Si Merah Sahabat Tubuh Prima Anda

Bersatulah.com-Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk hidup tetap sehat. Jika Anda adalah vegetarian, cobalah mulai mengonsumsi kol merah. Kol merah memiliki banyak gizi dan manfaat. Warna merah pada daunnya disebabkan oleh zat anthocyanin. Kol merah lebih kaya gizi dibandingkan dengan kol hijau atau kol putih saudaranya itu.

Si Merah  Sahabat Tubuh Prima Anda


Kol merah atau red cabbage  yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia ini, meski tak sepopuler kol putih, memiliki banyak kandungan gizi, mineral, dan kaya akan serat. Kol merah juga rendah lemak dan kolesterol. Berikut manfaat kol merah untuk solusi menjaga tubuh Anda tetap prima.

Mencegah Kanker
Kandungan cruciferous-nya yang terdapat zat glucosinates di dalam kol merah mampu mencegah penyakit kanker yang terkenal sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Selain itu, anthocyanin di dalam kol merah, yaitu antioksidan flavonoid, sangat bermanfaat untuk mencegah berkembangnya sel-sel kanker. Dibandingkan vitamin C, flavonoid antosianin kol merah dipercaya memiliki dua kali lipat efek antioksidan. Kol merah juga kaya dengan indoles. Indoles bermanfaat untuk mencegah perkembangan sel tumor.

Mencegah Osteoporosis
Kalsium yang terkandung di dalam kol merah sangat banyak. Kalsium sangat dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Jika tidak ingin mengalami osteoporosis diusia senja, sejak muda mulailah mengonsumsi makanan yang kaya dengan kalsium, salah satunya adalah kol merah.

Mengobati Luka Lambung
Kol merah mengandung banyak asam amino dan glutamin. Asam amino dan glutamin dapat menyembuhkan luka pada lambung. Cara mengonsumsinya dapat dengan cara dijus.

Mencegah Penuaan Dini
Tinggi vitamin C dan E yang berfungsi sebagai antioksidan, membuat mengonsumsi kol merah secara rutin sangat baik untuk kesehatan kulit. Tanda-tanda penuaan dini dapat dicegah dengan antioksidan.

Mata dan Kulit Sehat
Untuk menjaga mata tetap sehat, perlu asupan vitamin A yang cukup. Anda dapat mengonsumsi sayuran berwarna merah ini untuk memenuhinya. Vitamin A juga sangat berguna untuk melembabkan kulit.

Melancarkan Pencernaan
Kol merah mengandung banyak mineral, terutama sulfur. Sulfur sangat dibutuhkan untuk membersihkan perut. Kol merah juga dapat mencegah gangguan pencernaan jika dikonsumsi mentah sebagai salad. Selain itu, kol merah juga kaya akan serat. Serat juga akan membantu memperlancar pencernaan.

Mendukung Fungsi Syaraf dan Otak
Kol merah kaya yodium yang mendukung peningkatan fungsi otak dan syaraf dengan baik. Yodium juga akan mendukungberfungsinya kelenjar endokrin.

Mencegah Peradangan Jantung dan Menormalkan Tekanan Darah
Tingginya Vitamin C di dalam kol merah dan senyawa antioksidan lainnya mencegah perdangan pada jantung dan tersumbatnya arteri. Selain itu, kalium yang terdapat pada kol merah mampu menjaga tekanan darah, yang pada akhirnya baik untuk kesehatan jantung.


Dengan banyak kandungan gizi dan manfaat yang terkandung di dalam kol merah, Anda dapat menjadikan kol merah sebagai sahabat setia tubuh prima Anda. (Alin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Si Merah Sahabat Tubuh Prima Anda"

Posting Komentar