Penting! Pertolongan Pertama pada Luka Bakar

Bersatulah.com - Pertolongan Pertama pada Luka Bakar, Beberapa orang di antara kita barangkali pernah mengalami luka bakar. Apakah itu luka bakar ringan atau berat. Luka bakar dari tetesan plastik, tersiram air panas, atau tersengat listrik. Atau barangkali Anda sendiri pernah mengalaminya.
Pertolongan Pertama pada Luka Bakar


Untuk memberikan pertolongan pertama pada penderita luka bakar, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini.
..

1.    Alirkan air pada luka. Hasil penelitian menyebutkan, mengalirkan air pada luka bakar selama 20 menit mampu membantu percepatan pembentukan jaringan di lokasi luka bakar. Hal ini juga berguna untuk mengurangi rasa sakit dan trauma pada kulit. Air mengalir ini juga dapat mengurangi jaringan luka bakar.

2.    Tutup luka bakar dengan perban steril. Setelah dialiri air, luka bakar harus ditutup dengan perban yang steril. Hal ini berguna untuk mencegah infeksi pada jaringan kulit.

3.    Melepas benda-benda yang masih dikenakan disekeliling atau pada luka bakar. Hal ini jika tidak dilakukan, dikhawatirkan benda-benda tersebut akan menempel pada luka bakar. Maka, benda-benda tersebut harus segera dilepas.

4.     Oleskan lendir tanaman lidah buaya. Lendir lidah buaya digunkan untuk meredakan rasa nyeri dan perih pada luka bakar.

5.    Mengonsumsi ekstrak teripang laut. Teripang mampu meregenerasi sel dengan baik. Hal ini sangat berguna dalam mempercepat penyembuhan luka bakar.

6.    Oleskan putih telur. Putih telur berguna untuk menghilangkan rasa panas akibat luka bakar. Anda perlu beberapa kali melakukan hal ini. Kemudian biarkan hingga kering.

7.    Tempelkan tomat. Bahan alami yang terkandung dalam tomat dapat membantu penyembuhan luka bakar. Potong tomat menjadi dua bagian. Kemudian tempelkan bagian dalam tomat pada luka.

8.    Kunyit untuk menyerap rasa sakit. Kunyit dapat menyerap rasa sakit bebeapa luka, termasuk luka bakar. Anda dapat menempelkan kunyit pada luka. Sebelumnya haluskan kunyit kemudian tempelkan. Tunggu hingga kering kemudian bilas. Lakukan hal ini beberapa kali.

jika Anda atau orang disekeliling Anda mengalami luka bakar, Anda dapat melakukan beberapa tersebut. (Alin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penting! Pertolongan Pertama pada Luka Bakar"

Posting Komentar