Sayuran Pahit, Kaya Manfaat dan Sehat

Bersatulah.com -  Sayuran Pahit, Kaya Manfaat dan Sehat, Momordica charantina atau yang sering kita kenal dengan nama pare. Buah yang berwarna hijau ini mempunyai rasa yang pahit namun kaya akan manfaat hingga banyak orang yang menggemari buah ini. Ada cara tersendiri untuk memasak sayuran ini supaya tidak terasa pahit. Jangan langsung masak pare setelah di potong-potong. Taburi garam secukupnya pada pare yang dipotong-potong tadi, remas hingga layu dan berair setelah itu diamkan selama 15 menit. Cuci kembali pare yang telah anda remas-remas tadi dengan air bersih, setelah benar-benar bersih barulah anda memasaknya maka rasa pahit pare tersebut akan hilang. Memasak sayur pare akan tersa lebih nikmat apabila ditumis bersama tahu atau tempe. Tak jarang juga kita jumpai makanan berbahan dasar pare, seperti siomay.
 
 Sayuran Pahit, Kaya Manfaat dan Sehat

Sayuran pahit namaun kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Vitamin B1, Vitamin K, likopen, fitokimia, serta anti oksidan yang terkandung dalam pare baik untuk kita konsumsi. Dalam tradisi masyarakat Indonesia, buah pare seing dikonsumsi karena dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI, menambah nafsu makan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Tahukah kamu bahwa sayuran pare tidak baik untuk ibu yang sedang hamil.? Kandungan kina pada pare dapat merangsang penyusutan rahim yang bisa mengakibatkan keguguran. Jadi, bagi anda yang sedang hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran ini.

Manfaat buah pare untuk kesehatan.

Program Diet.
Makan sayuran pare bagus untuk anda yang akan melakukan diet. Makanlah secara rutin setiap hari hingga satu minggu maka berat badan akan turun.

Melancarkan Pencernaan
Pahit memang, dibalik itu terdapat kandungan enzim yang terdapat dalam perut serta menjaga gerak lurus usus sampai makanan dikeluarkan. Dengan demikian makan pare dapat melancarkan pencernaan.

Mengontrol kolesterol
Dengan kita banyak makan sayuran pare maka bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Mengkonsumsi buah pare juga dapat menghilangkan lemak dalam tubuh sehingga bermanfaat untuk membantu program diet anda.

Membersihkan Darah
Rasa pahit yang terdapat pada pare dihasilkan oleh senyawa yang disebut cucurbitacins. Pare juga bisa dijakan jus yang kaya akan manfaat diantaranya membantu membersihkan darah dan mengobati gatal-gatal akibat darah kotor. Agar khasiatnya lebih terasa, konsumsi jus pare secara rutin pada pagi hari dalam keadaan perut kosong.

Mengobati Asma
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of colorado, di amerika serikat, ditemukan bahwa makanan pahit seperti pare dapat merangsang indra pengecap yang berada disaluran pernapasan. Dengan demikian membuat saluran pernafasan menjadi lebar sehingga aliran udara menjadi lebih baik dan sangat berguna bagi penderita asma.

Makan pare meningkatkan kecantikan
Kandungan vitamin A, B, C, asam amion, kalsium dan beta-karoten. beta karoten selain menjaga kesehatan mata juga dapat membantu mengatasi jerawat. kandungan vitamin C pada buah pare mampu menjaga kecantikan kulit dan menjaganya akibat sinar ultra violet. Bisa juga ampas dari jus pare membantu menghaluskan kulit anda dengan cara ampasnya kita tempelkan di wajah kita.

Demikianlah beberapa manfaat yang terkandung pada sayuran pare yang pahit namun banyak sekali khasiat yang membantu menjaga kesehatan kita. Selamat untuk mengkonsumsinya.

(Maz Aga)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to " Sayuran Pahit, Kaya Manfaat dan Sehat"

  1. Thank infonya, beramnfaat kunjungi blog kesehatan saya ya > makinsehatceria.blogspot.co.id

    BalasHapus