Tubuh Kok Gampang Dingin, Ya?

Bersatulah.com-Merasakan hawa dingin di dalam tubuh adalah hal yang wajar. Ini merupakan proses tubuh membuat aman dan hangat. Yang sering menjadi permasalahan adalah pada saat cuaca panas kita merasakan dingin atau perasaan dingin itu sering terjadi atau dalam jangka waktu yang lama. Anda dapat menguranginya dengan memakai jaket tebal atau kaus kaki. Berikut beberapa hal yang menyebabkan tubuh mudah merasakan dingin. 

Tubuh Kok Gampang Dingin, Ya?

Jarang sarapan
Sarapan yang sering Anda lakukan adalah salah satu cara membantu tubuh mendapatkan energi dan merangsang sistem metabolisme. Jika pagi ini Anda tidak sarapan, energi yang dihasilkan tubuh sangat sedikit dan tentu tubuh akan menghematnya sehingga sedikit menghasilkan panas tubuh  yang menyebabkan Anda sering merasa kedinginan.

Jarang beolahraga
Para ahli sepakat bahwa olahraga akan membantu mengurangi rasa dingin yang Anda rasakan dengan mengembalikan aliran darah ke otot-otot dan kulit.

Tiroid bekerja lambat
Tiroid merupakan kelenjar yang terletak di leher bagian depan. Bentuknya seperti kupu-kupu dan mudah untuk diraba. Kelenjar ini memmroduksi hormon tiroid yang berfungsi merangsang metabolisme sel-sel di tubuh. Jika kelenjar tiroid bekerja kurang aktif, Anda akan merasa lebih mudah kedinginan.
Kekurangan hormon tiroid menimbulkan gejala seperti depresi, kelelahan, sering merasa kedinginan, konsentrasi menurun, kulit dan rambut yang kering, tingkat kolesterol meningkat, denyut jantung menurun, dan rasa sakit atau nyeri yang samar-samar.

Kekurangan zat besi
Agar tubuh berenergi, zat besi memberikan oksigen ke sel-sel darah. Kekurangan zat besi menjadikan tubuh mudah lelah dan kedinginan.

Kurang tidur
Tidak mendapatkan istirahat yang cukup dapat mengacaukan sistem saraf yang bertugas untuk mengatur suhu tubuh. Orang yang kekurangan waktu untuk tidur akan merasa cepat lelah dan kurang bertenaga sehingga panas yang dihasilkan tubuh sangat minim.

Infeksi jamur
 Stres pada sistem tubuh dapat terjadi bila tubuh terinfeksi jamur.


Anemia
Sel darah merah yang befungsi membawa oksigen ke otak dan juga organ tubuh lainnya, akan menyebabkan tubuh merasa dingin jika jumlahnya berkurang.


Sindrom Raynaud
Pembuluh darah terkecil di jari tangan dan kaki mulai mengerut atau sering disebut dengan sindrom raynaud akan membuat tangan menghitamkan dan bahkan kuku berubah rapuh .
Stres
Stres sering dihadapi oleh manusia dalam kesehariannya. Stres merupakan salah satu penyebab berkurangnya energi tubuh. Hadapi masalah dengan hati dan kepala yang dingin. Tidak mudah terbawa situasi dan emosi.

Terlalu kurus
Tubuh kurus memiliki massa otot dan lemak yang rendah. Otot berfungsi menghasilkan panas dan mengisolasi lemak. Jika tubuh terlalu kurus atau kurang lemak, tubuh akan lebih sensitif terhadap dingin.

Ketidakseimbangan hormon
Tingkat estrogen yang berfluktuasi juga dapat membuat tubuh lebih sensitif terhadap suhu dingin. Hal ini terjadi pada wanita saat menstruasi.

(Alin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tubuh Kok Gampang Dingin, Ya?"

Posting Komentar