5 Manfaat dan Khasiat Daun Katuk Bagi Kesehatan

Bersatulah.com - 5 Manfaat dan Khasiat Daun Katuk Bagi Kesehatan. Tahukah kamu manfaat dan khasiat daun katuk bagi kesehatan tubuh. Daun katuk sering kita jumpai di pekarang rumah-rumah, daun katuk juga sangat populer sebagai daun obatv tradisional yang bermanfaat untuk memperbanak ASI ibu menyusui. Sebenarnya daun katuk tidak hanya menjadi teman baik bagi ibu menyusui melainkan sangat bermanfaat untuk berbagai masalah kesehatan lainnya. Yang sering kita lakukan memasak daun katuk dengan cara dibuat kuah bening, dan rasanya sangat lezat dan paling enak disantap pada siang hari, dengan suasana yang panas akan sangat segar sekali kita menyantap bening dari daun katuk, selain enak rasanya harumnyapun menggugah selera makan kita. Anda bisa menanam tanaman katuk dengan mudah, bahkan sebahagian orang menjadikan tanaman katuk sebagai tanaman pagar. Daripada ada lahan kosong disekitar rumah anda maka manfaatkanlah untuk menanam daun katuk selain mudah tumbuh juga tidak susah untuk menanamnya.

 
5 Manfaat dan Khasiat Daun Katuk Bagi Kesehatan

Lantas mengapa daun katuk sangat bermanfaat untuk kesehatan? Sebuah peneliti telah meneliti tentang manfaat yang terdapat pada daun katuk, ternyata di dalam daun ini mengandung banyak sekali zat gizi dan nutrisi penting didalamnya. Adapun kandungan dalam daun katuk adalah kalori, protein, karbohidrat, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C.

Selain itu daun katuk juga mengandung tanin, saponin, flavonoid, dan alkaloid papaverin sehingga bahan ini sangat bagus untuk kesehatan. Dibawah ini akan di uraikan tentang manfaat luar biasa  yang terkandung pada daun katuk.

Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan


Mengandung kolagen
Tahukah kamu bahwa dalam daun katuk mengandung kolagen.? Jadi manfaat dan khasiat daun katuk yaitu sebagai pengangkut lemak tubuh, meningkatkan immune tubuh, menyehatkan gusi, meningkatkan fungsi otak, mengendalikan kolesterol dalam darah dan mampu menyembuhkan luka dengan cepat. Maka dari itu sering-sering mengkonsumsi daun katuk.

Melancarkan Asi ibu menyusui

Daun katuk dikenal sebagai daun yang sangat besar khasiatnya untuk kesehatan dan salah satunya yaitu melancarkan ASI. Caranya yaitu dengan merebus daun katuk dan mengkonsumsinya seperti mengkonsumsi sayuran, ini karena daun katuk mengandung asam seskuiterna didalamnya.

Menyehatkan mata
Apabila mata anda ingin sehat maka sering-sering mengkonsumsi daun katuk. Khasiat daun katuk selain sebagai pelancar ASI, daun katuk juga berkhasiat untuk menyehatkan mata dan menghindari mata dari berbagai masalah kesehatan seperti rabun, dan penyakit mata lainnya. Ini disebabkan dalam daun katu mengandung sejumlah vitamin A yang sangat dibutuhkan mata.

Mengatasi Anemia

Daun katuk juga dapat menyembuhkan penyakit anemia. Penyakit anemia atau kurang darah bisa di atasi dengan daun katuk. Kandungan zat besi sangat banyak dalam daun katuk, dalam 100 grm daun katuk terdapat 2,7 miligram zat besi, sementara kalsium dalam daun katuk lebih banyak 4 kali ketimbang kalsium dalam daun kol.

Mengandung klorofil

Manfaat daun katuk selanjutnya bagi kesehatan adalah untuk menjaga jaringan tubuh, karena mengandung klorofil didalamnya. Klorofil bermanfaat untuk membersihkan jaringan tubuh, mengatasi parasite, bakteri, virus dan sebagai tempat pembuangan sisa metabolisme tubuh. Dalam daun katuk jumlah klorofil adalah yang terbanyak ketimbang dalam daun yang lain..

Itulah tadi beberapa manfaat yang terdapatr pada daun katuk. Bagaimana, apakah anda tertarik makan daun katuk? Semoga saja manfaat daun katuk untuk kesehatan bisa diketahui banyak orang dan mulai membudidaya tanaman obat-obatan keluarga, sehingga hidup sehat menjadi hal yang mudah.

(Maz Aga)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat dan Khasiat Daun Katuk Bagi Kesehatan"

Posting Komentar