Sebab dan Cara Mengatasi Mimisan

Bersatulah.com - Sebab dan Cara Mengatasi Mimisan, Anda tentu tahu mimisan atau dalam dunia medis lebih dikenal dengan epistaksis. Mimisan adalah perdarahan dari dalam hidung. Perdarahan ini dibagi menjadi dua, perdarahan anterior dan perdarhan posterior. Mimisan yang biasa Anda alami dapat disebabkan beberapa faktor berikut: trauma, benda asing masuk ke dalam hidung, infeksi, tekanan udara, kelainan sistem darah atau kekurangan vitamin C dan K.


Sebab dan Cara Mengatasi Mimisan

Hindari menggosok-gosok hidung dengan keras. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya trauma ringan pada pembuluh darah, sehingga terjadi ruptur (cidera) dan perdarahan. Keadaan hidung kering yang diakibatkan oleh sistem pemanasan dan kelembapan yang kurang, mengakibatkan membran hidung jadi kering dan retak. Nah, ini menyebabkan permukaannya berdarah. Anda sudah tahu apa penyebab terjadinya mimisan. Anda perlu mencegah atau menghindari faktor-faktor penyebab mimisan tersbut.
Menurut dr. Rizki Azaria, T & F Consultant, Department of Health, memaparkan dalam majalah Kuntum pertolongan pertama yang dapat dilakukan apabila Anda atau orang di sekitar Anda mengalami mimisan.

1.    Tenangkan penderita. Memang tidak mudah menenangkan seseorang dalam keadaan seperti ini. Apalagi jika ini adalah pengalaman pertama orang tersebut. Jika penderita khawatir perdarahan yang terjadi akan bertambah semakin hebat, yang bisa Anda lakukan adalah menyumbat hidung dengan kapas kemudian menjepit cuping hidung selama kurang lebih 10 menit.

2.    Penderita sebaiknya duduk tegak. Hal ini dilakukan agar tekanan pada pembuluh darah berkurang dan mudah untuk membatukkan darah dari tenggorokan, kemudian gunakan apron plastik serta pegang wadah berbentuk ginjal untuk melindungi pemakainya.

3.    Kompres dingin pada daerah tengkuk leher dan pangkal hidung.

4.    Anda dapat memberikan minum air mineral pada pertolongan pertam. 

5.    Apabila dari keempat cara tersebut belum dapat menghentikan darah yang keluar, Anda harus membawa penderita ke dokter. 

Untuk mencegah terjadinya mimisan,Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut: hindari cuaca panas dan kering, makanan yang pedas dan panas, bernafas dengan mulut terbuka. Memang beberapa kasus yang terjadi, mimisan dapat sembuh secara spontan tanpa pengobatan. Setelah pemaparan ini, jangan khawatir jika Anda atau orang disekeliling Anda mengalami mimisan. (Alin)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebab dan Cara Mengatasi Mimisan"

Posting Komentar