Waspada! Dampak Buruk Tidur Dipagi Hari

Bersatulah.com - Waspada! Dampak buruk tidur dipagi hari, tahukah anda dampak buruk tidur di pagi hari bagi kesahatan? Kebiasaan buruk tidur dipagi hari ternyata sangat merugikan bagi kesehatan. Kita tahu bahwa pagi hari merupakan waktu yang sangat baik untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, karenanya harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Namun sayangnya, masih ada sebagian  orang yang melalaikan waktu di pagi hari hanya sekedar untuk memperpanjang tidur. Waktu yang seharusnya digunakan dan dimanfaatkan ternyata hanya habis digunakan untuk tidur dan bermalas-malasan di pagi hari.


Perlu diketahui, orang-orang saleh pada masa dahulu sangat membenci tidur pagi hari. Sebagaimana Ibnu Qayyim mengatakan, orang yang banyak tidur dapat mematikan hati dan membuat badan merasa malas serta membuang-buang waktu yang sangat sia-sia. Sangat disayangkan bagi anda yang memiliki kebiasaan tidur dengan jumlah waktu yang berlebih. Maka  saya sarankan jauhilah tidur dipagi hari.

Namun sebaliknya, waktu tidur yang paling bermanfaat adalah saat kita sangat membutuhkannya, yaitu lebih baik tidur di awal malam daripada di akhir malam. Maksudnya tidur awal waktu lebih baik dari pada diakhir malam menjelang subuh. Selanjutnya bisa tidur di pertengahan siang daripada di waktu pagi dan sore, jangan sampai terbalik, itu sangat merugikan sekali. Terlebih tidur di waktu pagi dan sore sangat sedikit manfaatnya, bahkan lebih banyak bahaya yang ditimbulkan, terutama tidur di waktu ashar dan awal pagi. Kecuali jika memang tidak tidur sepanjang malam sebelumnya.
Menurut para kaum salaf, tidur yang terlarang adalah tidur ketika selesai shalat shubuh hingga matahari terbit, jangan bilang anda memiki kebiasaan itu. Ini karena pada waktu tersebut adalah saat untuk menuai ghanimah atau pahala yang berlimpah. Maka mengisi waktu tersebut mempunyai keutamaan yang sangat besar bukan hanya sekedar untuk tidur saja sob. 

Lalu, seperti apakah dampak buruk tidur di waktu pagi? Ini dia jawabannya: tidak termasuk akhlak dan kebiasaan para salafush shalih (generasi terbaik umat). Bahkan, merupakan perbuatan yang dibenci. Lalu, tidak mendapatkan barokah di dalam waktu dan amalannya, menyebabkan malas dan tidak bersemangat di sisa harinya. Pagi hari bagi sesungguhnya ibaratnya waktu muda, dan akhir harinya ibarat waktu tuanya. Amalan seseorang di masa muda berpengaruh terhadap amalannya di masa tua. Jadi, jika seseorang di awal pagi sudah bermalas-malasan dengan sering tidur yang amat berlebihan, maka di sore harinya pasti dia akan bermalas-malasan pula.

Tak ketinggalan, dampak buruk tidur di waktu pagi adalah terhambatnya rizki dating kepada kita. Menurut Ibnu Qayyim, empat hal yang menghambat datangnya rizki adalah suka berkhianat, orang yang malas shalat, bermalas-malasan, dan tidur di waktu pagi. Bahkan, dampak buruk tidur di pagi hari dapat menyebabkan berbagai penyakit badan, di antaranya adalah melemahkan syahwat. Mau dibuktikan? Sebaiknya tidak ya.

Itulah sebabnya kenapa tidur di pagi hari itu dilarang, karna memang tidak ada manfaatnya sobat. Kecuali memang anda  malamnya tidak tidur dengan sebab-sebab tertentu, karna sakit dan sebagainya. Namun sebaiknya jangan berlebiahan apa lagi sampai menjadi kebiasaan. Lagi pula pagi hari merupakan waktu yang terbaik untuk kita melakukan segala aktivitas  sangat sayang sekali jika hanya digunakan untuk tidur tanpa melakukan apapun.   

Demikian sedikit sharing dampak buruk tidur dipagi hari semoga ini bisa membantu kita bagi orang yang memiliki kebiasaan tidur diwaktu tersebut, semoga dapat bermanfaat. (one)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada! Dampak Buruk Tidur Dipagi Hari"

Posting Komentar