Pantangan Makanan Bagi Penderita Kencing Manis

Bersatulah.com -  Setiap penyakit pasti mempunyai anjuran dan pantangan, agar penyakit yang diderita tidak memburuk namun sebaliknya kesembuhanlah yang selalu dinanti. Pantangan Kencing manis umumnya berupa anjuran untuk tidak mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Tentunya anjuran tersebut bertujuan untuk menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh agar tidak terus menerus mengalami lonjakan. Jika memang pantangan penyakit gula sangat erat hubungannya dengan jenis makanan tertentu, lalu jenis makanan apa saja yang termasuk kedalam daftar makanan pantangan Kencing manis?

Pantangan Makanan Bagi Penderita Kencing Manis

Berikut ini akan dijelaskan pantangan untuk penderita Kencing manis:

1. Mengkonsumsi Nasi 
Kenapa Nasi berada dalam posisi pertama pada daftar makana yang perlu dihindari oleh penderita Kencing Manis. Alasannya tentu saja karena nsai memiliki kandungan karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana inilah yang dapat menyebabkan lonjakan pada kadar gula darah. Karena karbohidrat sederhana tidak memerluka proses pencernaan yang lama untuk diserap tubuh. Dengan demikian, pelepasan gula kedalam aliran darahpun akan semakin cepat sehingga kadar gula darahpun akan meningkat drastis.

2. Mengkonsumsi Mie 

Selain nasi, mie juga sangat kaya akan karbohidrat sederhana. Dengan begitu, mengkonsumsi mie secara terus menerus dapat menyebabkan peningkatan gula darah yang cukup drastis. Karena itu guna menjaga kestabilan kadar gula darah, konsumsi mie perlu dikurangi atau dihindari oleh penderita Kencing manis.

3. Mengkonsumsi Roti

Roti juga termasuk kedalam daftar makanan yang menjadi pantangan bagi penderita penyakit Kencing manis. Seperti halnya nasi dan mie, roti pun berbahan dasar tepung yang sangat kaya karbohidrat sederhana yang lebih akan cenderung menyebabkan lonjakan kadar gula dalam tubuh dibanding makanan lain yang mengandung karbohidrat kompleks. Karena roti berbahan dasar tepung ini perlu dicarikan makanan alternatif lain untuk menjaga kadar gula tetap stabil.

4. Makan Makanan yang Mengandung Gula
 
Makanan yang mengandung gula sebenarnya tidak secara langsung termasuk kedalam makanan yang dilarang oleh penderita Kencing manis. Hal ini dikarnakan konsumsi makanan tersebut tetap dapat dilakukan, namun perlu dibatasi. Sementara itu karena tubuh penderita Kencing manis mengalami gangguan produksi insulin dan gangguan fungsi insulin yang menyebabkan tidak adanya lagi organ yang mengontrol kadar gula darah, maka mengkonsumsi makanan yang mengandung gula juga perlu dikurangi agar tidak menambah lonjakan kadar gula darah.

5. Makanan Instan
 Seperti yang telah anda ketahui sebelumnya, makanan instan tidak memiliki jumlah nutrisi yang diperlukan oleh tubuh sehingga konsumsi secara terus menerus tidak baik karena cenderung menyebabkan kekurangan nutrisi dalam tubuh. Terkait dengan kurangnya nutrisi yang dibutuhkan tubuh , maka perlu diingatkan bahwa untuk tetap menjalankan fungsi kerjanya dengan baik serta untuk memperbaiki sel dan jaringan yang rusak, tibuh memerlukan suplai nutrisi dalam jumlah yang cukup. Karena mengkonsumsi makanan instan sebaiknya dihindari untuk mengurangi resiko malnutrisi yang mengakibatkan tubuh kekurangan nutrisi.

6. Buah-buahan

Konsumsi buah pada penderita Kencing manis sebenarnya tidak dilarang. Namun karena terdapat beberapa buah yang mempunyai kadar gula yang tinggi, maka hal ini perlu diwaspadai. Buah yang menjadi pantagan bagi penderita Kencing manis adalah pisang, sirsak, nangka, mangga dan durian. Keempat buah tersebut jika dikonsumsi oleh penderita Kencing manis nantinya dapat menyebabkan kenaikan kadar gula darah.
Apa saja Buah yang baik dikonsumsi oleh penderita Kencing manis?

Buah yang masih diperbolehkan untuk penderita mengkonsumnya adalah Mengkudu. Terkait dengan khasiatnya menkudu dapat menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh, mengkudu sudah lama digunakan oleh masyarakat Tahiti untuk menurunkan kadar gula darah mereka.

Itulah makanan yang menjadi pantangan bagi penderita Kencing manis. Bagi anda yang menjadi penderita sebaiknya lebih mengontrol dan menjaga makanan yang anda akan kosumsi. Dan bagi yang belum yuk kita jaga kesehatan kita dengan pola hidup yang sehat dengan olahraga dan makan-makanan yang sehat pula.

Ucay



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pantangan Makanan Bagi Penderita Kencing Manis"

Posting Komentar