Anda tau kacang bogor? Ini manfaatnya

Bersatulah.com - Anda tau kacang bogor?  Ini manfaatnya. Anda tau kacang bogor? mungkin anda akan sedikit bingung jika ada pertanyaan seperti ini?.. tak banyak orang yang tau tentang jenis kacang yang satu ini. Kacang bogor yang memiliki nama latin vigna subterranea, masih tergolong jenis kacang-kacangan yang juga termasuk dalam klasifikasi jenis kerajaan plantea dan banyak tumbuh di daerah bogor, maka tidak heran jika disebut sebagai kacang bogor. Selain itu juga banyak para pedang camilan dan makanan ringan lainnya menjajakan di daerah bogor. Namun bukan berarti kacang ini berasal kari bogor. Kacang bogor banyak ditemukan diwilayah afrika, maka diduga kuat kacang ini berasal dari afrika yang juga banyak tersebar luas hingga ke Indonesia.



Cara pembudidayaan kacang bogor pun hampir sama dengan kacang tanah, membutuhkan iklim dan media yang sama karena masih merupakan rumpun dari salah satu jenis kacang-kacangan. Nah yang perlu kita ketahui adalah apa sebenarnya manfaat kacang bogor ini bagi kesehatan. Namun sebelum itu anda perlu tahu dulu seperti apa kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam kacang bogor. Berdasarkan hasil penelitian di dalam kacang bogor mengandung energi sebesar 370 kilokalori, protein 16 gram, lemak 6 gram, karbohidrat 65 gram, kalsium 85 miligram, fosfor 264 miligram, dan zat besi 4 miligram.  Selain itu juga di dalam Kacang Bogor terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,18 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Beberapa kandungan yang disebutkan memiliki manfaat dan kegunaan yang sangat baik dalam membantu proses metabolism di dalam tubuh.

Selain itu, berikut ini beberapa manfaat yang terdapat dalam kacang bogor dan sangat baik bagi kesehatan diantaranya :
  1. Sangat baik untuk menjaga berat badan agar tetap proporsional,  karena kandungan lemak yang terdapat dalam kacang bogor ini sangat kecil. Hanya separuh dari kacang tanah dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan camilan sehari-hari.
  2. Kacang bogor memiliki protein yang cukup tinggi, sehingga sangat baik baik dalam membantu kinerja otak  dan mencerdaskan otak seseorang.  Kacang bogor Sangat baik jika dikonsumsi oleh anak-anak yang masih dalam tahap belajar atau sekolah karena akan memacu dan memaksimalkan kinerja otak sang anak.
  3. Kacang tanah juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi.  Karbohidrat merupakan elemen penting sebagai sumber tenaga yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tetap normal dan mampu menjalani aktivitas sehari.
  4. Kacang bogor sangat baik dan bagus dijadikan salah satu menu bagi seseorang yang sedang memiliki program penurunan berat badan (diet) karena kacang bogor mengandung lemak tak jenuh.
  5. Kacang bogor juga mampu menjegah dan menunda proses penuaan jika dikonsumsi secara rutin, karena dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kulit mati pada seseorang.
Demikian beberapa manfaat dari kacang bogor yang dapat kami sampaikan, tentu masih banyak manfaat lain yang belum dapat kami uraikan dalam kesempatan ini. Setidaknya dari apa yang sudah diuraikan dapat membantu anda mengetahui manfaat kacang bogor bagi kesehatan dan juga berguna bagi orang lain. Semoga bermanfaat (one)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anda tau kacang bogor? Ini manfaatnya"

Posting Komentar