10 Tips Tidur Nyenyak Untuk Hidup Sehat

Bersatulah.com - 10  Tips Tidur Nyenyak Untuk Hidup Sehat, Banyak dari kita ingin hidup sehat namun tidak memperhatikan pola tidur kita. Tidur adalah kegiatan rutin yang harus kita lakukan dal setiap hari. Tidurlah kamu walaupun hanya 3-4 jam perhari, dengan kamu tidur maka latih dan capek yang anda rasakan dalam menjalankan kegiatan seharian tadi akan hilang.

Memperoleh tidur yang cukup sangatlah penting bagi kita semua karena jika anda selalu mendapatkan jam tidur yang kurang, akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan anda. Penelitian mengatakan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan masalah pada jantung dan bahkan membuat tubuh anda rentan terkena penyakit, penurunan berat badan anda, lesuh (tidak bersemangat),  Kebanyakan orang mengetahui bahwa tidur sangatlah penting, namun demikian mereka justru semakin hari semakin mendapatkan jam tidurnya berkurang karena alasan kerjaan yang menumpuk, kebiasaan tidur larut, main game, dsb.

10  Tips Tidur Nyenyak Untuk Hidup Sehat


Inilah 10 tips agar tidur nyenyak untuk hidup sehat.

Perbanyak olah raga
Lakukanlah olahraga olahraga secara harian, minguan atau bulanan secara rutin walau sebentar saja. Dengan kita berolah raga maka urat kita akan lemas dan rileks. Dengan begitu tidurpun akan nyenyak dan sangat bermanfaat walau hanya sebentar saja.

Tidurlah secara teratur
Tentukan pada jam berapa anda akan tertudur dan bangun. Lakukanlah secara rutin dan disiplin. Sebuah penelitian mengatakan apabila anda terbiasa tidur pada waktu yang sama maka akan terbangun pada waktu yang sama juga setiap harinya.

Perbaiki pola makan.
Pola makan juga sangat berpengaruh untuk tidur yang nyenyak. Bagi anda yang menyukai makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, coklat dan makanan ringan lainya segara untuk menjauhinya karena itu tidak baik untuk tidur anda yang maksimal.

Berhentilah merokok
Orang yang suka merokok akan sulit untuk tidur dimalam hari, kebiasaan seperti inilah yang harus kita tinggalkan. Merokok juga memperburuk apnea tidur dan gangguan pernafasan lainya yang membuat tidur anda tidak maksimal.

Stop main game sebelum tidur
Kebiasan banyak orang sebelum tidur adalah main game terlebih dahulu, padahal main game sebelum tidur sangat tidak bagus untu tidur yang nyenyak maka berhentilah. Cahaya yang ditimbulkan pada layar HP atau komputer saat kita main game akan merangsang otak dan menjadi kita susah tertidur.

Tidurlah di tempat yang nyaman.
apabila anda sudah merasa tidak nyaman sebelum tidur maka tidurpun akan tidak nyenyak. Maka carilah ranjang atau tempat tidur lainya se nyaman mungkin.

Tidurlah dengan lampu yang mati
Dengan suasana yang gelap akan lebih memepercepat tidur anada. Sebuah penelitian mengatakan cahaya kecil saja dari ponsel anda akan menggu tidur anda karena mata dapat merangsang cahaya yang ada dsekitar kita.

Stop minum alkohol.
Meminum alkohol mempunyai efek yang dapat menggangu tidur anda dalam jangka waktu yang lama.

Demikianlah tips untuk tidur anda agar hidup nyenyak dan sehat. Silahkan mencoba untuk melakukannya. Kalau anda tidak mau mencoba, selamanya anda tidak akan pernah tau. Terimaksih.

(Maz Aga)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tips Tidur Nyenyak Untuk Hidup Sehat"

Posting Komentar