Hidup Sehat Konsumsi Kacang Merah

Bersatulah.com - Hidup Sehat Konsumsi Kacang Merah, Kacang merah merupakan makanan yang tinggi akat kandungan serat. Jenis kacang ini kini marak diperdagangkan dan dikonsumsi. Lain dengan dengan jenis kacang pada umumnya, seperti kacang kedelai yang olahan sudah banyak yaitu tempe, tahu sampai susu kedelai. tumbuhan jenis polong-polongan ini biasanya dijadikan campuran dibeberapa menu makanan contohnya sebagai bahan campuran sup, es, dan kudapan lainnya. Sebab, masyarakat kini telah megetahui manfaat apa yang menjadikan kacang merah ini perlu dikonsumsi. Untuk itu kita dapat mengenal lebih jauh mengenai si kecil merah ini.




Kandungan Gizi Kacang Merah
Kacang merah memiliki khasanah gizi yang membangun kesehatan tubuh. Kandungan asam folat, kalsium, karbohidrat dan berprotein menjadikan manfaat kacang merah sangat diperlukan tubuh. Karbohidrat kompleks dan kadar serat yang melimpah yang berfungsi sebagai penurun kolesterol dalam tubuh. Kadar glikemik pada kacang merah juga menekan masalah gejala penyakit diabetes yang sering terjadi.

Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan
Beberapa nutrisi di dalam kacang merah memberikan deretan manfaat bagi kesehatan tubuh.

a. Kaya Antioksidan
Kacang merah menempati peringkat teratas mengenai makanan yang mengandung antioksidan. Peneliti Departemen Pertanian Amerika Serikat  melakukan survei pada 100 makanan yang berbeda. Hasil yang cukup mencengangkan bahwa kandungan antioksidan dalam kacang merah, melebihi kualitas antioksidan pada manfaat buah-buahan lain yang dibudidayakan seperti blueberry, cranberry dan ceri. Antioksidan berguna untuk menjaga fungsi sel-sel, yang berkaitan terhadap kerusakan akibat radikal bebas.


b. Sumber Protein Nabati
Kacang-kacangan terutama kacang merah mengandung protein lengkap, dengan semua jenis asam amino yang diperlukan untuk gizi yang baik. Ketika tubuh mendapatkan manfaat protein yang berasal kacang merah, juga menyokong kesehatan jantung dari serat larut serbaguna yang disediakan oleh kacang-kacangan ini. Secangkir kacang merah memberikan lebih dari 15 gram protein.

c. Sebagai Sumber Energi yang Diperlukan Tubuh
Kandungan zat besi pada kacang sangat tinggi dapat memenuhi kebutuhan enegi setiap harinya. Setiap 1 porsi cangkir kacang merah yang telah dimasak, mengandung lebih dari 5 mg zat besi. Setara dengan 30 persen kebutuhan harian nutrisi. Selain itu, zat besi adalah komponen integral dari hemoglobin, yang mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh sel tubuh. Maka dari itu, mengkonsumsi kacang merah  sangat diperlukan untuk membantu kelancaran peredaran oksigen dalam tubuh. 

d. Melancarkan Sistem Pencernaan
Kacang merah kaya akan kandungan seratnya. Kandungan serat (fiber) ini sangat membantu pencernaan yang terjadi pada usus besar. Serat membantu proses oprasi usus besar selalu berjalan dengan baik.  Kelancaran pencernaan ini sangat berdampak positif pada penurunan risiko gejala kanker usus besar.

e. Mengontrol Kadar Gula Darah
Serat di dalam kacang merah membantu menurunkan kadar kolesterol darah dengan membantu mendorong kolesterol, melalui jalur pencernaan sebelum tubuh menyerapnya. Kandungan serat yang tinggi dari kacang merah mengindikasikan, makanan menjadi sangat lambat dicerna dan memiliki indeks glisemik rendah. Sehingga, kacang merah bisa menjadi pilihan yang sehat untuk penderita diabetes atau bagi orang yang ingin mengontrol kadar gula darah.


f. Menjaga Memori Jangka Panjang
Vitamin B sebagai sumber zat yang mampu menjaga fungsi otak. Saraf-saraf otak dapat dioptimalkan oleh vitamin B pada kacang merah, terutama kandungan vitamn BI (Thiamin). Thiamin berkontribusi terhadap reaksi enzimatik, sebagai pusat produksi energi dan juga penting untuk fungsi sel otak / kognitif.
Karena Efeknya ini, kacang merah juga memiliki berbagai khasiat seperti:
- Memenuhi kebutuhan gizi sehat
- Mencegah kanker
- Mencegah pikun
- Membentuk otot tubuh


Aset berharga yang sederhana yang kerap dilupakan manusia adalah kesehatan. Pola hidup sehat ternyata sederhana. Dengan mengkonsumsi makanan yang rekomendit salah satunya yaitu kacang merah yang banyak mengandung banak khasiat. Makanan ini dapat menjadi alternatif pola hidup sehat bagi kita untik menjadikan aset terpenting manusia tetap terjaga yaitu kesehatan.


.R_A

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Hidup Sehat Konsumsi Kacang Merah"