Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sejak Dini

Bersatulah.com – Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sejak Dini. Masa kanak-kanak adalah masa yang paling penting bagi setiap manusia. Banyak hal yang dilakukan pertama kalinya. Termasuk, makan dan minuman apa saja yang ingin dicoba. Hal ini menyebakan anak-anak sangat rentan dengan penyakit gigi. Tahukah sahabat kesehatan gigi pada anak merupakan faktor penting dalam pertumbuhannya dan perkembangan anak itu sendiri. Namun pada kenyataanya merawat gigi anak sering dikeluhkan sebagai perkara yang gampang-gampang susah.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sejak Dini


Berikut ini kiat bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini :

Umur 0-3 tahun
Menjaga kesehatan gigi anak berusia 0-3 tahun yang mana Gigi pertama bayi biasanya muncul antara bulan kelima dan delapan. Gigi anak akan terus tumbuh,sampai mereka berusia 3 tahun, dan berjumlah 20 gigi. Kiat Yang harus dilakukan :

- Yang pertama bersihkan gigi dan gusi bayi bahkan sebelum gigi pertamanya tumbuh. Pada hal ini tidak hanya membersihkan sisa makanan dan bakteri, namun juga membantu menciptakan kebiasaan menyikat gigi pagi dan malam pada anak.

- Selanjutnya anda bersihkan gigi dan gusi bayi anda dengan lembut pada pagi dan malam. Pada proses ini gunakan saja handuk basah atau sikat gigi bayi yang berbulu sikat lembut. Bersihkan terutama ketika menjelang waktu tidur.

- Yang perlu diperhatikan, Hindari kebiasaan member minum jus atau susu pada anak ketika menjelang tidur, karena hal ini dapat menyebabkan terjadinya gigi berlubang. Hal ini disebabkan karena Gigi akan terendam cairan sepanjang malam, sehingga memungkinkan bakteri penyebab gigi berlubang berkembang biak lebih banyak, Solusi terbaik adalah tidak memberikan susu dalam botol, pada saat tidur atau bila perlum ganti dengan air putih bahkan air putih di malam hari.

Umur 3-6 tahun
Sahabat dalam Menjaga kesehatan gigi anak usia 3-6 tahuun pada umur ini anak Anda seharusnya sudah memiliki 20 gigi susu yang lengkap. Pada dasarnya Anak sangat rentan untuk mengalami kerusakan karena tidak sekuat gigi dewasa. Pada masalah gigi berlubang dan penyakit gigi susu dapat berlanjut ketika gigi dewasa tumbuh. Walaupun nantinya akan tanggal, gigi susu penting untuk dirawat dan dijaga karena :

Pertama Gigi susu memiliki peran penting untuk mencerna makanan. Untuk menggigit, mengunyah, serta melumat makanan gigi susu sangat berguna dan dibutuhkan.
Kedua Gigi susu sebagai mana kita ketahui berguna sebagai pedoman bagi tumbuhnya gigi dewasa, Gigi dewasa akan tumbuh tak beraturan hal ini disebabkan karena gigi susu tanggal sebelum waktunya karena pembusukan.
Ketiga, Gigi susu berpengaruh dalam perkembangan wajah dan otot rahang.

Hal Yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi anak usia 3-6 tahun adalah sebagai berikut :
1. Lakukan Pengawasan serta ajarkan anak anda menyikat gigi dengan benar dan teratur.
2. Ajarkan pada anak anda menyikat gigi sesuai dengan waktu yang tepat untuk menyikat gigi yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam haru sebelum tidur.
3. Bantu anak anda member sikat gigi khusus untuk anak dengan bulu sikat lembut dan sesuai dengan ukuran mulut anak anda.
4. Sikatlah gigi anak Anda dengan pasta gigi berflouride. Lebih baik lagi jika menggunakan pasta gigi khusus untuk anak dengan kandungan fluoride yang sesuai untuk anak serta tersedia dalam pilihan rasa yang disukai anak.


Untuk Menjaga kesehatan gigi anak usia 6-12 tahun adalah dengan :
1. Pada usia ini anak sdah dapat menyikat gigi mereka sendiri. Namun mereka tetap perlu bantuan Anda untuk membantu menerapkan kebiasaan menyikat gigi dengan baik dan benar.
2. Terapkan kebiasaan menyikat gigi pagi dan malamkepada anak Anda, sebab kebersihan mulut dan gigi sangat penting pada periode ini.
3. Gunakan sikat gigi khusus.
4. Gunakan pasta gigi dengan jumlah yang tepat.

Demikian kiat-kiat Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sejak Dini. Semoga bermanfaat :)
(ucay)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sejak Dini"

Posting Komentar