Wisata Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

Bersatulah.com - Banyuwangi merupakan kabupaten sekaligus kota yang terletak di ujung timur Pulau Jawa. Karena lokasinya ini juga, Banyuwangi menjadi kota transit bagi para wisatawan yang akan menuju Bali melalui Pelabuhan Ketapang. Menjadi kota transit, bukan berarti Banyuwangi tidak punya keistimewaan sendiri. Kota ini memiliki banyak dan beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. 

Bersatulah.com - Wisata Banyuwangi yang wajib Dikunjungi

Di saat senggang, cobalah luangkan waktu untuk menjejaki kota ini lebih lama lagi dan kunjungi berbagai tempat wisata di Banyuwangi berikut ini:

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan sebuah pemandangan alam yang luar biasa menakjubkan, di atas ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Kawah yang luasnya sekitar 20 km yang dikelilingi dinding kaldera dengan tinggi 300-500 meter ini, siap membuat siapa pun yang menyaksikannya akan terperangah kagum. Meskipun kawah ini seolah menarik para wisatawan untuk mendekat, namun Anda harus tetap berhati-hati. Suhu kawah dapat mencapai 200 derajat Celcius dengan tingkat keasaman yang mampu meleburkan pakaian dan tubuh manusia.

Daya tarik utamanya adalah Api Biru atau Blue Fire. Api yang terletak di bawah kawah ini berwarna biru dan akan terlihat semakin cantik saat kondisi disekitarnya gelap. Untuk itu, Anda harus datang pada dini hari supaya dapat melihat keindahan Api Biru ini.

Hal menarik yang lainnya adalah Anda dapat menyaksikan kegiatan tambang belerang. Kawah Ijen ini merupakan salah satu dari dua kawasan tambang belerang tradisional, yang ada di Indonesia setelah Welirang. Para penambang tidak menggunakan alat canggih, namun mereka benar-benar turun ke bawah mendekati kawah itu untuk mengambil batangan belerang dengan alat seadanya dan tanpa menggunakan perlengkapan pengaman yang memadai. Batangan belerang dengan berat mencapai 80-100 kg ini lalu dipikul dan di bawa naik ke pos pengumpulan belerang.

2. Teluk Hijau

Teluk Hijau atau Green Bay tidak hanya menarik namanya saja. Teluk ini memang benar-benar memiliki air jernih yang kehijauan dan menakjubkan. Tempat wisata di Banyuwangi yang termasuk kedalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri ini, memiliki hamparan pasir putih lembut yang dikelilingi oleh hutan tropis.

Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan seperti  snorkeling, berenang, bermain pasir dan memancing. Anda bisa juga mengunjungi Air Terjun Bidadari yang terletak dikawasan teluk hijau. Menurut masyarakat, air terjun yang memiliki ketinggian 8 meter ini adalah tempat mandinya para bidadari pada saat tertentu.

3. Pantai Pulau Merah


Jika Teluk Hijau memiliki air jernih yang kehijauan, maka Pantai Pulau Merah ini disebabkan karena adanya sebuah bukit yang tidak jauh dari bibir pantai dan tanahnya berwarna merah. Anda bisa berjalan dan mendekat ke bukit saat air sedang surut, Bukit ini tertutup oleh pohon-pohon dan semak hijau yang hanya terlihat sedikit semburat merah saat senja tiba.

Tempat wisata di Kecamatan Pesanggaran ini memiliki sebuah pura Hindu yang bernama Pura Tawang Alun. Pura ini digunakan sebagai lokasi ritual oleh umat Hindu yang tinggal disekitar Pantai tersebut. Penginapan sudah banyak yang tersedia di sekitar pantai. jadi, anda tidak perlu khawatir.

Beraneka kegiatan bisa Anda lakukan di sini, seperti berselancar atau hunting foto. Untuk berselancar, pantai yang panjangnya 3km ini memiliki ombak ideal yang cocok bagi peselancar pemula.

4. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung atau yang disebut juga dengan G-Land, sangat populer di kalangan peselancar domestik dan mancanegara. Pantai Plengkung ini memiliki ombak yang sangat ideal untuk berselancar dan pantai ini mendapat julukan The Seven Giant Waves Wonder. Hal ini karena ombak di tempat wisata ini berbentuk tujuh gulungan besar dengan ketinggian yang mencapai 6 meter. Ombak di pantai ini juga disebut sebagai ombak terbaik kedua di dunia setelah ombak di Hawaii.

