Buah Mengkudu dengan Sejuta Kelebihannya

Bersatulah.com - Buah Mengkudu dengan Sejuta Kelebihannya, Buah yang satu ini memang tidak enak rasanya jika tidak di olah. Kebanyakan orang tidak menyukai buah ini tetapi buah ini memiliki khasiat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh kita. Tanaman ini tumbuh didaerah dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Pohon mengkudu ini dapat mencapai tinggi sampai 3-8 m dan memiliki bunga bongkol  berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk yang masih muda berwarna hijau cerah dan mempunyaai totol-totol pada bagian kulitnyaa. Ketika sudah tua buah ini berwana putih dengan bintik-bintik hitam. Buah ini sedikit jarang di jumpai karena banyak yang tidak menyukai buah ini. Tetapi sobat buah ini sangat banyak khasiatnya kandungan vitamin yang ada pada buah ini  seperti zat nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Kandungan lain dalam buah mengkudu adalah protein, vitamin dan mineral penting serta selenium yang terdapat dalam buah mengkudu merupakan zat antioksidan yang tinggi. Dan didalam buah mengkudu juga terdapat terpenoid zat ini berfungsi sebagai pemulihan sel-sel baru pada tubuh dan juga untuk membantu proses sintetis organic.

Buah mengkudu dengan Sejuta Kelebihan


Selanjutnya adalah zat anti bakteri didalam buah mengkudu terdapat zat aktif pada sari buahnya dan sangat berguna untuk mematikan bakteri yang menyebabkan infeksi seperti pseudomonas aeruginosa, protens morganii,staphylococcus aureus, escherichia coli dan bacillus subtilis. Dan zat anti bakteri yang terkandung dalam buah mengkudu juga dapat berguna sebagai pengontrol bakteri pathogen atau bakteri yang mematikan seperti S. Typhi, salmoenella montivindeo, S. Scotmuelleri. Bahkan didalam buah mengkudu juga terdapat kandungan zat anti kanker yang kandungan zat-zat anti kanker didalam buah mengkudu sangat efektif untuk melawan sel-sel abhnormal. Sungguh banyak sekali kandungan zat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita yang terdapat buah mengkudu. Adapun beberapa manfaat buah mengkudu sebagai berikut.

1.    Daya Tahan Tubuh
Buah mengkudu memiliki keseimbangan yang sempurna dari vitamin,asam amino, mineral, enzim dan peptida. Yang semua itu sangat bagus dan sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Banyak penelitian menunjukkan bahwa minum jus mengkudu dapat membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Karena buah mengkudu memiliki banyak kandungan antioksidan alami seperti vitamin E dan koenzimQ1o yang itu sangat diperlukan oleh tubuh.

2.     Mencegah Peradangan
Buah mengkudu memiliki kandungan anti inflamasi yang terdapat pada sari buah mengkudu yang bersifat anti inflamasi dan ini telah terbukti mampu mencegah terjadinya peradagan yang juga menurunkan resiko terkena serangan jantung.

3.    Mengurangi Rasa Sakit
Didalam buah mengkudu terdapat zat Analgesik. Dan buah mengkudu juga sudah dikenal dapat menghilangkan rasa sakit buah mengkudu juga dapat sebagai penyembuh rasa sakit kepala. Konon sejak dulu banyak nenek moyang kita menjadikan daun mengkudu sebagai obat tradisional. Dan daun mengkudu memiliki kandungan anaglesik sebanyak 75% yang efektif sebagai morfin sulfat yang berfungsi sebagai pengurang nyeri sendi

4.    Melawan Kuman
Kandungan seperti antrakuinon, skolopoletin dan terpana yang ada pada buah mengkudu ternyata memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, dan antiparasit yang semua itu sangat baik untuk menjaga dan memelihara tubuh kita

5.    Anti Kanker
Peneliti banyak menyatakan bahwa didalam buah mengkudu terdapat senyawa 2-methoxy-1,2,6-trihydroxyanthraquinone yang baik untuk mencegah kerusakan DNA dan mencegah kanker serta baik untuk menjaga sel-sel dalam tubuh.

6.    Mengendalikan Tekanan Dara
Kita harus sering makan buah mengkudu dalam bentuk jus karena buah segar atau suplemen sangat di anjurkan untuk mencegah terkena hipertensi yang membuat tekanan darah menjadi stabil. 

7.    Hipertensi 
Untuk mencegah atau mengobati hipertensi dapat dengan cara mengambil buah mengkudu yang telah masak di pohon nya kemudian campur dengan satu sendok madu . yang kita perlukan adalah air mengkudunya maka peras hingga keluar airnya kemudian saring untuk memisahkan air dengan seratnya setelah itu campur airnya dengan madu. Untuk hasil yang maksimal maka minumlah dua hari sekali.

(Jejen)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buah Mengkudu dengan Sejuta Kelebihannya"

Posting Komentar