Anda Cepat Lapar? ini Penyebabnya

Bersatulah.comAnda Cepat Lapar?  ini Penyebabnya. Anda baru saja makan tapi sudah merasakan lapar, padahal anda makan banyak. Kejadian ini biasa terjadi pada setiap orang dengan sebab-sebab tertentu. Biasanya tiba-tiba anda merasakan sangat lapar, juga biasanya anda merasakan berkeinginan dimana nafsu makan anda sangat besar, apapun yang ada di hadapan ingin di makan semua.
bersatulah.com

Apabila anda pernah merasakan hal seperti itu kemungkinan besar penyebabnya adalah sebagai berikut.

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Bersoda

Terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebih adalah salah satu penyebab utama anda sering merasakan lapar padahal anda baru saja makan. Terutama mengkonsumsi soda yang mengandung nol kalori (zero-calori) dapat meningkatkan nafsu makan anda. Penyebabnya adalah sinyal yang dikirimkan oleh senyawa pada soda ke otak. Ketika minum soda, otak akan menerima sinyal bahwa ada kalori yang masuk. Namun karena yang dikonsumsi adalah soda non-kalori, dengan demikian otak akan mencari ‘pelampiasan’ lain dengan mencari makanan untuk dikonsumsi. Hal inilah yang membuat nafsu makan anda akan bertambah. Namun meski begitu, para peneliti mengungkapkan jika riset ini masih dibutuhkan analisa yang lebih lanjut.
Salah Mengkonsumsi Sarapan Pagi

Sarapan adalah waktu makan paling penting dan paling mudah untuk ‘dirusak’. Dengan kita salah Mengkonsumsi makanan di pagi hari saat sarapan, maka bisa berefek pada pola makan anda seharian. Sebuah studi yang belum lama ini dilakukan pada tahun 2013 menunjukkan, bahwa protein adalah hal yang paling penting untuk dikonsumsi saat sarapan. Mereka yang mengkonsumsi banyak protein di pagi hari sebagai bahan sarapannya cenderung tidak akan terlalu banyak ngemil atau makan makanan berlemak seharian, hal tersebut karena protein membuat anda terjaga kenyang lebih lama. Sebaliknya, mereka yang mengkonsumsi sedikit protein saat sarapan cenderung akan mudah sekali lapar yang akhirnya mereka akan mengkonsumsi makanan apa saja seharian.
Kurang Tidur

Kurang tidur juga dapat menyebabkan anda mudah lapar, karena dengan kita kurang tidur maka kinerja hormone ghrelin bisa menyababkan rasa lapar pada saat bangun di pagi hari. Di perparah lagi lapar yang anda rasa karena kurang tidur anda langsung menyantap makanan yang banyak mengandung karbohidrat karena anda membutuhkanya, tapi inilah yang bisa menyebabkan anda menjadi gemuk. Karena itu maka tidur yang cukup sangat dianjurkan sekali.
Anda Sedang Mengalami Stress

Stress juga pemicu anda merasakan cepat lapar. Ketika seseorang merasakan stress atau tertekan maka detak jantung akan meningkat begitu juga kerja otot. seolah-olah pikiran dan otot mereka sangat bekerja keras. Kejadian itulah yang memicu tubuh untuk mencari asupan makanan karena energinya terkurang akibat stress yang dirasa. Jadi apabila kita stress dapat meningkatkan nafsu makan kita bertambah, apapun yang ada dihadapanya ingin disantap.
Demikianlah hal-hal yang bisa membuat anda merasa cepat lapar atau rasa ingin makan secara tiba-tiba padahal anda baru saja mengkonsumsi makanan. Tapi rasa lapar yang anda derita itu bukan semata-mata karena anda memang lapar tapi karena rangsangan otak yang memerintahkannya.
(Maz Aga)

Baca Juga : 5 Bekal yang cocok saat Mudik 
Baca Juga : Bahaya Sering Menahan Lapar
Baca Juga : Makana yang Baik Dikonsumsi saat Sahur

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anda Cepat Lapar? ini Penyebabnya"

Posting Komentar