Saat terbaik untuk berselancar di Pantai Plengkung ini adalah antara bulan Juli – September, walaupun ombak di sini bagus sepanjang tahun. Jika tidak membawa perlengkapan selancar, Anda bisa menyewanya di sini. Jadi tidak perlu repot-repot membawanya sendiri dari rumah.

Jika Anda kurang tertarik dengan berselancar, anda tidak perlu khawatir. Suasana tenang dan jauh dari keramaian disana membuat tempat wisata ini cocok bagi Anda yang mendambakan sebuah liburan yang berkualitas. Terdapat pula hutan tropis yang mengelilingi pantai, dan Anda bisa melakukan trekking dan mengunjungi air terjun yang ada di dalam hutan.

5. Pantai Rajegwesi

Pantai ini terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran yang merupakan tempat wisata alam dan sekaligus sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Di sini, Anda bisa menyaksikan keindahan pantai dan bunker sisa dari kejayaan bangsa Jepang pada masa penjajahan.

Pantai Rajegwesi juga memiliki keunikan yang tidak banyak dimiliki oleh pantai-pantai yang lain. Pasir pantai yang berwarna kecokelatan dan terlihat sangat lembut. Hal ini dikarenakan oleh pasir pantai yang bercampur dengan endapan lumpur dan terbawa air sungai saat banjir.

Selain keindahan itu, Anda bisa juga melihat kehidupan masyarakat disekitarnya. Sebagian besar masyarakat disekitar tempat wisata Banyuwangi tersebut berkerja sebagai nelayan. Anda bisa juga melihat perahu nelayan yang diparkir dibagian barat pantai sedangkan dibagian timur dibiarkan lapang sebagai tempat penyu bertelur.

6. Pantai Watu Dodol

Pantai ini bisa dengan mudah Anda temukan, jika Anda dalam perjalanan ke Pelabuhan Ketapang dari daerah Jember dan sekitarnya. Lokasinya ditandai dengan bongkahan batu yang besar di tengah-tengah jalan dan ada patung Gandrung atau penari khas Banyuwanginya.

Pantai Watu Dodol ini berada di poros Banyuwangi-Situbondo dan berjarak sekitar 2km dari Pelabuhan Ketapang. Hal ini akan membuat Anda bisa melihat kapal fery melewati antara Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Banyuwangi.

Selain itu pula, Anda bisa menyaksikan keindahannya tempat wisata ini dari bukit yang ada didekat pantai tersebut.Kuliner? Anda tak perlu khawatir, karena ada banyak warung makan yang siap memuaskan lidah dan perut Anda.

7. Air Terjun Kalibendo


air terjun ini terletak sekitar 20km dari pusat kota Banyuwangi. Air Terjun Kalibendo yang menawarkan pemandangan sanagat indah dan menenangkan. air jernih dan sungainya dengan air dingin yang mengalir di sekitar air terjun tersebut. Berada di dataran tinggi, membuat tempat ini memiliki udara sejuk dan menyenangkan.

Jika berangkat dari Kampung Anyar Glagah, Anda akan disuguhi oleh pemandangan yang tak kalah indahnya. Anda akan diajak melewati kebun teh, kopi dan cengkeh yang terhampar hijau dan menyejukan mata. Suasana pedesaannya juga dapat dirasakan dalam perjalan anda menuju air terjun yang tingginya 10 meter ini.

Itulah beberapa tempat wisata di Banyuwangi yang kami tawarkan dengan keindahan-keindahan yang dimilikinya. Masih banyak tempat wisata lain di Banyuwangi yang memiliki keindahan-keindahan lain seperti Air Terjun Lider, Agrowisata Kali Klatak, Pemandian Taman Suruh, dan masih banyak yang lainnya. Jawa Timur memang pusat tempat wisata indah di Indonesia. Jadi tidak ada salahnya anda meluangkan waktu liburan panjang untuk menelusuri keindahan-keindahan alam di pulau Jawa khususnya Jawa Timur dan terlebih lagi Banyuwangi yang disebut sebagai Surganya pulau Jawa. (joe)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi"

Posting Komentar