Udang, Penguasa Perairan Tawarkan Nutrisi

Bersatulah.com - Udang, Penguasa Perairan Tawarkan Nitrisi. Udang merupakan hewan bercangkang lunak yang telah merajai perairan sejak lama. Populasi mereka  berada di sungai, laut, atau danau. Kita dapat menemukan si cangkang lunak ini di hampir semua genangan air yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin dengan kedalaman yang berfariatif, dari yang berada dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. 

Udang, Penguasa Perairan Tawarkan Nutrisi


Dibalik popolasinya yang banyak, udang juga menawarkan nutrisi yang baik bagi tubuh manusia. Mari kita tengok lebih jauh keberadaan nutrisi dibalik cangkangnya yang lunak ini.

Manfaat Konsumsi Udang

Udang merupakan nutrisi hewani dengan protein yang padat serta sangat rendah lemak. Kolesterol yang terkandung dalam udang sangat dibutuhkan untuk keseimbangan homocysteine bagi Anda yang aktif berolahraga. Homocysteine pada dasarnya adalah keseimbangan hormon yang dibutuhkan untuk pertumbuhan setiap sel tubuh, terutama sel pada otot.

Di dalam tubuh udang juga terdapat anti oksidan yang tinggi, yaitu selenium yang dapat melindungi risiko kebotakan dan kanker. Pengobatan Cina sudah mengenal lama penggunaan udang untuk mengobati darah rendah, meningkatkan kesuburan dan kekuatan tulang. Semua ini karena kandungan vitamin B12 dan vitamin D nya tinggi.

Terakhir udang mengandung asam lemak omega-3 yang punya manfaat sangat banyak. Mulai dari membuat awet muda dengan vitamin D yang menjaga kekencangan kulit, melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas, mencegah terjadinya darah yang menggumpal, anti-radang, dan oksidasi koresterol jahat yang merupakan penyebab utama dari penyakit jantung.

Khasanah Nutrisi pada Udang

 Protein yang terkandung dalam udang sangat komplit pritein, karena kadar asam amino yang tinggi, berprofil lengkap dan sekitar 85-95 persennya mudah dicerna tubuh. Dari 100 gram udang mentah,  mengandung 20,3 gram protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41 %. Profil asam amino udang (per 100 gram) berturut-turut yang termasuk tinggi,
asam gulamat (3465 mg), 
asam aspartat (2100 mg), 
arginine (1775 mg), 
lysine (1768 mg), 
leucine (1612 mg), 
glycine (1225 mg), 
isoleucine (985 mg), dan 
valine (956 mg). 
Artinya, udang sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang membutuhkan protein untuk membentuk otot.

Udang memiliki energi kalori rendah, hanya 106 kalori per 100 gr udang, menjadikannya sebagai penganan diet yang sangat baik. Udang juga hanya mengandung sedikit asam lemak jenuh. Bahkan seperti halnya makanan laut lain, kadar asam lemak sehat pada udang justru sangat tinggi yaitu Omega-3 dan Omega-6 masing-masing mencapai 540 mg dan 28 mg per 100 gr udang segar.

Namun memang kandungan kolsterol pada udang cukup tinggi, 152 mg setiap 100 gr udang segar. Hampir sama seperti tuna dan makanan laut lain. Tapi, segala manfaat nutrisi udang akan mengalahkan efek-efek negatifnya. Asam lemak esensial yang dikandung dalam tubuh udang mampu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) serta menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida dalam darah sehingga baik bagi kesehatan kardiovaskular.

Berbagai vitamin baik yang penting untuk pemenuhan vitamin harian adalah vitamin D (38%), vitamin B12 (19%), Niacin (13%), vitamin E (5%), vitamin B6 (5%), vitamin A (4%), vitamin C (3%), dan lain-lain.

Udang juga mengandung kekayaan mineral. Mneral dari bahan makanan laut lebih mudah diserap tubuh dibandingkan makanan sereal, walaupun terbuat dari gandun dan kacang-kacangan. Mineral selenium dalam 100 gram udang segar cukup untuk memenuhi 54% kebutuhan harian, disusul fosfor (20%), zat besi, magnesium (9%), zinc (7%), sodium (6%), potassium dan kalsium (masing-masing 5%), serta berbagai mineral penting lainnya.

Penawaran super oleh udang mengenai keberadaan nutrisi dalam tubuhnya sudah tidak dapat kita ragukan lagi. Sudah seharusnya bagi kita yang sadar akan kesehatan dan kebugaran tubuh untuk menyakbut dengan baik. (Kima_)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Udang, Penguasa Perairan Tawarkan Nutrisi"

Posting Komentar