Kandungan Gizi Ikan Tuna yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Bersatulah.com – Kandungan Gizi Ikan Tuna yang Bermanfaat bagi Kesehatan. Kandungan gizi ikan tuna yang bermanfaat bagi Kesehatan. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan tuna terbukti sangatlah tinggi. Tak heran jika salah satu jenis makanan seafood ini seringkali dicari dan dikonsumsi oleh banyak orang karena merupakan sumber makanan yang menyehatkan. Hal ini dikarenakan ikan tuna memiliki kandungan protein dan mineral yang sangat tinggi. Selain itu juga, ikan tuna kaya akan sumber potassium dan vitamin B kompleks yang sangat dibutuhkan tubuh dan  diperlukan untuk perkembangan otot seseorang.

Kandungan Gizi Ikan Tuna yang Bermanfaat bagi Kesehatan


Kandungan protein pada ikan tuna hampir setara dengan dua kali kadar protein pada telur yang selama ini kita kenal sebagai sumber protein utama. Ikan tuna merupakan jenis ikan yang memiliki kandungan protein yang tinggi dan kadar lemak rendah. Kadar protein ikan tuna antara 22.6 - 26.2 g/100 g daging. Kadar protein per 100 gram ikan tuna dan telur masing-masing 22 gdan 13 g. Rutin mengkonsumsi ikan tuna 30 gram /hari akan dapat mereduksi risiko kematian akibat penyakit jantung hingga mencapai 50  persen (%).

Bagian daging ikan tuna yang dapat dimakan berkisar antara 50-60 % (Stanby. 1963). Kadar protein daging putih ikan tuna lebih tinggi dari pada daging merahnya. Daging merah ikan tuna adalah lapisan daging ikan yang berpigmen kemerahan sepanjang tubuh ikan dan bawah kulit tubuh, memiliki kandungan mioglobin tinggi dan diimbangi dengan banyaknya jaringan pengikat dan pembuluh darah. Sedangkan bagian daging putihnya memiliki jenis protein yang berkualitas tinggi.

Berikut beberapa uraian kandungan Gizi ikan tuna yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya dapat :

1. Mengurangi Stres
Mengkonsumsi ikan tuna sangat berguna mengurangi stres seseorang. Sudah terbukti Ikan tuna kaya akan asam lemak omega 3. Asam lemak ini tergolong sangat penting dan bermanfaat bagi tubuh. Kandungan omega 3 pada ikan tuna berguna untuk mengurangi tingkat stress atau depresi. Selain itu, ikan tuna bermanfaat bagi wanita yang sedang menderita ketidakseimbangan hormon.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Karena didalam ikan tuna terdapat asam lemak omega 3 yang cukup tinggi, hal ini berguna untuk mencegah penyakit kardiovaskular. seperti menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh, ikan tuna juga melindungi jantung dari denyut jantung yang abnormal sehingga berakibat fatal bagi kesehatan jantung anda dalam jangka panjang, seperti terkena serangan jantung, stroke, dan lain sebagainya. Maka konsumsilah ikan tuna untuk menjaga kesehatan jantung tetap bekerja dengan baik.

3. Detoksifikasi Tubuh
Selain mengandung omega 3 yang cukup tinggi ikan tuna juga kaya akan mineral dan selenium yang membantu untuk mendetoksifikasi tubuh. Mengkonsumsi ikan tuna secara rutin dapat membantu dalam membersihkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Bahkan, mengkonsumsi ikan tuna juga dapat mengontrol dan menurunkan berat badan. Selain dapat mengembalikan tingkat energi atau stamina tubuh, ikan tuna juga berkhasiat untuk membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

4. Mencegah Penyakit Kanker
Menurut berbagai penelitian, mengkonsumsi ikan tuna secara rutin dapat membantu untuk mencegah kanker payudara pada wanita. Di samping itu, ikan tuna juga berkhasiat untuk mencegah penyakit lainnya seperti stroke karena kaya akan magnesium dan asam lemak yang dibutuhkan tubuh.

5. Mengatasi Mata Kering
Akhir-akhir ini, telah terjadi peningkatan kasus sindrom mata kering karena banyak orang yang menghabiskan waktu untuk bekerja di depan komputer dan laptop selama berjam-jam.kandungan omega 3 pada ikan tuna juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata, termasuk sindrom mata kering dan gangguan penglihatan karena faktor usia lanjut. Dengan mengkonsumsi ikan tuna secara teratur dalam jangka panjang, anda akan terhindar dari berbagai masalah penglihatan.

6. Sumber Protein Tinggi
Protein sangat diperlukan oleh tubuh untuk membangun otot yang kuat serta aliran darah yang lancar. Ikan tuna merupakan sumber protein yang sangat baik. Oleh sebab itu, dengan mencukupi kebutuhan protein tubuh dengan mengkonsumsi ikan tuna, maka kesehatan tubuh anda juga akan baik secara keseluruhan. 

7. Meningkatkan Fungsi Kerja Insulin
Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan tuna ternyata juga berguna untuk meningkatkan kinerja insulin dalam tubuh. Hal itu disebabkan oleh salah satu asam lemak omega 3 yang disebut EPA. Jika kerja insulin Anda normal, maka resiko terkena penyakit diabetes bisa ditekan sekecil mungkin. Bahkan, bagi Anda yang sudah terkena diabetes sekalipun, ikan tuna sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. 

Nah, itu tadi ulasan singkat tentang kandungan gizi ikan tuna yang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. (One)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kandungan Gizi Ikan Tuna yang Bermanfaat bagi Kesehatan"

Posting Komentar