Menjaga Kesehatan dengan Makan Buah Semangka

Bersatulah.com-Menjaga Kesehatan dengan Makan Buah Semangka, Anda tentu tidak asing lagi dengan buah semangka. Selain bentuknya yang menarik, memiliki ukuran yang cukup besar, warna buah yang cukup menggoda serta rasanya yang manis dan segar sangat cocok jika dikonsumsi disiang hari dengan cuaca yang cukup panas. Selain rasanya yang manis dan segar, perlu diketahui juga mengkonsumsi buah semangka dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Semangka merupakan jenis buah yang padat akan gizi, mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi, serta rendah kalori. Sangat cocok dikonsums setiap hari sebagai pelengkap kebutuhan vitamin, mineral, dan antioksidan bagi tubuh dan tentunya tidak begitu sulit didapatkan di sekitar kita.

Menjaga Kesehatan dengan Makan Buah Semangka



Kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah semangka begitu besar dalam satu cangkir potong semangka berbentuk dadu (152 gram) mengandung 43 kalori, 2 gram natrium 0 gram lemak,  11 gram karbohidrat (termasuk 9 gram gula dan 1 gram serat) dan 1 gram serat. Dalam satu cangkir semangka akan memberikan 17% vitamin A, 21% vitamin C, 2% besi dan 1% dari kebutuhan kalsium yang diperlukan tubuh dalam sehari. Dalam buah Semangka juga mengandung thiamin, riboflavin, niasin, vitamin B-6, folat, asam pantotenat, magnesium, fosfor, kalium, seng, tembaga, mangan, selenium, kolin, lycopene dan betaine juga mengandung lycopene lebih banyak dibandingkan buah atau sayuran lainnya.
Penelitian telah menunjukan banyak mengkonsumsi makan nabati seperti buah semangka akan dapat menurunkan resiko penyakit obesitas, juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh seperti kulit, rambut  meningkatkan energi serta menjaga berat badan agar tetap prosorsional.  berikut ulasan singkat manfaat mengkonsumsi buah semangka dapat menjaga kesehatan tubuh kita :

Menjegah penyakit asma
Salah satu penyebah penyakit asma ditengarai  dari kekurangan nutrisi.  Maka resiko mengembangkan penyakit asma diketahui lebih rendah pada seseorang yang mengkonsumsi sejumlah nutrisi tertentu. Diantara salah satunya nutrisi  vitamin c yang ditemukan dalam banyak buah-buahan dan sayuran. Salah satunya terdapat pada buah semangka.

Mengurangi Tekan darah
Dalam Sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Hypertension menemukan bahwa suplementasi ekstrak pada buah semangka mengurangi tekanan darah pada pergelangan kaki, tekanan darah brakialis dan refleksi gelombang karotis pada orang gemuk dewasa dengan prehipertensi atau hipertensi stadium 1. Ekstrak pada buah semangka juga meningkatkan fungsi arteri. Makanan kaya lycopene seperti semangka juga dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung.

Melancarkan Pencernaan
Buah semangka adalah sejenis buah yang mengandung banyak air dan serat yang dapat membantu mencegah sembelit dan membantu melancarkan saluran pencernaan agar lebih baik.

Mengurangi dehidrasi
Mengkonsumsi buah semangka mampu mengurangi resiko dehidrasi tubuh  pada saat cuaca panas, karna dalam buah semangka terdapat 92 % air  yang penuh dengan elekton penting.

Mengcegah terjadinya peradangan
Di dalam buah semangka terdapat nutrisi (kolin) yang sangat penting dan serbaguna membantu tubuh kita saat tidur, gerak otot, belajar dan daya ingat. Nutrisi ini  juga membantu mempertahankan struktur membran sel yang membantu terhadap trasmisi impuls saraf, penyerapan lemak dan mengurangi terjadinya peradangan.

Mengurangi nyeri otot
Mengkonsumsi buah semangka telah terbukti dapat mengurangi nyeri otot dan mampu meningkatkan waktu pemulihan pada atlit setelah berolahraga. Hal ini disebabkan terdapatnya  asam amino L-citruline yang terkandung pada buah semangka.

Menjaga kesehatan kulit
Buah semangka juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit karna buah ini mengandung vitamin A, sebuah nutrisi yang dibutuhkan  untuk memproduksi sebum  yang diperlukan untuk pertumbuhan jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.  Mengkonsumsi buah Semangka juga berkontribusi terhadap hidrasi secara keseluruhan yang sangat penting untuk menjaga kulit dan rambut tetap sehat.

Mecegah penyakit kanker
Mengkonsumsi buah semangka dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Beberapa peneliti mengatakan asupan lycopene telah dikaitkan dengan penurunan resiko kanker prostat pada seseorang.

Begitu besar manfaat mengkonsumsi buah semangka yang dapat menjaga kesehatan. Apa salahnya bagi anda untuk mencobanya selain buahnya yang menarik juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat. (one)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menjaga Kesehatan dengan Makan Buah Semangka"

Posting Komentar