biaa diderita oleh para lelaki yang telah berumur 40 tahun ketasa.


Kelenjar prostat berada dibawah kandung kemih yang berfungsi untuk memproduksi sperma untuk laki-laki. Salah satu penyakit prostat adallah kanker rostat. Bagi Anda terutama yang usia 40-50 tahun harus tahu bagaimana cara pencegahan kanker prostat, karena biasanya serangan kanker prostar berada disekitaran umur40-50 tahun. Walaupun gejala itu sudah muncul sejak lama, tetapi Anda saja yang tidak sadar akan kehadiran kanker prostat. Lalu bagaimana cara pencegahanya? Berikut kami bagikan cara pencegahan penyakit kelenjar prostat lebih tepatnya kenker prostat.
 

1. Makan sayuran
Banyaklah makan sayur yang mengandung antioksidan yang tinggi. seperti brokoli,kubis,kol  dan kembang kol. beberapa sayuran itu banyak mengandung anti oksidan yang bisa mencegah tumbuhnya sel kanker, termasuk kanker prostat.

2. Makan buah-buahan
Makanlah buah yang mengandung anti oksidan yang tinggi, seperti manggis dan buah sirsak. Selain itu cobalah makan buah tomat karena sudah banyak penelitian tomat dapat mencegah kanker prostat karena terdapat zat lycopene didalamnya.

3. Banyak minum air putih
Minumlah air putih 8 sampai dengan 12 gelas per hari untuk memperlancar buang air kecil. Dengan lancarya buang air kecil maka saluran kandung kemihpun akan teteap bersih.

4. Olah raga
Sudah kita  ketahui bersama dengan olahraga tubuh akan menjadi lebih bugar dan sehat. Banyak dokter yang melakukan pengamatan bahwa orang yang bertubuh bugar jarang mengalami gangguan prostat. Selain itu  dengan olahraga akan membuat kita lebih banyak minum dan lancar buang air kecil, sehingga kandung kemihpun akan bersih.

5.Jangan menahan buang air kecil
Sudah banyak yang mengetahui bahwa menahan kencing membuat sakit ginjal. Ternyata, selain itu, menahan buang air kecil dapat membuat prostat Anda mengalami gangguan yang fatal.

6. Jangan merokok
Masyarakat pada umumnya sudah menggetahui bahwa merokok dapat menyebabkan kanker, termasuk kanker prostat. Kandungan karbon monoksida didalam rokok menjadi salah satu pemicu terjadinya kanker.

7. Tidak minum yang mengandung alkohol.
Alkohol menjadi salah satu penyumbang kanker pada manusia. Masyarakatpun sudah tahu bahwa minum alkohol mempunyai banyak akibatnya. Tetapi masih banyak saja peminatnya. Bagi Anda peminat alkohol segeralah berhenti untuk mengkonsumsinya. Karena bisa menimbulkan kanker termasuk kanker prostat.

Demikian beberapa hal yang harus anda lakukan bila ingin terhindar dari penyakit prostat. Semoga dapat bermanfaat.


Cak T

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 cara penting mencegah penyakit prostat"

Posting Komentar