Hidup Sehat dan Cantik Dengan Buah Kedondong

Bersatulah.com – Hidup sehat dan cantik dengan buah kedondong.  Apa kabar sobat baca bersatulah.com,  berbicara masalah kedondong tentu kita sudah tidak akan asing lagi, banyak diantara kita, keluarga, rekan kerja dan masyarakat pada umumnya memanfaatkan buah kedondong sebagai campuran rujak, manisan,  dimakan langsung dibuat jus atau bahkan jenis olahan makan lainnya. Kedondong yang dalam bahasa latin disebut Spondias Dulcis Forst merupakan tanaman yang berasal dari kawasan Asia Tenggaradan Asia Selatan. Tanaman kedondong banyak menyebar ke berbagai negara yang beriklim tropis, bahkan saking luasnya penyebaran tanaman ini selalu memiliki nama atau sebutan yang berbeda-beda disetiap negaranya. Kususnya di Indonesia kedondong memiliki sebutan yang beragam seperti sebutan kedondong (Sunda), kedondong (Jawa), kedundung (Madura), kecemcem (Bali), karunrung (Makasar), daukaci (Bugis), dan inci (Bima NTT). 

Hidup Sehat dan Cantik Dengan Buah Kedondong


Jenis buah yang tergolong asam ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Bahkan buah kedondong juga dapat mengatasi dan mencegah berbagai macam penyakit yang berbahaya, diantaranya penyakit Jantung juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu buah kedondong juga memiliki banyak kandungan protein dan mineral seperti, kandungan energi 41 kkal, protein 1 Gr, lemak 0,1 gr, karbohidrat 10,3 gr, fosfor 22 mg,  kalsium 15 mg, zat besi 3 mg, vitamin A 233 IU, vitamin B1 0,08 mg Dan Vitamin C 30 mg. 

Berikut beberapa manfaat buah kedondong bagi kesehatan dan bagi kecantikan yang perlu anda ketahui.

1. Obat Batuk
Manfaat buah kedondong yang pertama adalah dapat membantu mengatasi batuk, caranya cukup mudah. Siapkan 3 buah kedondong kemudian parut buah kedondong tadi, peras parutan kedondong dan campurkan sedikit garam, lalu diminum rutin 2x dalam sehari.

2. Sakit Perut dan Diare
Buah kedondong juga dapat mengatas sakit perut dan permasalahan diare, caranya gunakan sedikitnya 15 gram kulit batang kedondong yang masih segar lalu cuci hingga bersih. Kemudian dipotong-potong kecil, rebus dengan menggunakan 2 gelas air selama 15 menit.  Setelah itu diamkan sejenak hasil rebusan tadi kemudian saring dan minum secara rutin 2 x sehari.

3. Mengobati luka Bakar
Jika anda terkena luka bakar tidak perlu kwatir ada cara mudah mengatasi permasalahan ini dengan tanpa harus pergi kedokter. Caranya dengan menggunakan daun kedondong sebagai obat alaminya.
4. Menjaga Saluran Pencernaan
Kandungan serat pada 100 gram buah kedondong mencapai 0,83-3,60 mg yang sangat bermanfaat untuk melancarkan fungsi saluran pencernaan. Maka sangat bagus dikonsumsi secara rutin setiap hari.
5. Mengatasi Anemia
Bagi anda yang mengalami kekurangan sel darah merah sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kedondong. Karena buah kedondong sangat baik untuk membantu proses pembentukan sel darah merah.
6. Mencegah Penyakit Jantung
Buah kedondong mengandung kalsium yang cukup tinggi, seperti yang anda ketahui kalsium sangat bermanfaat untuk menjaga dan mencegah penyakit jantung. Maka konsumsilah buah kedondong secara rutin.
7. Menjaga Mata
Kandungan vitamin A pada buah kedondong sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan indara penglihatan manusia. Vitamin A membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar dan senyawa yang berperan dalam hal ini adalah retinol.
8. Antidioksidan
Kandungan Vitami A dalam buah kedondong dapat berfungsi sebagai antidioksidan. Selain vitamin A, buah kedondong juga mengandung vitamin C. Kedua vitamin ini tentu saja  sangat berperan aktif sebagai antidioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas, baik radikal bebas yang berasal dari oksidasi tubuh maupun polusi dari luar.

9. Mencegah Penuaan Dini
Kandungan vitamin C pada buah kedondong dapat melindungi molekul penting seperti protein, lemak, karbohidrat, dan asam Nukleat (DNA dan RNA) dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas, racun ataupun polusi. Radikal bebas merupakan salah satu faktor penyebab penuaan dini. Maka mengkonsumsi buah kedondong dapat membantu proses regenerasi kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen yang berperan penting dalam elastisitas kulit. Sehingga menjaga kulit terlihat awet muda dan tampil cantik.

10. Mengendalikan Kolesterol
Selain sebagai anti penuaan dini, kandungan vitamin C yang terdapat pada buah kedondong juga dapat membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu yang mungkin memiliki implikasi  untuk tingkat kolesterol darah dan timbulnya batu empedu. Dan buah kedondong sangat bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol anda.

Nah, itulah beberapa manfaat buah kedondong yang dapat diperoleh selain untuk menjaga kesehatan juga dapat menjaga diri agar tetap terlihat awet muda, selamat mencoba. Semoga bermanfaat. (One)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hidup Sehat dan Cantik Dengan Buah Kedondong"

Posting Komentar