Manfaat Ikan Baung bagi Kesehatan

Bersatulah.Com – Manfaat Ikan baung, bagi kesehatan. Ikan baung dikenal sebagai salah satu ikan yang hidup di air tawar, yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan rendah lemak. Memiliki daging yang punel, gurih dan rendah lemak menjadikan baung memiliki nilai ekoomis yang tinggi dan banyak digemari oleh masyarakat. Ikan baung ini banyak diperoleh dari sungai-sungai besar atau juga muara sungai. Seperti di daerah kalimantan beberapa tahun yang lalu jenis ikan ini sangat mudah untuk diperoleh. Namun tidak dengan saat ini, ikan ini sedikit sulit diperoleh hingga membuat harganya melambung tinggi dibandingkan dulu. Kurangnya pembudidayaan ikan baung menjadi penyebab salah satunya kelangkaan ikan ini.

Manfaat Ikan Baung bagi Kesehatan

Ikan baung memiliki nama latin Hemibagrus Nemurus  yang masih satu kelompok atau kerabat ikan lele. Ikan baung merupakan salah satu jenis ikan asli perairan indonesia, ikan ini tidak bisa diperoleh disembarang tempat, hanya dapat diperoleh di beberapa perairan tertentu di Indonesia. Penyebaran ikan baung paling banyak kita jumpai di pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan (Robert, 1989). Sedangkan di luar negeri ikan ini banyak dijumpai seperti di India, China, Vietnam dan Malaysia.

Ciri ikan baung ialah memiliki tubuh mirip seperti ikan lele yaitu  bertubuh  memanjang dan tidak mersisik, memiliki kepala yang agak sedikit pipih, dibagian sirip dadanya terdapat tulang tajam (patil) yang memiliki bisa berfungsi sebagai senjata bela diri.  Sekilas jika dilihat ikan baung hampir mirip dengan ikan patin yaitu berwarna putih keperakan dengan punggung berwarna kecoklatan. Namun ada juga jenis baung tertentu berwarna kehitaman. Untuk membedakan baung dengan ikan fatin adalah sungut rahang atasnya yang panjang sampa mencapai sirip dubur.

Ikan baung tergolong sebagai ikan noktural yang aktif melakukan aktifitasnya pada malam hari termasuk dalam mencari makanan. Ikan baung termasuk jenis ikan pemakan segala atau sering disebut sebagai omnivora. Sehingga biasanya ikan baung menyukai memansa ikan-ikan kecil, udang-udang kecil dan serangga di air. Jika dilihat dari kandungan gizinya, daging ikan baung mengandung protein yang tinggi dan juga rendah lemak. Kandungan lemak yang rendah umumnya langsung diasumsikan  memiliki kandungan kolesterol rendah. Berdasarkan hasil penelitian, ikan baung dengan berat 25,8 gr mengandung 51,99% protein dan 15,85% lemak dan air 75,07 %.

Ikan baung memiliki manfaat hampir sama dengan ikan lele karena masih dalam satu jenis kelompok. Berikut adalah beberapa manfaat ikan baung bagi kesehatan yang dapat kita peroleh:

1. Sebagai Sumber Protein
Ikan baung adalah jenis ikan air tawar yang dapat menjadi sumber protein yang cukup tinggi, yaitu sekitar 20%. Protein yang terkandung di dalam ikan baung berfungsi menambah jumlah protein yang anda santap tetapi sekaligus dapat menjadi pelengkap mutu protein yang ada dalam menu makan anda lainnya. Dalam protein ikan baung terkandung semua asam amino esensial lisin, metionin dan leusin  dengan kadar protein yang lebih tinggi bila dibanding dengan protein pada susu dan daging. Perlu anda ketahui bahwa hampir 80% ikan tawar darat mengandung protein dengan kadar sistin dan metionin yang tinggi. Leusin berguna untuk membantu proses pertumbuhan pada anak, juga berguna untuk pembentukan dan perombakan otot. Lisin juga membantu proses pertumbuhan anak.

2. Rendah Lemak
Lemak yang terdapat pada ikan baung adalah lemak dengan sifat yang sederhana, yaitu trigliserida yang netral. Lemak yang rendah ini banyak terdapat di bagian perut, terutama pada tubuh ikan bagian sebelah bawah serta yang terdapat di dalam hati ikan. Terdapat juga lemak yang bersifat komplek. Karena rendah lemak maka kolesterol secara tak langsung dapat ikut tertekan.

3. Kaya Omega 3
Berguna untuk membantu pada proses perkembangan otak janin pada ibu hamil. Juga penting untuk perkembangan fungsi penglihatan dan saraf bayi.

4. Sumber Protein Pendek
Daging ikan baung lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh dan sangat aman untuk sistem pencernaan tubuh, jika anda ingin mengkonsumsi daging yang mudah di cerna, maka ikan baung menjadi pilihan salah satunya.

Mengkonsumsi ikan sangat baik sebagai sumber protein yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan. Tak ada salahnya anda pun mencoba mengkonsumsi ikan baung sebagai pilihan menu makan anda yang kaya protein dan rendah lemak. Semoga bermanfaat. (One)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Ikan Baung bagi Kesehatan"

Posting Komentar