Tekan Obesitas dengan Buah Persik

Bersatulah.com - Tekan Obesitas dengan Buah Persik. Buah persik atau yang lebih dikenal di Mesir dengan nama “Khukh” memiliki rasa manis sedikit sepat. Buah persik adalah buah asli khas dari daratan barat laut China. Buah ini berasal dari famili Rosaceae atau buah batu, yang berarti memiliki satu biji tengah yang besar, layaknya ceri, aprikot, plum dan sejenisnya. Tanaman ini berasal dari Cina dan sudah ada sejak 2000 SM. Karena  perdagangan internasional, bibit persik terbawa sampai keluar negri. Misalnya Jepang, Indonesia, Vietnam, Korea, Iran, Turki, Eropa, Afrika Utara, dan Amerika.
 

Tekan Obesitas dengan Buah Persik


 Nilai Kandungan 

  • Energi 165 kJ (39 kcal)
  • Karbohidrat 9,5 g
  • Gula 8.4 g
  • Diet serat 1,5 g
  • Lemak 0,3 g
  • Protein 0,9 g
  • Vitamin A equiv. 16 mg (2%)
  • Folat (Vit. B9) 4 mg (1%)
  • Vitamin C 6,6 mg (11%)
  • Besi 0,25 mg (2%)
  • Kalium 190 mg (4%)
  • Gizi buah Persik per 100 g (3.5 oz),

Kandungan Lain Buah Persik
Satu peach menengah mentah (147 gram) memiliki 50 kalori, 0,5 gram lemak, 0 gram kolesterol dan sodium, 15 gram karbohidrat, 13 gram gula, 2 gram serat dan 1 gram protein. Ini memberikan 6% dari kebutuhan vitamin harian A dan 15% dari kebutuhan vitamin C harian. Satu peach menengah juga mengandung 2% atau nilai lebih harian vitamin E dan K, niasin, asam folat, zat besi, kolin, kalium, magnesium, fosfor, mangan, seng dan tembaga.

Khasiat Buah Persik
Selain enak dikonsumsi tanpa diolah, buah persik juga dapat dijadokan olahan lain. Misalnya puding, manisan, isi pie, dan masih banyak lagi. Bagaimana dengan nilai gizinya? Buah persik kaya akan vitamin A, E, C, dan berbagai mineral. Buah persik juga banyak memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan dapat membantu saluran pencernaan dan merangsang sekresi kandung empedu.

Di Eropa, buah persik digunakan dalam pengobatan medis untuk penderita cacingan, infeksi kulit, sesak nafas, tuli, dan asam urat. Yang tak kalah pentingnya, buah persik ternyata bisa mengobati penyakit pertusis (batuk rejan). Batuk rejan disebut juga dengan batuk gonggong karena suara batuknya diiringi suara gonggong atau suara melengking. Selain itu, sering disebut juga dengan nama batuk 100 hari, karena batuknya dapat berlangsung cukup lama yaitu sekitar 6 minggu atau lebih.

Buah persik telah terbukti untuk menangkal penyakit terkait obesitas seperti diabetes, sindrom metabolik dan penyakit kardiovaskular. Menurut sebuah studi dari Texas A & M, buah batu seperti buah persik, plum dan nektarin telah terbukti untuk menangkal penyakit terkait obesitas seperti diabetes, sindrom metabolik dan penyakit kardiovaskular. Dr Luis Cisneros-Zevallos, Texas A & M profesor dan AgriLife Penelitian ilmuwan makanan, menyatakan buah persik memiliki bioaktif dan fenolik senyawa dengan anti-obesitas dan anti-inflamasi sifat yang juga dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL). Kelompok fenolik utama dalam buah batu:
  • anthocyanin,
  • asam chlorogenic,
  • quercetins dan catechin,
  • yang semuanya bekerja sama dan saling melengkapi satu sama lain untuk melawan penyakit yang berkaitan dengan obesitas.

Adapun Manfaat Medis Lain

Solusi Kanker: Sumber vitamin C buah persik juga dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Juga asupan serat yang tinggi dari seluruh buah-buahan dan sayur-sayuran berkaitan dengan menurunkan risiko kanker kolorektal.
Nutrisi Kulit: antioksidan vitamin C, bila dikonsumsi dalam bentuk alami dapat mengurangi keriput, memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan dan membantu untuk melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari dan polusi. Vitamin C juga memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen, sistem pendukung kulit Anda.

Penangkal Diabetes: Studi Texas A & M menunjukkan buah persik memiliki ekstrak yang efektif dalam membunuh jenis diabetes yang paling agresif dari sel-sel kanker payudara dan tidak membahayakan sel-sel sehat yang normal dalam prosesnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa tipe 1 penderita diabetes yang mengonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan diabetes tipe 2 mungkin telah meningkatkan gula darah, lipid dan kadar insulin. Satu persik menengah menyediakan sekitar 2 gram serat. The Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan 21-25 g / hari untuk wanita dan 30-38 g / hari untuk pria.

Kesehatan Jantung: serat, kalium, vitamin C, dan kolin konten di Persik semua kesehatan jantung. Peningkatan asupan kalium bersama dengan penurunan asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting bahwa seseorang dapat membuat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dilangsir menurut Mark Houston, MD, MS, seorang profesor klinis kedokteran di Vanderbilt Medical School dan direktur Hipertensi Institute di Rumah Sakit St Thomas di Tennessee.

Demikian pengaruh penting dalam menjaga kesehata vital pada tubuh kita. Dengan adanya informasi kesehatan ini diharapkan banyak orang yang tersadar akan pentingnya kesehatan tubuh kita. Terlebih pengetahuan akan manfaat buah persik bagi metabilisme tubuh kita.

Kima.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tekan Obesitas dengan Buah Persik"

Posting Komentar