Masih Takut dengan Bau Petai? Lihat dulu Manfaatnya

Bersatulah.com - Dalam dunia tumbuhan tanaman petai diklasifikasikan dalam keluarga leguminosae (mimosaceae). Marga parkia dan jenis parkia speciosa Tanaman petai berupa pohon dengan ketinggian antara 5-25 meter dan membentuk percabangan yang banyak. Bagian dari buah petai yang paling penting dimanfaatkan adalah bijinya. Berdasarkan jumlah biji pada polongnya, tanamann petai dikelompokan menjadi dua yaitu petai gajah dan petai kacang. Petai gajah mempunyai polong sepanjang 25-30 cm, dengan jumlah biji sebanyak 15 atau lebih. Bijinya berukuran besar. Petai kacang ukuran polongnya lebih pendek dari petai gajah. Jumlah biji tiap polong antara 10-12 ukuran bijinya juga lebih kecil.


Akibat dicap sebgai makan kampung yang tidak berkelas, petai seolah dipinggirkan. Padahal nilai gizinya sekela apel. Perbandingannya dalam petai terkandung protein empat kali lebih banyak, karbohidrat 2 kali lebih banyak, 3 kali lipat fosfor, 5 kali lipat vitamin A dan zat besi dan 2 kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya. Selain mengandung anti oksidan yang bisa menangkal macam-macam penyakit, petai dapat juga meningkatkan kemampuan belajar anak dan menghilangkan depresi.
 
Sumber Energi
Mengkonsumsi lalapan ini bagi sebagian orang dianggap hal yang memalukan. Padahal petai merupakan sumber energi yang baik, yaitu 142 kkal per 100 g biji, petai mengandung 3 macam glukosa alami, yaitu?

- Sukrosa

- Fruktosa

- Glukosa

Juga didukung dengan serat, kombinasi tersebut telah di ungkas dalam riset. Kombinasi tersebut mampu memberikan dorongan tenaga instan, tetapi cukup lama dan cukup besar efeknya. Riset membuktikan, dua porsi petai mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit. Karena itu, petai merupakan sumber energi yang potensial untuk mendukung berbagai aktivitas.

Jangan heran jika petai adalah buah yang disukai para atlet top. Riset membuktikan, petai tidak sekedar memberi energi, juga mampu mencegah, bahkan mengatasi berbagai macam penyakit dan kondisi buruk. Petai menjadi salah satu bahan cukup penting dalam makanan kita sehari-hari. 

Kandungan Pada Petai
Petai mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Yaitu 46mg per 100g biji. Kandungan vitamin A pada petai juga cukup baik, yaitu 200 iu per 100g, penelitian yang dilakukan oleh widiarti (2002), membuktikan bahwa konsumsi petai sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain nilai gizinya yang tinggi, petai juga mengandung beberapa senyawa kimia lainnya seperti Cyclic polsulphida dan thiozoline-4-carbocyclic (TCA), yang dapat digunakan untuk pengobatan.

Sumber Bau pada Petai
Aroma tak sedap yang khas merupakan salah satu ciri dari nafas maupun urin penggemar fanatik petai. Di Amerika, petai terkenal sebagai The Most Horrible Food in The World (makanan yang paling mengerikan di dunia) lantaran baunya yang menusuk.
Apa yang membuat petai menghasilkan bau yang luar biasa?

Asam amino yang terkandung didalam biji petai alasannya. Asam amino itu didominasi oleh asm amino yang mengandung unsur sulfur (S). Ketika terdegradasi atau terpecah-pecah menjadi komponen yang lebih kecil, asam amino itu akan menghasilkan berbagai komponen plafor yang sangat bau. Salah satu gas yang terbantuk dari unsur itu adalah gas H2S (hidrogen sulfida) yang terkenal sangat bau. Bau yang ditimbulkan dari petai itu sebenarnya cukup menggagu, terutama bagi orang lain yang tidak ikut mengkonsumsi. Bagi yang mengkonsumsi, meskipun bau setidak-tidaknya sudah menikmati kelezatan petai. Namun, bagi orang lain yang tidak ikut menikmati dan Cuma kebagian baunya, akan merasa sangat terganggu. Apalagi air seni yang dikeluarkannya. Jika pemakan petai ini buang air di sembarang tempat maka akan mengganggu banyak orang.
Ada Bebera Tips Menghilangkan Bau Petai
Bila Anda penggemar petai tidak perlu berkecil hati. Meskipun belum memiliki bukti ilmiah secara pasti, menghindarkan petai dapat dilakukan dengan mengunyah sedikit bubuk kopi selama beberapa menit, kemudian minum air putih dingin. Konsumsi mentimun juga dapat mengurangi bau petai. Proses pemasakan dengan panas juga sering dilakukan oleh ibu rumah tangga untuk mengurangi bau petai. Beberapa Khasiat Petai:

1. Obat Hati dan Ginjal

Radikal bebas mudah sekali ditemukan pada berbagai produk pangan, terutama pada produk yang digoreng atau dibakar. Hidrogen peroksida; superoxidee anion, dan hidroksil, merupakan contoh-contoh radikal bebas. Molekul tersebut sangat tidak stabil, sangat reaktif, dan merusak jaringan. Radikal bebas akan menjadi tidak berdaya bila berhadapan dengan antioksidan.

2. Tekanan Darah Tinggi Dan Stroke
Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya, sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan petai untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.
Menurut riset dalam “The New England Journal of Medicine” makan pete sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan resiko kematian karena stroke sampai 40%.

3. Luka Lambung
Buah ini mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

4. Stres
Kalium adalah mineral penting, yang membantu untuk menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika kita stress, kecepatan metabolisme kita akan meningkat, sehingga akan mengurangi kadar kalium dalam tubuh. Hal ini dapat diseimbangkan lagi dengan bantuan makan petai yang tinggi kalium.

5. Anemia
Dengan kandungan zat besi yang tinggi, petai dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.

6. Sembelit
Karena kandungan serat yang tinggi, maka pete akan mempermudah menormalkan kembali aksi pencernaan, membantu mengatasi permasalahan ini tanpa harus kembali ke laksativ.
Demikian manfaat dan khasiat buah petai. Jadi, jangan khawatir lagi untuk mengonsumsinya. Dengan tips menghilangkan baunya maka tak ada alasan lagi untuk kita mengambil manfaat dari buah ini.

(Kima)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masih Takut dengan Bau Petai? Lihat dulu Manfaatnya"

Posting Komentar