Konsumsi Labu Siam, Kesehatan Tubuh Terjaga

Bersatulah.com-Konsumsi Labu Siam, Kesehatan Tubuh Terjaga, Labu siam atau yang lebih dikenal dengan jipang di daerah Jawa, tumbuh dengan merambat dengan media. Labu siam membutuhkan media tanam yang lembab untuk tumbuh. Pertumbuhan batangnya dapat tumbuh dengan cepat. Sesuai dengan namanya, buah ini berasal dari daerah Siam, Thailand.


Konsumsi Labu Siam, Kesehatan Tubuh Terjaga

Labu siam memiliki kulit tipis yang berwarna hijau. Daging di dalamnya berwarna putih. Beberapa peenelitian, menyebutkan labu siam sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Kandungan gizi di dalamnya, seperti vitamin, mineral, kalori rendah,  serat tinggi, dan mineral, inilah yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut beberapa manfaat labu siam bagi kesehatan.
Anti Kanker
Sekitar 1,7 gram dari 100 gram serat yang dikandung labu siam. Selain untuk mengatasi masalah pencernaan, serat mampu membantu dalam mengurangi resiko penyakit kanker.
Selain itu,kandungan antioksidan flavonoid poli fenolik, seperti apigenin dan luteolin di dalam labu siam memiliki manfaat untuk mengikat radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Radikal bebas berbahaya ini berperan dalam pembentukan kanker dan berbagai macam penyakit. 

Menjaga kesehatan ginjal
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas North Florida, mengungkapkan bahwa daun labu siam berkhasiat untuk mengobati batu ginjal.

Menurunkan Berat Badan

labu siam mengandung kalori rendah. Kandungan kalori di dalam labu siam hanya 16 kalori dalam setiap 100 gram. Labu siam juga mengandung serat yang tinggi dan tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Sehingga, labu siam sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang sedang ingin menurunkan berat badannya.

Mencegah dan Menurunkan darah tinggi

Labu siam memiliki kandungan kalium yang baik. Sekitar 2,5% atau 125 mg kalium terpenuhi dengan mengonsumsi 100 gram labu siam. Kalium berperan penting dalam perlawanan terhadap efek sodium. Sodium jika terlalu banyak di dalam tubuh akan menyebabkan seseorang mengalami darah tinggi.

Mengobati kembung
Labu siam mengandung unsur-unsur yang termasuk zat diuretik. Zat diuretik memiliki kegunaan mengobati perut kembung. Jika Anda mengalami perut kembung, Anda dapat memasukkan irisan daging labu siam ke dalam teh yang sudah Anda seduh.

Menjaga Kadar Kolesterol
Berdasarkan fakta bahwa di dalam tabel kandungan gizi, labu siam tidak mengandung lemak jenuh dan jumlah kalori yang dikandung labu siam sangat sedikit. Labu siam sangat bermanfaat untuk membantu mengendalikan tingkat kolesterol yang tinggi di dalam tubuh. Labu siam sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi.

Mencegah Anemia
Labu siam mengandung vitamin B2 dan zat besi. Vitamin B2 dan zat besi bisa merangsang pembentukan sel darah merah dan hemoglobin di dalam tubuh. Hal ini akan mencegah terjadinya anemia.

Mencegah Penyakit Jantung

Labu siam mampu mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung. Vitamin C di dlam labu siamlah yang akan membantu mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh.

Sumber Mineral
Labu siam mengandung beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Berbagai mineral itu di antaranya, potassium, zat besi, fosfor, dan mineral lainnya.

Mencegah Sembelit

Serat sangat bermanfaat untuk membantu kelancaran pencernaan. Jika pencernaan lancar, maka tidak akan terjadi sembelit. Dengan mengonsumsi labu siam, berarti sudah membantu pemenuhan kebutuhan serat di dalam tubuh.

Sumber Stamina
Potassium yang terkandung di dalam labu siam adalah salah satu jenis elektrolit yang bermanfaat sebagai salah satu sumber stamina bagi tubuh kita. Potassium yang dikandung labu siam sebanyak 125 mg per 100 gram.

Mengurangi Resiko Bayi Lahir cacat
Labu siam adalah salah satu sayuran yang juga memiliki kandungan B kompleks yang cukup baik, yaitu folat. Folat yang terkandung di dalam labu siam sebanyak 93µg dalam 100 gram atau setara dengan 23% dari kebutuhan folat yang dianjurkan. Pada ibu hamil, folat membantu pertumbuhan janin dan menghindarkan janin dari cacat syaraf, karena folat yang terkandung di dalam labu siam dibutuhkan dalam proses pembelahan sel.

Sumber Antioksidan
Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel ataupun mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Vitamin C yang dikandung labu siam sebanyak kurang lebih 7,7 mg. Sekitar 13% kebutuhan Vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh, dapat terpenuhi dengan mengonsumsi 100 gram labu siam.

Jadi, labu siam menjadi salah satu sayuran yang dapat Anda masukkan dalam menu makan hari ini. (Alin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konsumsi Labu Siam, Kesehatan Tubuh Terjaga"

Posting Komentar