Menguak Keajaiban Meditasi untuk Kesehatan Diri

Bersatulah.com - Ajaibnya Manfaat Meditasi. Meditasi sudah dikenal sejak lama, dari zaman nenek moyang kita ratusan tahun yang lalu. Dahulu meditasi banyak dikenal dengan semedi bagi orang-orang yang mencari ilmu kanuragan. Dimasakini meditasi digunakan untuk rileksasi oleh kebanyakan orang.

Masih banyak orang salah persepsi tentang meditasi, seperti orang beranggapan meditasi adalah proses pengkosongan fikiran, atau melamun. Dan sering dianggap sebagai kegiatan untuk membuang-buang waktu, padahal meditasi mempunyai banyak manfaat yang berguna bagi manusia.


berikut manfaat meditasi bagi manusia yang melakukanya.

1. Ketenangan
Dengan meditasi ketenangan batin akan diraihnya karena saat meditasi kita akan menghilangkan fikiran-fikiran negatif sejenak sehingga ketenangan akan tercapai.

2. Menurunkan darah tinggi
Saat meditasi tubuh akan terasa hangat, rasa hangat tersebut dikarenakan peredaran darah yang menjadi lebih lancar. Dengan lancarnya peredaran darah tersebut maka tekanan darah akan normal. Sehingga bagi yang mempunyai sakit hipertensi meditasi menjadi sangat efektif.

3. Melatih konsentrasi
Orang yang meditasi memfokuskan pada satu titik permasalahan. Memfokuskan pada satu titik tidaklah mudah. Butuh latihan yang rutin agar bisa fokus sehingga terbiasa untuk berkonsentrasi. Baik untuk Anda yang mempunyai pekerjaan yang buth konsentrasi tinggi, misalkan administrasi, keuangan dan lain-lain.

4. Meningkatkan daya ingat
Dengan meditasi bisa meningkatan konsentrasi, bila konsentrasinya baik, maka daya ingatpun akan baik pula. Ketenangan saat berfikir akan membantu mengingat disaat lupa. Orang yang lupa biasanya karena fikiran tidak tenang.

5. Meningkatkan kebahagiaan
Ketenangan diri karena meditasi akan membuat diri menjadi lebih bahagia, masalah akan terasa cepat selesai, sehingga perasaan bahagia pada diri akan meningkat.

6. Menjaga kesehatan tubuh
Peredaran darah akan lancar dan akan menetralisir penyakit yang akan datang didalam tubuh. Banyak penelitian menyebutkan fikiran menjadi 88% pengobatan sakit pada manusia. Sehingga dengan fikiran yang positif pastiakan menyehatkan tubuh.

7. Menjadi lebih sabar
Saat meditasi memiliki jiwa dan fikiran yang tenang sehingga saat orang lain berbuat salah, karena jiwa yang tenang dapat memikirkan dengan tenang, memaafkan dan mengikhlaskan. Ini karena fikiran sudah dilatih untuk tenang.

Sampai sekarang memang masih banyak yang menyepelekan meditasi, banyak yang beranggapan meditasi hanyalah buang-buang waktu. Padahal meditasi mempunyai segudang manfaat. Demikian semoga bermanfaat. (Cak T)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menguak Keajaiban Meditasi untuk Kesehatan Diri"

Posting Komentar