Rahasia Sehat di Balik Mentimun


Bersatulah.com - Rahasia Sehat di Balik Mentimun, Mentimun  merupakan salah satu jenis sayur yang masuk dalam keluarga cucurbitaceae, diantaranya, semangka, melon, labu dll. Tanaman yang berasal dari daratan utara benua India ini dipercaya menjadi salah satu tanaman tertua yang dibudidayakan. 
Di Indoneisia sendiri mentimun menjadi kudapan wajib bagi beberapa kalangan. Sebab, dilihat dari iklim Indonesia yang beriklim tropis. Masyarakat Indonesia butuh asupan makanan yang mengandung air cukup banyak. Mentimun menjadi salah satu sayuran yang memiliki kandungan air mencapai 95 persen. Tak khayal eksistensi mentimun sampai saat ini masih terjaga sebagai lalapan favorit.


Rahasia Sehat di Balik Mentimun,



Rahasia Gizi Mentimun

Kandungan 95% air di dalam mentimun secara alamiah, mentimun memiliki kandunga kalori, lemak, kolesterol dan sodium yang rendah. Dalam bobot (119 gram) yang setara dengan tiga buah mentimun ini mengadung, 115 gram air, 16 kalori, 2,9 gram karbohidrat, 0,2 lemak nabati, dan 1,8 gram gula.
Tiga buah mentimun yang dikonsumsi secara teratur, ternyata juga dapat memenuhi kebutuhan zat yang dibutuhkan tubuh setiap harinya, seperti 11%vitamin K, 4% vitamin C, 2% vitamin A, kalium, magnesium, fosfor, zat besi, thiamin, dan pantotenat.


Rahasia Mentimun bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat mentimun sebenarnya sudah dapat kita lihat dari kandungan gizinya. Mengonsumsi mentimun dapat memenuhi asupan gizi bagi tubuh. Asupan gizi yang penting di atas dapat berdampak pada kesehatan diantaranya,


a. Menjaga Otak

Kandungan flavanol-fisetin yang berfungsi untuk menjaga memori jangka panjang serta dapat melindungi sel-sel syaraf pada otak. Dari sistem kerja flavanol-fisetin akan berdampak baik bagi fungsi kerja otak kita serta dapat menjaga terhadap penurunan fungsi otak karena usia.
Pada percobaan yang dilakukan, senyawa fisetin secara progresif dapat memberikan pencegahan terhadap gangguan Alzheimer.


b. Sebagai Antioksidan 

Kekayaan anti oksidan yang dimiliki oleh mentimun memang sudah tidak dapat diragukan lagi diantaranya, flavonoid, quercetin, apigenin, luteolin, kaempfrerol, vitamin C dan beta karotin.
Antioksidan ini dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan dapat menurunkan tekanan jantung.


c. Sumber Asupan Air 

Mentimun yang memiliki 95% kandungan air dapat menjaga tubuh agar tetap segar dalam beraktifitas. Dapat menghindarkan dari dehidrasi yang berlebihan akibat aktifitas yang berat. Serta kandungan air yang pada mentimun ini dapat menjadi anti toksin dalam tubuh.


d. Menjaga Kestabulan Jantung

Kandungan magnesiun dan serat yang berfungsi sebagai kontrol tekanan jantung. Hal ini baik bagi penderita tekanan darah tinggi maupun darah rendah. Sebab, kandungan magnesium ini yang yang sangan dibutuhkan bagi jantung untuk menstabilkan denyut jantung.


e. Sebagai Solusi Diet Sehat

Kalori yang rendah, ditambah dengan kandungan gizi melimpah menjadikan mentimun menjadi salah satu rekomendasi diet sehat. Kaya serat, sifat yang dapat larut dalam tubuh yang membentuk gel, sehingga dapat membantu proses pencernaan. Serta rasa kenyang yang tahan lama menjadikan mentimun sebagai pilihan diet yang sehat.


f. Membantu Menyembuhkan Gejala Asam Urat dan Rematik

Beberapa komposisi gizi pada mentimun seperti, vitamin A, B, folat, kalium dan magnesium yang kemudian jika dicampur dengan jus wortel, mampu meredakan nyeri asteris dan kadar asam urat dalam tubuh menurun.


g. Mennyehatkan Gigi dan Gusi

Mengunyah mentimun akan membantu kelenjar air liur untuk memproduksi air liur lebih bnnyak. Dengan produksi air liur yang banyak maka, zat asam dan bakteri yang terdapat di dalam rongga mulut akan ditekan. Sehinnga pembengkakan Gusi serta penyakit gusi lain seperti pyorrea secara efektif akan terobati dengan mentimun.


Tubuh merupakan aset berharga yang dimiliki setiap manusia. Dibalik itu tubuh juga memiliki hak yang harus dipenuhi kebutuhan setiap hari. Dari mentimun mari kita jaga tubuh agar tetap sehat.

.R_A


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rahasia Sehat di Balik Mentimun"

Posting Komentar